Mommy's World

My world about breastfeeding and parenting

Nice to meet you!

Owner @AuraBatik | Mompreneur - Vlogger - Blogger - Loves Cooking & WomenPreneurCommunity | Coffee Addict | caroline.adenan@gmail.com
Oline

What Read Next

7 Hal Yang Sering Dilupakan Dalam Memberikan ASI Eksklusif




Saat Narend memasuki usia 4 tahun, saya dan suami berdiskusi, "Mungkin ini saatnya kita merencanakan punya adiknya Narend, usia kita kan sudah gak muda lagi, kalau ditunda lagi nanti jaraknya kejauhan. Aku kangen hamil lagi, aku kangen masa-masa menyusui lagi." "Oke kalau gitu, kata suami saya." Dan satu pertanyaan pamungkas dari saya, "Siap gak kamu repot lagi? Repot ganti popok, begadang tengah malam, kurang tidur, hectic bagi waktunya, dsb." "Insyallah siap." Katanya begitu.


Oke baiklah. Dengan itu saya dan suami sepakat untuk merencanakan kehamilan ketiga lagi. Alhamdulillah Rissa hadir di bulan Maret 2019.

Selama hampir 8 bulan ini, ternyata tidak jauh berbeda saat saya menyusui kakaknya, Narend dulu. Hanya saja sekarang bedanya, fisik saya jadi gampang capek, rentan sakit, entah karena usia, atau memang karena faktor anak kedua. Apalagi saat ini Narend sepertinya butuh perhatian saya lebih, saya sedang persiapan untuk dia masuk SD juga, sedang masa-masa sibuk cari-caro sekolah, jadi saya jadi agak kewalahan membagi waktu secara adil dengan adiknya. Saya gak ada ART di rumah, suami kerja kantoran, saya full time mom and seorang full time blogger. 

Jujur aja, waktu itu saya sempat memberikan susu formula di saat Rissa usianya 2 bulan moms. Karena waktu itu saya harus keluar rumah, sedangkan saya gak punya stock ASIP di kulkas. Saya pikir saya bisa terbantu dengan susu formula tersebut, nyatanya tidak. Rissa malah memuntahkan semua susu formula yang saya buat. Mana mahal pula susunya. Sampai sekarang dia malah gak mau minum susu formula sama sekali. Saya sempat stress waktu itu. Padahal suksesnya pemberian ASI salah satunya adalah konsistensi dan gak boleh stress ya moms.

Tapi masa-masa itu sudah terlewati, dan alhamdulillah sekarang saya sudah dapat ritme (waktu) yang pas kapan saya harus istirahat, kapan harus makan, kapan harus me time, kapan berbagi waktu dengan kakaknya, dan kapan harus bahagia.

Mungkin di luar sana banyak sekali referensi atau tulisan, kisah sukses bagaimana memberikan ASI eksklusif. Tapi di tulisan kali ini saya ingin bercerita, hal-hal apa sih yang sering dilupakan dalam pemberian ASI eksklusif?

1. Harus Cukup Istirahat

Ini wajib hukumnya ya moms. Saat anak kita tidur (siang khususnya), usahakan kita juga menyempatkan untuk tidur. Karena kalau kita kelelahan, jatuh sakit, kita juga yang repot mengurus rumah tangga. Jadi kita harus pintar-pintar memaintain stamina kita.

2. Ketahui Prinsip Dasar Menyusui Yang Benar

Moms harus tahu prinsip dasar menyusui. Prinsip dasarnya adalah pertama, semakin sering menyusui, semakin cepat produksi ASInya juga. Kedua, pelajari cara pelekatan (latch on) dengan payudara dengan benar, dan sebagainya.

3. Punya Motivasi Yang Kuat

Kalau setelah melahirkan moms memiliki keinginan ingin sukses menyusui selama 2 tahun, dari awal moms harus tanamkan ke diri sendiri bahwa aku bisa sukses menyusui, apapun situasi dan kondisinya. Kita harus mempunyai motivasi yang sangat kuat, dari dalam diri kita.

Kalau saya biasanya perbanyak cari referensi buku tentang menyusui, gabung di berbagai komunitas untuk bisa saling support satu sama lain, dan rajin mengikuti seminar tentang ASI dan menyusui. 

4. Me Time

Me time nya bisa apa saja, misalnya baca buku, massage, reflexy, memasak, menonton TV kabel dan sebagainya. Me time ini mencakup doing some hobbies ya. Kalau saya sih biasanya me time saya habiskan dengan body massage. Setelah massage, badan jadi lebih refreshing dan bisa beraktivitas kembali. Seperti kita recharge mood lagi. 

Berikan reward ke diri sendiri, dengan demikian ada perasaan bangga bahwa diri kita bisa!

5. Support dari suami

Percaya tidak percaya, support dari suami adalah peran penting dalam keberhasilan menyusui. Apa saja peran dari suami? Mulai dari hal-hal kecil, misalnya, kita bisa minta tolong ambilkan minum saat kita menyusui, kita minta tolong pijat oksitosin untuk melancarkan produksi ASI kita, minta tolong ambilkan makanan

6. Perawatan Payudara

Seringkali ibu menyusui lupa akan hal yang satu ini, padahal keberhasilan menyusui itu. harus memperhatikan tempat produksinya. 

7. Ikut acara seminar parenting

Seperti acara yang saya ikuti baru-baru ini yang diselenggarakan oleh Prenagen bertempat di Eight Nine, Kemang pada tanggal 16 November 2019 lalu. Tema acara ini adalah tentang ASI dua sisi. Kenapa dinamakan ASI dua sisi? Karena acara ini lebih kepada sharing session tentang perjuangan sang ibu dalam memproduksi ASI serta peranan sang ayah di dalamnya. Selain itu juga ada praktek pijat payudara dan pijat oksitosin. 



Kebetulan banget yang saya sebutkan ke-7 hal diatas ternyata dibahas semua di acara parenting ini 😊 dan kebetulan juga saya datang ke acara ini juga tidak sendiri, tapi ditemani oleh sang suami tercinta 😍



Siapa sih nara sumbernya?
Nara sumbernya adalah seorang selebgram, yaitu mommy dari 2 orang anak, yaitu Febie Arimbhie (IG : https://www.instagram.com/febyeles/)



Mom Febie saat ini memiliki anak berusia toddler. Di acara ini mom Febie bercerita bagaimana perjuangannya melewati masa-masa bahagia dan sulitnya saat menyusui bersama suaminya. Lho kok bersama suaminya? Iya, tanpa peranan sang suami, proses menyusui tidak akan bisa sukses. 

Apa aja kendala yang dialami oleh Mom Febie?
Ia bercerita kalau saat menyusui ia pernah mengalami uang namanya puting lecet, anak rewel gak mau menyusui, pinggang sakit, ASI gak keluar dan sebagainya. Tapi berkat kegigihan dan tekadnya ingin menyusui, ia tetap berusaha. 

Dalam hatiku mendengar sharingnya, wah ini sama aja ya sepertiku, bahkan seorang selebgram seperti mom Febie aja, bisa mengalami masa-masa sulit seperti itu.

Hal-hal apa yang mempengaruhi produksi ASI versi mom Febie?

Pertama adalah nutrisi yang kita makan. Ada yang bilang makan daun katuk, daun bayam, wortel, dsb, tapi tidak diimbangi dengan makan makanan bergizi lainnya, menurutnya itu sama aja tidak bisa. Yang namanya ibu menyusui itu harus banyak makan makanan yang bergizi. Jangan pernah berpikir untuk diet. Karena bayi itu perlu nutrisi yang banyak. Makan saja apa yang disuka. Yang penting asupannya tercukupi.

Kedua, hati dan pikiran. Selama kita terus berpikiran positif, produksi ASI kita pasti lancar. ASI kita gak keluar, terus aja kita berusaha. Kalau ada kendala, kita bisa meminta bantuan kepada klinik laktasi. 

Ketiga, support dari suami. Percaya gak percaya, bagi mom Febie, ini sangat berpengaruh pada produksi ASI nya. Apalagi suaminya adalah Ayah ASI. Suaminya rela berganti peran untuk mengurusi kedua buah hatinya, baik dari memandikan menggantikan popok, pijat okstosin, memberikan susu, dan sebagainya.

Keempat, rajin mengkonsumsi susu Prenagen, khusus ibu menyusui. Karena selain rasanya yang ia suka, semua kandungan nutrisi yang ibu menyusui butuhkan, lengkap ada di Prenagen, katanya. Jadi ia sudah gak perlu khawatir lagi akan nutrisi untuk buah hatinya. 

Bagaimana Mom Febie membagi waktunya di rumah?


Mom Febie walaupun ia profesinya adalah selebgram, tapi ia di rumah tidak memakai jasa baby sitter sama sekali, tidak ada jasa ART juga, semua dikerjakan sendiri. Saya pikir awalnya ia memakai jasa ART lho 😉 mengingat seorang content creator sangatlah tidak mudah untuk membagi waktunya, pastinya sangat sibuk (based on pengalaman pribadi ya). 

Kuncinya satu, berbagi peranlah dengan suami. Saat pagi hari, sebelum suaminya berangkat ke kantor, ia mengurus anaknya seperti memandikan, menyuapi makan anaknya, sampai menjemur anaknya di pagi hari. Mom Febie bagian dapur seperti memasak dan mencuci. Setelah suaminya berangkat, barulah perannya kembali lagi sebagai seorang istri. 

Wah, mendengar sharingnya, wah ini sama aja ya sepertiku, bahkan seorang selebgram seperti mom Febie aja, bisa mengalami masa-masa sulit seperti itu, dalam hatiku. Dan ternyata aktivitasnya tidak beda jauh dengan saya ya, sayapun selalu berbagi peran dan bekerjasama dengan suami. Makanya peran dan arti hadirnya suami bagi saya juga benar-benar saya butuhkan sekali. 

Setelah mendengar sharing dari mom Febie, kita mendengarkan sekilas tentang produk Prenagen, oleh Senior Brand Manager mba Ilona. 




Prenagen memiliki berbagai produk lengkap mulai dari persiapan kehamilan sampai masa menyusui. 

Prenagen Esensis, adalah Prenagen susu tahap pertama, susu yang dirancang khusus untuk mempersiapkan pembuahan dengan 3 nutrisi penting yakni Asam Folat, Zat Besi dan Zink. Tak hanya untuk calon ibu, calon ayah pun dianjurkan untuk meminumnya karena kandungannya baik untuk vitalitas sistem reproduksi keduanya.

Prenagen Mommy Emesis, adalah susu Prenagen diperuntukkan untuk ibu hamil. Prenagen Emesis telah teruji klinis 90% efektif mengurangi mual dan muntah, karena mengandung protein, vitamin B6, dan asam folat. Jika sudah tidak muntah, bisa dilanjutkan ke susu Prenagen Mommy. 


Prenagen Mommy, adalah susu Prenagen untuk ibu menyusui, tinggi nutrisi dan asam folat. Tersedia dalam rasa Vanila, Velvety Chocolate, Strawberry, Mocha dan Kacang Hijau.
Prenagen Lactamom, adalah susu Prenagen diperuntukkan bagi ibu yang menyusui. Susu ini mengandung vitamin B12, dan B2 yang sangat tinggi. Untuk membantu meningkatkan kuantitas serta kualitas ASI ibu.

Gak hanya susu aja, Prenagen juga punya minuman yang bisa dinikmati dikala dingin, namanya Prenagen Juice Fruit and Veggie. Minuman ini tinggi asam folat, vitamin C dan ekstrak daun katuk, serta memiliki rasa yang manis dan segar. 





Selanjutnya mendengarkan tentang Kalbe Family oleh mba Marissa. Apa sih itu kalbe Family?



Kalbe Family adalah sebuah program reward yang diberikan kepada pelanggan setia Kalbe, untuk mendapatkan poin rewards. Yang nantinya poin rewards itu bisa dibelanjakan kembali. 

Bagaimana menjadi member Kalbe Family?


Ada 4 cara yang bisa moms pilih, yaitu :

1. Moms bisa mengunjungi website www.kalbefamily.co.id, lalu isikan data moms secara lengkap disana. 
2. Download aplikasi Kalbe Family Rewards, lalu isikan data-data moms disana secara lengkap. 
3. Membeli produk nutrisi Kalbe di Kalbe Store, Kalbe Home Delivery  atau di outlet Kalcare. 
4. Membeli produk nutrisi Kalbe senilai Rp. 200.000 di outlet yang menerbitkan struk. Lalu struknya tersebut jangan dibuang ya moms, nanti struknya bisa difoto lalu dikirimkan melalui WA ke nomor 081312222452. Struk dinyatakan valid jika pada saat dikirim tidak lebih dari 30 hari kalender sejak tanggal yang tercantum di struk.

Launching Prenagen Almond Soya

Di acara ini semua peserta mendapat special gift seperti ini lho.



Dan di acara ini juga Prenagen meluncurkan produk terbaru mereka minuman UHT ready to go, Prenagen Almond Soya. 




Saya sudah merasakan juga Almond Soya-nya, rasanya itu soya yang dicampur dengan susu, nah rasanya seperti itu 😊 enak sih, terutama yang terkadang gak terlalu suka sama susu seperti saya, susu almond ini jadi alternatif, sayapun cocom dengan rasanya.


Materi selanjutnya adalah ada tentang Pemeliharaan Payudara oleh Bidan Israna Atikah. 



Untuk poin ini sepertinya banyak dilupakan oleh para ibu menyusui, padahal kalau mau ASI-nya lancar, ya kita juga harus memaintain tempat produksinya juga, yaitu payudara kita. 

Tujuan Breastcare itu sendiri adalah menjaga kebersihan payudara, melenturkan dan menguatkan puting susu, mengeluarkan puting susu yang tenggelam, serta memperbanyak produksi ASI. 

Apa aja sih rangkaian breastcarenya?


1. Pijat Payudara
2. Pijat Oksitosin
3. Cold and Heat Theraphy

Pijat Payudara

Oke, sekarang saya mau kasih tau nih step by step tentang pijat payudaranya ya. 

Alat-alat yang dibutuhkan : handuk, washlap 4 buah, kapas, hand sanitizer, baby oil, air panas, dan air dingin. 

Pertama-tama kita bersihkan dulu ya area payudaranya. 

1. Bersihkan tangan dengan menggunakan hand sanitizer terlebih dahulu
2. Siapkan kapas, basahi dengan baby oil
3. Lalu tempelkan kapas di puting susu tahan selama 3 menit
4. Lepaskan kapas sambil ditekan lembut dan diputar untuk membersihkan area puting susu dan areola. 



Langkah-langkah pijat payudara :

1. Pijat kedua payudara dengan gerakan memutar ke tengah. Lakukan selama 2-3 menit. 
2. Lalu untuk payudara sebelah kiri, topang payudara bagian bawah dengan menggunakan tangan kiri, kemudian massage dari atas ke bawah dengan menggunakan punggung tangan kanan bawah. Lakukan berulang selama 2-3 menit. Lakukan hal yang sama untuk payudara sebelah kanan.
3. Lalu untuk payudara kiri, topang dengan tangan kiri, kepalkan tangan kanan, kemudian pijat payudara kiri dengan menggunakan punggung tangan sambil dikepal dari atas ke bawah. Lakukan berulang dari berbagai sisi selama 2-3 menit. Lalu lakukan juga untuk payudara sebelah kanan. 



Cold and Heat Theraphy


Untuk tehnik ini gunanya untuk melancarkan aliran ASI kita. 

Caranya :

Kompres hangat dan dingin masing-masing selama 2-3 menit secara bergantian. 

Pijat Oksitosin


Pijat oksitosin ini sebaiknya dilakukan oleh pasangan kita, yaitu suami. Oleh sebab itu di acara ini para peserta wajib membawa para suaminya, supaya saat dilakukan demo pijat oksitosin, para suami bisa melakukannya di rumah bersama istrinya 😉



Ohya moms, selain ikut acara seminar dan workshop parenting seperti ini, moms juga bisa mengunjungi website kesehatan yang memiliki referensi lengkap tentang kesehatan, khususnya knowlegde tentang ASI ini di Hellosehat

Overall setelah ikut acara ini, mood saya recharge lagi, seneng banget bisa dapat ilmu lagi tentang ASI lagi. Walaupun ini anak kedua, tapi saya tetap concern tentang pemberian ASI untuk Rissa, karena target saya, saya bisa menyusui hingga 2 tahun, insyallah 😊


Tibalah di akhir tulisan saya ini. Semoga apa yang saya share di artikel saya ini bisa bermanfaat ya moms. Sampai bertemu di artikel saya selanjutnya ya. 

Comments

  1. wahh Prenagen semakin melengkapi kebutuhan busui ya...kerennn...Ada asupan nutrisi tambahan yang praktis.. proses mengASIhi jadi semakin lancar nih

    dianesuryaman dot com

    ReplyDelete
  2. Support suami penting banget kalau nyusui ini. Wah nutrisi tambahannya bikin mpeng itu soya almond, aku nyicipin boleh kan ya hehehe

    ReplyDelete
  3. Prenagen rasa Soya Almond? Widiiiww, ini para bumils dan busui niscaya bakal hepiii, karena rasanya dijamin endolita tiada taraaaa. Walopun lagi engga hamidun, kayaknya aku juga mupeng deh Mak, coba rasa baru Prenagen

    ReplyDelete
  4. prenagen andalan aku banget pas hamil n menyusui 3 boyz. skr udah macem2 ya varian produknya. dulu aku cuma susu doang dan yg kemasan siap minum baru launching.
    boleh nih pankapan beliin prenagen buat mantu... ahayyy kejauhan mikirnya :D

    ReplyDelete
  5. Aku dulu waktu hamil dan menyusui juga minum prenagen, yang rasa cokelat. Sekarang makin banyak ya produk prenagen untuk bumil & busui. Ada prenagen juice juga ya. Komplit!

    ReplyDelete
  6. Huhu menyusui memang penuh pengorbanan. Sedang menyusui nih aku mbaa. Iya setuju, peran suami penting banget, aku slalu nitip camilan atau pak suami suka beliin makanan sepulang kerja utk ngemil saat jam malam.. pilihannya makin banyak, busui dan bumil jadi happy

    ReplyDelete
  7. Wah acaranya sangat bergizi!
    Bahkan peran suami juga ada ya.
    Ayo sekali-kali road show ke Balikpapan lah, Prenagen :)

    ReplyDelete
  8. 4 hal yang mempengaruhi ASI itu memang kena banget, deh. Saya juga selalu bersyukur dikelilingi banyak yang support. Jadi gak ada baper ketika sedang menyusui

    ReplyDelete
  9. Ng-ASI emang perlu tahu ilmunya ya Oline. Banyak bgt yg harus kita tahu. Bagian paling menyenangkan bagiku saat masih menyusui adalah: dimanjain banget. Sampai makan aja disuapin terkadang. Haha...support orang terdekat emang juga penting

    ReplyDelete
  10. bagi saya support system yg utama. sebab saya yg tinggal cuma sama suami di perantauan ini butuh itu kala urus anak sendiri. suami yg mau bantuin kerjaan rumah tangga saat saya ngumpulin ASIp, itu bikin hepi maksimal lalu ASI lancar

    ReplyDelete
  11. Me time untuk diri sendiri itu yang sering terlewatkan. Padahal itu penting ya.. Untuk menjaga kewarasan. Yang jelas support dari suami penting untuk suksesnya pemberian ASI eksklusif. Mksh sharingnya mb...

    ReplyDelete
  12. Bener banget nih dukungan suami emang penting. Kadang banyak orang yang menyepelekan hal ini. Padahal perhatian suami bisa bikin mood istri membaik meskipun dia sedang lelah luar biasa.

    ReplyDelete
  13. Jadi pengen nambah baby lagi dehh, hihihi, ikutan acara begini tuh bikin busui semangat dan dapat ilmu dan inspirasi baru lagi yaa

    ReplyDelete
  14. Mbak Oline cantiik sekali.
    Selamat mengASIhi ya Mbak, semoga sukses dan lancar jaya sampai nanti.
    Support sistem terutama dari suami mwmang sangat memengaruhi proses menyusui ya..dan hepi tahu Prenagen punya kemasan travel friendly seperti ini. Pasti membantu sekali para busui

    ReplyDelete
  15. Catet banget ini. Aku berharap nanti bisa juga ngasih ASInya lancar. Support dari suami juga keluarga itu penting banget di awal pasca melahirkan. Kan ada tuh ASInya gak keluar dan lainnya

    ReplyDelete
  16. Wah.. Rame sekali ada acara dr prenagen mommy. Mau dong banjarmasin disinggahin juga. Hehe. Btw, aku merasa tertolong banget loh sama susu ibu menyusui begini. Teringat waktu di RS dibeliin suami ini dan rasanya bisa support banget buat moment mengASIhi.

    ReplyDelete
  17. Prenagen ini jadi asupan saat hamil anak kedua, sekarang ada rasa Soya Almond ya. Seneng dong ya busui sekarang ada tambahan rasa baru dari Prenagen.

    ReplyDelete
  18. Suka dengan Kasan yang Prenagen OTG rasa soya. Btw sewaktu menyusui itu yang cobaan banget adalah masalah puting yang nyeri. Baru ngeh ternyata bisa dikompres air hangat ya.

    ReplyDelete
  19. Peran suami memang paling penting dan dibutuhkan oleh ibu yang menyusui. Dengan bantuan suami, ibu tidak akan terlalu lelah dan bisa terhindar dari stres. Kegiatan menyusui pun akan semakin lancar

    ReplyDelete
  20. Nah itu yang pas anak pertama aku gak paham. Dulu malah pilih beli2 yang lain ketimbang perangkat memerah, eh ternyata anakku BBLR susah nyusu sementara PD flat hehe. Makanya skrng aku suka sranin kalau mau asix mau di rumah aja atau kerja kudu punya perlataan buat asip :D
    Aku dulu pas menyusui minumnya juga prenagen mbak, tapi susunya sih :D

    ReplyDelete
  21. Dulu klo pijat payudara masih busui sering mba,, tapi baru Tau nih klo dari punggung Namanya pijat toksin .. klo menyusui kitanya enjoy gk stress pasti ASInya akan kluar banyak dan babyny Juga gk bakalan rewel

    ReplyDelete
  22. Masyaa Allah luar biasa pengalamannya mbak. Berguna banget ini buat aku. Penting ya harus paham ritme dalam masa menyusui ini.

    Prenagen ini produknya lengkap banget ya. Dari sebelum hamil, hamil sampai menyusui.

    ReplyDelete
  23. nomor satu tuh beneer banget yaa mba.. aku suka lupa istirahat yang cukup duluuu waktu masih breastfeeding..

    ReplyDelete
  24. Hal-hal yang ngga kepirikan sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya min sudah berbagi tips dan pengalaman:)

    ReplyDelete

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *