Mommy's World

My world about breastfeeding and parenting

Nice to meet you!

Owner @AuraBatik | Mompreneur - Vlogger - Blogger - Loves Cooking & WomenPreneurCommunity | Coffee Addict | caroline.adenan@gmail.com
Oline

What Read Next

ASI Yang Bernutrisi Untuk Buah Hati Tercinta

ASI Yang Berkualitas adalah ASI yang bernutrisi

Hi Moms! Apa kabar moms semuanya? Semoga moms selalu diberikan kesehatan supaya bisa mengurus suami dan anak-anak tercinta ya moms.

Saat ini alhamdulillah saya sudah memiliki 2 buah hati, Narendra sekarang sudah berusia 6,5 tahun, dan Rissa saat ini sudah berusia 1,5 tahun. Kalau ditanya, apakah dua-duanya ASI Eksklusif? Alhamdulillah keduanya ASI, Narend berhasil ASI sampai 1,5 tahun dan Rissa saat ini masih on process menyusui. Banyak banget saya mendengar kendala dari ibu menyusui, yang ASI-nya tidak keluar, atau ASI-nya sedikit sekali sampai membuat si ibu stres. Tapi alhamdulillah saya bisa menyusui kedua buah hati saya dengan lancar. Tapi walaupun begitu, masing-masing anak memiliki cerita yang berbeda pastinya ya moms. So, Di postingan saya kali ini akan banyak bercerita seputar pengalaman dan keberhasilan saya menyusui. Karena ASI Bernutrisi Untuk Ibu dan Bayi Yang Istimewa.

Pengalaman Hamil dan Melahirkan Narendra Yang Menyenangkan 

Masa hamil dan menyusui, adalah 2 hal yang menyenangkan untuk saya. Masa hamil bisa saya lalui dengan lancar. Kalau kebanyakan ibu muntah di awal ataupun di sepanjang kehamilan, tapi saya hanya merasakan mual saja. Itupun hanya di awal semester saja. Selanjutnya, di trimester kedua sampai persalinan alhamdulillah lancar-lancar saja.

Begitu juga dengan melahirkan. Alhamdulillah waktu Narend saya bisa diberikan kelancaran dalam proses melahirkan, saya melahirkan normal dengan dibantu induksi 8 jam 😊 Karena ini kehamilan kedua saya ini merupakan special bagi saya dan suami, selama kehamilan saya ingin merekam semua perjalanan kehamilan saya dalam bentuk digital, oleh karena itu lahirlah blog dengan nama https://Olinepregnancy.wordpress.com. Hampir setiap hari saya update cerita kehamilan saya. Selain aktif menulis, saya juga sempat ikut beberapa lomba blog. Dan alhamdulillahnya saya sempat memenangkan salah satu lomba blog yang berhadiahkan biaya persalinan. Alhamdulillah saat itu saya melahirkan secara gratis di ruang VIP. Suatu pengalaman yang benar-benar membawa berkah buat saya. Oleh karena itu saya diberi nama Narendra Havian yang berasal dari kata Narendra Hanan Havian, yang artinya semoga menjadi pemimpin yang soleh dan selalu membawa keberuntungan 😊 


Selain itu juga waktu proses IMD (Inisiasi Menyusui Dini) Narend alhamdulillah bisa berlangsung selama kurang lebih 60 menit tanpa jeda 😀 dia berhasil mencari puting sendiri. Pokoknya selama kehamilan dan persalinan Narend, benar-benar momen yang menyenangkan 😉




Perjalanan Menyusui Narendra

Cerita waktu pengalaman menyusui Narendra anak saya yang pertama, alhamdulillah ia bisa lulus ASI hingga 1,5 tahun. Selama proses menyusui alhamdulillah sih tidak ada kendala sama sekali, padahal waktu itu kesibukan saya luar biasa padatnya seperti mengurus toko online saya, menulis dan juga menjadi ibu rumah tangga.

Bagaimana saya memaintain stamina dan produksi ASI saya?

Saya rajin mengikuti seminar-seminar parenting, konsumsi daun katuk dan kacang hijau hampir setiap hari, perbanyak konsumsi kacang-kacangan dan sayuran hijau, minum air putih sebanyak 10 gelas per hari, pijat payudara dan juga relaktasi. Walaupun saya tidak mengkonsumsi suplemen, alhamdulillah produksi ASI saya cukup untuk kebutuhan Narend. Bisa saya akui Narend cukup kuat untuk menyusuinya.


Pengalaman Hamil dan Melahirkan Carissa 

Beda anak, beda cerita. Waktu hamil Rissa lebih menyenangkan lagi. Kalau waktu hamil Narend saya sempat merasakan selama 1 trimester (4 bulan), tapi saat hamil Rissa, saya hanya merasakan mual selama 2 bulan saja, lebih singkat mom! 😉 

Nah, berbeda nih pengalaman melahirkan Rissa. Alhamdulillah saya juga bisa melahirkan secara normal juga. Waktu melahirkan Rissa, saya hanya butuh waktu 2,5 jam saja mom 😁 tanpa induksi, tanpa rasa sakit. Bener-bener anugerah rasanya 😁




Perjalanan Menyusui Rissa

Nah, berbeda nih proses menyusui Rissa, walaupun anak kedua, bukan berarti proses menyusui sudah pasti lancar, gak jaminan ya mom! Adakalanya kita sudah tahu caranya bagaimana, tapi anak kita kan belum tahu. Makanya waktu Rissa usia 2 minggu, puting saya sempat mengalami lecet, kulitnya terkelupas sampai berdarah karena Rissa belum mahir latch on (perlekatannya) 😭 saya menyusui dengan penuh tangisan air mata rasanya, perih luar biasa. Setiap menyusui kepala saya pening sekali, karena saya harus merasakan sakit LDR, ditambah lagi perih karena lukanya itu 😭 Tapi karena memang tekad saya kuat harus bisa lulus ASI hingga 2 tahun, tantangan apapun harus bisa saya hadapi.

Kalau ditanya produksi ASI saya lebih banyak mana anak pertama dengan anak kedua? Saya akan menjawab lebih banyak anak pertama. Entah kenapa, padahal semua tehnik dan tahapan sudah saya lakukan, mulai dari pijat payudara, makan makanan yang bernutrisi, minum air putih yang cukup, serta saya tambah dengan olahraga. 

Alhamdulillah banget baik dari proses menyusui Narend dan Rissa, kedua-duanya saya memiliki support system yang baik. Suami saya juga selalu mendukung apa yang menjadi kebutuhan saya. Misalnya, saat saya merasa pegal-pegal seluruh badan saya, saya ditawarkan untuk dipijat, saat saya tidak bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga, suami saya mau membantu meringankan pekerjaan saya. 

Suami saya membantu menggendong Rissa

Saat saya lelah, suami siap untuk menggendong Rissa


Jujur aja nih mom, karena produksi ASI saya tidak sebanyak waktu saya menyusui kakaknya, Narend, saya stres sempat kepikiran untuk memberikan susu formula (sufor) untuk Rissa, yang dimana saat itu Rissa masih berusia 2 bulan. Karena saya harus bekerja kembali, beraktivitas diluar rumah. Sedangkan stock ASI saya kurang banget di kulkas 😞 Saya sempat konsultasi dengan dokternya anak-anak, apakah boleh saya memberikan sufor di usianya masih 2 bulan? Lalu saya dinasehati, sebaiknya hanya ASI saja. 

Kemudian setelah pulang ke rumah, saya merenung, kenapa saya seperti ini ya? Kenapa saya jadi ingin memberikan sufor, padahal tekad awal saya ingin menyusui hingga 2 tahun? Karena saat bayi sudah terkena sufor, dan dia sudah merasa nyaman dengan rasa sufor tersebut, akibatnya nantinya si bayi tidak akan mau lagi menyusui lagi. Dan akan mengakibatkan produksi ASI kita akan menurun perlahan-lahan. Karena prinsip ASI kan supply and demand.




Akhirnya saya ingat-ingat lagi, waktu saya hamil Rissa 3 bulan, saya pernah diundang ke acara blogger gathering bersama Blackmores, nah disitulah saya diperkenalkan dengan 1 produk namanya Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG). Suplemen ini adalah untuk ibu hamil dan menyusui supaya mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatan ibu dan bayi.


Kandungan Blackmores

Blackmores PBFG mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan ibu agar dapat secara optimal memberikan ASI bernutrisi, khususnya di masa 1000 Hari Pertama Kehidupan si buah hati. Antara lain

  • Tinggi asam folat untuk membantu ibu dari resiko anemia
  • Tinggi kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati serta mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu. 
  • Zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan bantu ibu jaga energi supaya gak mudah sakit
  • Omega 3/DHA tidak berbau yang baik untuk pertumbuhan otak dan mata buah hati, sehingga tidak menyebabkan mual saat konsumsi. 
  • Vitamin dan mineral lainnya yang dibutuhkan oleh ibu menyusui.



Ibu menyusui rentan bisa terkena osteoporosis? Betul sekali. Osteoporosis bukan hanya diderita oleh orang usia lanjut, tapi juga pada ibu menyusui, karena hampir 100% apa yang kita konsumsi diserap seutuhnya oleh si bayi, termasuk vitamin D. Kalau vitamin D kita tidak tercukupi, rentan sekali kita menderita osteoporosis mom.

Saya percaya bahwa air susu ibu (ASI) merupakan satu-satunya nutrisi ideal untuk bayi di periode 6 bulan pertama kehidupannya, lalu diikuti dengan pemberian MPASI diatas 6 bulan hinggga 2 tahun. Untuk itu saya selalu mengupayakan bisa memberikan full ASI kepada kedua buah hati saya.



Kenapa harus ASI? Karena ASI memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi sesuai dengan usianya, dan apa yang menjadi asupan si Ibu akan menentukan kualitas ASI yang dihasilkan. So, penting sekali bagi seorang ibu untuk memperhatikan asupan makanannya supaya memberikan ASI yang bernutrisi. 

Apa sih salah satu kriteria ASI itu berkualitas? Yaitu memiliki warna kekuningan atau putih pucat, dan memiliki kandungan lemak yang cukup. Selain itu juga mengkonsumsi makanan sehat, minum air putih yang cukup, minimal 2 L per hari, serta ibu menyusui juga perlu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan dengan mengkonsumsi suplemen bernutrisi lengkap untuk dapat menghasilkan ASI yang bernutrisi.

Blackmores dan Kalbe Farma bekerjasama untuk mengembangkan suplemen kesehatan melalui PT Kalbe Blackmores Nutrition salah satunya adalah Blackmores Pregnancy Breast-Feeding Gold ini.

Dalam memperingati World Breastfeeding Week 2020 yang jatuh pada bulan Agustus, Kalbe Blackmores Nutrition melakukan serangkaian edukasi dan juga sharing pengalaman di social media @blackmoresid seputar ASI dan menyusui, guna untuk meningkatkan awareness Ibu agar dapat selalu memberikan ASI bernutrisi untuk si buah hati, karena blackmores percaya, setiap tetes ASI berkualitas sangat berarti bagi buah hati dan merupakan wujud kasih sayang ibu untuk anaknya.

Pembagian 12.000 Botol Blackmores Gratis!

Sejalan dengan visi misinya Blackmores untuk pemenuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui, dan Blackmores sangat memahami bahwa semua Ibu di Indonesia berhak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatan dan buah hatinya, Kalbe Blackmores Nutrition dengan Bumi Sehat Foundation yang telah bekerjasama sejak tahun 2017 membagikan sebanyak 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding gold setiap tahunnya ke klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh dan Papua. 

Testimoni

Saya pribadi mengkonsumsi Blackmores PFBG ini sejak melahirkan Rissa yaitu Maret 2019. Alhamdulillah banget produksi ASI saya lancar jaya. Bahkan saya masih bisa pumping di jalan sekaligus saya masih bisa menyusui. 

Produksi ASI saya jadi cukup deras saat itu
Produksi ASI saya jadi lumayan deras saat itu


Dan sampai sekarang juga saya masih konsumsi.



Ohya, saya juga pernah membagikan pengalaman saya seputar mengkonsumsi Blackmores PFBG di video ini. Dan alhamdulillah respons dari para ibu-ibu lainnya yang mengalami masalah serupa seputar menyusui sedikit banyak tercerahkan.



Tips Supaya Lancar Menyusui

Nah, setelah memiliki 2 anak, dan setelah merasakan perbedaan dari kedua anak selama proses menyusui, saya ingin memberikan tips nih untuk moms semua, tips apa supaya lancar menyusui.

  1. Selalu mengkonsumsi makan makanan yang bergizi, no junk food, no soda, perbanyak sayuran hijau, kacang-kacangan. Ya sesekali tidak apa-apa sih, asalkan jangan setiap hari kita mengkonsumsinya.
  2. Cukupi kebutuhan air mineral minimal 10 gelas per hari. Ini pengaruh banget moms kalau kita sebagai busui kurang minum, asupan ASI juga menjadi terhambat. 
  3. Kurangi makanan yang pedas. Bukannya ASI kita menjadi pedas, tapi produksi ASI kita jadi sedikit berkurang, karena saya merasakan sendiri perbedaannya.
  4. Perhatikan pola tidur, jangan sampai kurang dari minimal 6-8 jam per hari. Kalau saya, minimal 10 jam per hari. 6 jam saat malam hari, dan 2 jam saat tidur siang. Karena menjadi busui itu butuh stamina yang oke. Kalau kurang tidur, stamina kita drop, alhasil mempengaruhi ASI kita juga.
  5. Perkuat Support System. Yang terdekat adalah suami dan orangtua. Karena jika lingkungan mendukung untuk kita menyusui, insyallah proses menyusui juga lancar. Jangan pernah mendengar kata-kata negatif dari oranglain. Karena prinsip menyusui itu adalah supply and demand. Jika ada permintaan, payudara kita dengan sendirinya memproduksi.
  6. Bertekad penuh untuk selalu ingin menyusui hingga 2 tahun, apapun kondisinya. 
  7. Rutin melakukan pijat payudara supaya memperlancar proses menyusui. 
  8. Penuhi asupan nutrisi kita, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi Blackmores PFBG. Karena setiap tetes ASI itu penting dan merupakan wujud kasih sayang Ibu untuk buah hati.

Saya merekomendasikan Blackmores Pregnancy and Creast-Feeding Gold untuk moms yang sedang masa hamil maupun menyusui guna untuk ASI yang bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang istimewa.




Kalau moms ingin mendapatkannya, moms bisa mendapatkannya di e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, Lazada, dan Shopee yang bertuliskan Official Store ya moms.

Untuk informasi lanjut, moms bisa mengunjungi social media Blackmores Indonesia ya.

Website : Blackmores
IG : @blackmoresID

Oke, segitu dulu sharing saya selama hamil hingga menyusui kedua buah hati saya. Semoga perjalanan dan tips yang saya sharing ini bisa bermanfaat untuk moms semua ya. 


Comments

  1. Alhamdulillah, ya Mbak, Narend dan Risa sehat, juga Mommy-nya.
    Sukses anak-anak dengan ASI sehingga tumbuh kembangnya bisa optimal. Tentu berkat terpenuhinya nutrisi juga tambahan suplemen yang bagus untuk melengkapi. Seperti Blackmores Pregnancy and Creast-Feeding Gold untuk Ibu yang sedang masa hamil maupun menyusui guna mendapatkan ASI yang bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang istimewa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, terima kasih ya mba. Sehat selalu untuk mba Dian dan keluarga.

      Delete
  2. bahagia luarbiasa ya rasanya kalo anak tumbuh kembangnya sempurna sesuai usia, karena setiap anak dan ibu adalah istimewa makanya nutrisi yang diberikan pun istimewa yaitu Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa betul sekali Aie.
      Makasih sudah mampir ya Aie.

      Delete
  3. Alhamdulillah ya Mbak semua dimudahkan. Dari hamil, melahirkan, menyusui. Apalagi dibantu blackmores jadi lebih happy lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, alhamdulillah banget semua prosesku dimudahkan sekali, aku bersyukur banget :)
      Iya betul, alhamdulillah juga aku cocok dengan blackmores, produksi ASI ku tetap terjaga

      Delete
  4. Mbaaa Alhamdulillah yaaa
    Daku ikut hepiii banget
    Semogaaa Nared dan Rissa tumbuh jadi anak yg shilih(ah), baik hati, berbakti pd ortu yaa
    Btw, Blackmores Pregnancy and Creast-Feeding Gold ini juga direkomen ama Spog ku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, makasihya tanteee.
      Iyaa, blackmores juga direkomen sama dokter obgynku.

      Delete
  5. Toss mbak. Saya juga ibu pendukung asi nih. Sempat juga ngalamin hal yg sama waktu produksi asik gak banyak. Pingin sufor. Alhamdulillah gak jadi. Lulus asi ekslusif semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, disaat ASI kita merasa gak lancar, disitu godaan sufor itu kenceng banget. ALhamdulillah bisa lulus ASIX semua ya mba.

      Delete
  6. Makasih info and tips nya ya
    Nanti saya sharing ke istri hehe, sehat selalu ya n happy family

    ReplyDelete
  7. Temenku yang menyusui juga banyak pakai Blackmores ini mba.
    Oya aku lihat fotonya Narend udah gede yaa.. sehat selalu semuanya ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo Tanteee. Iyaaa skelrg aku udah kelas 1 nih ;)

      Amin, sehat2 juga buat tante and keluarga yaaa :)

      Delete
  8. Gemeeessshhh nya kalau liat foto bebayian eh :D
    Bayi-bayi gemessshhh!

    Betul banget Mba Oline, kata siapa menyusui anak kedua lebih mudah?
    Dari Hongkong? sama ajah hahaha.

    Meskipun saya malah baru berhasil ASI ekslusif di anak nomor dua, walau jadi berbonus kena baby blues sampai PPD hahaha.

    Memang kudu ada support yang hebat, apalagi kalau supportnya dengan blackmores :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, mau anak kedua, ketiga, bahkan keseratus sekian, ya bukan berarti pasti lebih mudah, gak jaminan. Kalo jaminan lebih tau triknya, iya. Tapi kalo guaranty mulus, ya gak juga :)

      Delete
  9. Lega akhirnya mereka sehat dan ceria ya.
    Sehat selalu semuanya. Nutrisi tubuh memang sangat penting apalagi saat pandemi ya. Blackmores bisa jadi asupan nutrisi baik juga nih buat yang sedang menyusui

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, nurtrisi ibu sangat mempengaruhi kualitas ASI, makanya butuh suplemen seperti blackmores ini supaya produksi ASI tetap terjaga.

      Delete
  10. Luar biasa yaa pengalaman hamil dan melahirkan serta menyusui. Selalu menarik untuk dibaca setiap cerita bumil dan menyusui tuh.

    ReplyDelete
  11. ngga kerasa Rissa udah 1,6 tahun?
    Aduh benar ya time flies, rasanya baru kemarin baca status facebook mbak Oline melahirkan
    Beruntung PT Kalbe tau banget kebutuhan ibu menyusui ya? Bekerja sama dengan Blackmores menyediakan suplemen yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mba, Rissa udah 1,6 tahun :))
      Iya, Kalbe sangat peduli pada ibu hamil dan menyusui

      Delete
  12. Beda anak, beda pengalaman menyusui ya mba. Terima kasih sharing informasinya. Alhamdulillah saya sekarang juga sedang dikaruniai nikmat menyusui bayi saya yang berusia 7 bulan. Sepertinya, boleh ni dicoba suplemen pelancar ASI nya.🤗

    ReplyDelete
  13. Blackmores ini memang salah satu booster ASI andalan busui. Semoga lancar terus mengASIhi sampai dek Carissa 2 tahun ya mba.

    Ada nikmat dan kebahagiaan tersendiri sepanjang menyusui memang ya.

    ReplyDelete
  14. Seandainya Blackmores ini sudah ada waktu saya melahirkan anak². Dulu saya sempat kesulitan produksi ASI. Jadi kedua anak saya cuma sempat menyusui selama 8bulan. Padahal pengen banget bisa memberikan ASI eksklusif setidaknya selama 2tahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh sayang ya dulu belum ada ya mba? Dulu waktu jaman menyusui Narend juga belum ada.

      Delete
  15. Selamat menyusui dengan senang dan bahagia :) Waktu anak-anakku bayi kayaknya Blackmores ini belum ada, deh. Atau kalaupu udah ada, ngedapetinnya belum semudah sekarang.

    ReplyDelete
  16. Kawan saya pun banyak yang muntah-muntah saat awal kehamilan tapi mbak hanya mual saja yah. Hmm, nutrisi yang tepat memang penting banget yah saat hamil, begitu juga setelah lahiran. Menyusui jadi makin happy ya mbak,nanti saat aku udah hamil dan punya anak mau juga cobain Blackmores ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa kehamilan orang emang beda2 mba, dan aku salah satu org yg gak pernah muntah sama sekali selama hamil alhamdulillah :)
      Iya betul mba.
      Siaap :) Nanti sharing2 lagi ya mba setelah coba Blackmores ini :)

      Delete
  17. Ahamdulillah ya mbak proses melahairkan dan menyusui Narend dan juga Rissa berjalan lancar. Semoga terus tumbuh sehat dan kuat ya, karena nutisinya terpenuhi oleh ASI.

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah ya mbak...
    Proses menyusuinya berjalan lancar...
    Sebab hanya ASI yg terbaik untuk bayi

    ReplyDelete
  19. Beda anak beda cerita ya mbak dalam proses melahirkan ataupun menyusuinya. Semoga dengan asi berkualitas membuat anak anak tumbuh sehat dan cerdas ya. Untungnya skrang ada Blackomores yg bisa dijadikan sebagai suplemen dalam memberikan Asi buat si kecil. Ikut seneng Narend udh lulus Asi

    ReplyDelete
  20. MashaAllah.. moment melahirkan dan menyusui bagi seorang ibu itu selalu penuh dengan kebahagiaan ya.. selalu senang melihat ibu yang bisa menyusui anak anaknya.. sehingga tercipta bonding antara ibu dan anak, apalagi ditambah dengan asupan nutrisi yang memang punya kandungan lengkap seperti blackmores ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Elly, momen yang tidak bisa tergantikan dengan apapun.
      Tahun depan aku bakalan kangen momen2 seperti ini :)

      Delete
  21. Senangnya yaa..dengan dukungan dari Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold ini, ASI pun jadi lebih bernutrisi. Sehatsehat terus buat mbak..dan si kecil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, blackmores bikin ASIku makin bernutrisi :)

      Delete
  22. Aku baru tahu kalau bumi sehat ada kasih suplemen blackmores ini for free. Love bgt.

    Senang juga kalau sampai ke Aceh dan Papua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mba. Karena sebagai bentuk komitmen berkelanjutan Kalbe Blackmores Nutrition dalam mendukung upaya pemenuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui.

      Delete
  23. Mitos selama ini, kalau ibu makan pedes, asi jd bikin bayi diare. Tapi di sini baca, ibu makan pedes, ASI jg berkurang produksinya. Jadi penasaran, gmn ya proses/alur dlm tubuh Ibu sehingga makan pedas bikin produksi asi berkurang?

    btw baru tau tentang pembagian blackmores gratis di bbrp kota. semoga kontinyu dan semakin meluas jangkauan kotanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi begini logikanya. Aku ambil teori dari Halodoc juga ya di mix dengan pengalamanku selama mengkonsumsi makanan pedas.

      "Jika ibu menyusui mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan, dikhawatirkan bisa memberi dampak tak hanya pada bayi. Sebab terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas bisa memicu terjadinya masalah pencernaan dan berujung pada dehidrasi yang mungkin dialami ibu."

      Aku itu bisa dibilang gila banget sama makanan pedas. Pedasnya bener2 parah banget. Nah, aku ngerasain banget sejak makan makanan pedas produksi aku jadi berkurang. Nah, setelah aku kurangi perlahan2, melupakan ego aku, makan mulai normal, lalu aku cukupkan nutrisiku dengan Blackmores, baru deh produksi ASI ku kembali lancar alhamdulillah.

      Semoga menjawab ya kegalauannya.

      Delete
  24. Alhamdulillah suami siap jadi suport system yang baik ya Mak. Saya masih ingat lho waktu ini ... memenangkan salah satu lomba blog yang berhadiahkan biaya persalinan. Masya Allah, ya.
    Alhamdulillah juga ada suplemen seperti Blackmores ini sekarang, membantu banget ya pastinya apalagi kandeungannya memang bergizi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, masih ingat ya? Hehee... Itu menjadi penyemangat aku bgt selama menyusui, apalagi ditemani oleh si Blackmores ini. Berkah yg luar biasaaa :)

      Delete
  25. seneng bgt liat foto2 bayi soalnya ngegemesin dan lucuu.. kayak bayinya narendraa.. nih emesshh banget >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiii iyaa kalo masih bayi emang lucu, sampai 2 tahunan deh. Tar kalo udah 3 tahun dst udah mulai ngurut dada, HAHAA...

      Delete
  26. Tiap anak pasti punya cerita hamil dan menyusui yang berbeda ya mbk. Alhamdulillah ketemu Blackmores, salah satu ikhtiar agar ASI lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba betul. Iya alhamdulillah banget blackmores membantu produksi ASI ku jadi lancar :)

      Delete
  27. Kalau aku banyak dramanya waktu nyusuin anak pertama. Lumayan banyak perjuangan dan air mata. Tapi Alhamdulillah lulus asi sampe 2 tahun meski aku kerja.

    Lengkap banget ya blackmores ini kandungannya, bisa bikin asi jadi makin berkualitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua anak punya jalan cerita masing2 ya. Walaupun banyak dramanya, alhamdulillah bisa lulus sampai 2 tahun nikmat yang harus disyukuri ya.

      Delete
  28. Senangnya bisa IMD ya waktu habis melahirkan. Gak terlupakan proses itu ya apalagi selanjutnya bisa kasih ASI yang terbaik. Buat nutrisi ada suplement pelancar asi y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa. Pengalaman tak terlupakan adalah saat IMD :) ditambah lagi bisa lancar menyusui, benar2 menjadi orangtua seutuhnya :) alhamdulillaaah

      Delete
  29. Auto fokus sama kandungan 17 nutrisi esensial yang terdapat di dalam Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold ini. Lengkap bener yaa~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa. Makanya udah gak perlu khawatir lagi akan nutrisinya tercukupi atau tidak. Semuanya sudah lengkap dalam blackmores ini :)

      Delete
  30. walau di awal sempat ragu, akhirnya dapat memberikan ASI dengan lancar ya Mba... Sehat selalu Mba Online dan keluarga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Sehat2 juga buat mba Ira dan keluarga ya.

      Delete
  31. Wajah mama Nerend kinclong sekaliii...
    Senang lihatnya, mama bahagia, ASI jadi lancar dan anak-anak jadi bahagia.
    Perjuangan anak pertama dan kedua berbeda sekali ternyata yaa...aku pikir kalau anak perempuan bakalan lebih no drama.
    Alhamdulillah,
    Ada blackmores yang membantu meningkatkan produksi ASI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa meni kinclong karena bahagia :))
      Betul, karena kunci utama adalah harus terus bahagia, supaya produksi ASI tetap lancar :)

      Delete
  32. Samaaa, aku juga pke ini blackmores dari awal hadir. Enak ya mba mog kita lulus s3 ❤❤❤❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, semoga kita bisa n
      MengASIhi anak2 kita sampai S2 ya. S3 kayaknya kelamaan hahaa..

      Delete
  33. menyenangkan sekali mba melahirkan Rissa hanya 2,5 jam tanpa induksi dan drama lain2 wkwk aku sih justru anak kedua malah susah huhuhu..
    btw aku pas anak kedua juga konsumsi blackmores alhamdulilah kualitas dan kuantitasnya bikin aku bisa donor asip :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, alhamdulillah. Anak pertama 8 jam, Anak kedua aku cuma 2,5 jam.
      Alhamdulillah terbantu stock ASI karena blackmores ya mba.

      Delete
  34. Aku juga pakai Blackmores
    Tetapi baru kali ini mencobanya
    Kuberanikan diri karena harganya juga lumayan banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harganya lumayan tapi sungguh sebanding dengan kualitas dan kuantitasnya mba :)
      Bener2 recomended banget suplemen ASI blackmores ini.

      Delete

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *