Mommy's World

My world about breastfeeding and parenting

Nice to meet you!

Owner @AuraBatik | Mompreneur - Vlogger - Blogger - Loves Cooking & WomenPreneurCommunity | Coffee Addict | caroline.adenan@gmail.com
Oline

What Read Next

Atasi Rambut Rontok Saat Menyusui Dengan Buah Kiwi

"Mi, astagaa itu rambut kamu di lobang kamar mandi banyak banget rontoknya?"
"Iya, emang emang rontoknya lagi banyak banget."
"Perasaan kemarin gak kan?"
"Iya, sejak menyusui ini aja rambutku rontok. Udah gonta-ganti shampoo and hair treatment tetep aja rontok sih. Rambutku udah tipis ini."

Pernah denger gak sih moms, kalau selama bayi kita mengeluarkan air liur (mengences istilahnya), selama itu pula rambut ibu akan mengalami kerontokan? Saya pikir itu mitos moms, tapi beneran lho, saya ngalamin sendiri! 😀 Jadi udah kurang lebih setahunan (seusia Rissa saat ini kurang lebih 15 bulan) saya ngalemin banget yang namanya rambut rontok. Makanya saya paling takut untuk keramas, karena setiap keramas, yang ada rambut saya rontok terus 😓



Kalau saya baca dari literatur, kerontokan yang dialami oleh ibu menyusui itu adalah hal yang wajar. Karena saat hamil dan menyusui pasti banyak mengalami perubahan. Mulai dari perubahan bentuk tubuh, perubahan mood swing, sampai perubahan hormon. Hormon-hormon yang berperan adalah estrogen, progesteron, oksitosin, dan prolaktin. Setelah bayi lahir, hormon estrogen dan progesteron mengalami penurunan. Nah, kondisi inilah yang menyebabkan kerontokan pada ibu menyusui. 


Saya pernah melakukan hair treatment di rumah sendiri, saya memakai hair mask seminggu sekali untuk mengatasi kerontokan rambut saya, tapi yang ada rontoknya malah makin banyak 😢 Saya cukup stres karena saya panik saya akan mengalami kebotakan dini.

Ternyata ada beberapa shampo yang wajib dihindari oleh ibu hamil dan menyusui lho moms. Harus menghindari shampo yang berbahan dasar SLS/Sulfat, Alkohol, Paraben, Colourant, Sodium Chloride, dan bahan kimia ADBAC & DDAC. Apa bahayanya kandungan tersebut?

SLS dan SLES bisa menghilangkan minyak dalam kulit tubuh, tapi juga bisa menyebabkan kulit kering. Paraben bisa menyebabkan munculnya berbagai komplikasi kehamilan. Jadi sebisa mungkin hindari shampo yang berbahan dasar tersebut diatas. 

Walaupun normal, kondisi ini tidak bisa dibiarkan. Setidaknya rambut saya rontoknya gak terlalu parah-parah banget. Akhirnya saya googling dan ketemulah artikel yang mengatakan bahwa untuk mengatasi kerontokan bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti kiwi dan kemiri. Tapi kalau saya disuruh membuat DIY hair care sendiri di rumah, duh nyerah deh saya. Sudah cukup lelah mengerjakan pekerjaan rumah sendiri ditambah anak-anak saya tergolong anak-anak yang aktif. 

Ternyata kedua kandungan yang saya butuhkan ada di shampo Mama's Choice. Mama's Choice Hair Care memiliki 2 macam, yaitu shampo dan conditioner. Keduanya adalah hair care pertama untuk mencegah kerontokan rambut selama kehamilan dan menyusui. Jika membeli paket hair treatment seriesnya akan mendapatkan paket seperti ini, dilengkapi dengan sisirnya.


Kandungannya adalah :


Kiwi : Berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, melindungi dari kerusakan thermal, kimia dan lingkungan.

Candlenut : kaya akan protein dan mineral untuk menguatkan akar rambut

Kacang hijau : Mengembalikan vitalitas dan kepadatan rambut

Kelebihan Shampo dan Conditioner Mama's Choice dibanding produk lainnya : Formula tanpa khawatir, tidak ada SLS, tanpa paraben, tanpa pewarna, tanpa alkohol, tanpa silikon. Shampo ini kaya akan busa bila dibandingkan dengan shampo Non-SLS lainnya.


Mama's Choice Hair Treatment


Shampo Mama's Choice


Shampo Mama's Choice packagingnya botolnya berwarna putih dengan tutup berwarna pink. Dilengkapi dengan pumpnya. Ukurannya adalah 150 ml. 

Mama's Choice Hair Treatment

Di bagian belakang botolnya terdapat informasi tentang fungsinya, kandungan dan cara pemakaiannya.


Untuk warna cairan shamponya adalah berwarna bening, teksturnya sangat kental. Dan wanginya yang saya suka, wangi kiwi yang sangat menyegarkan. 

Mama's Choice Hair Treatment Series

Harganya Rp. 99.000

Conditioner Mama's Choice

Packaging coinditioner Mama's Choice botolnya berwarna pink dilengkapi dengan tutup botol berbentuk pump yang berwarna putih. Ukurannya 150ml.

Mama's Choice Hair Treatment

Di bagian belakang botolnya terdapat informasi tentang fungsinya, kandungan dan cara pemakaiannya.

Mama's Choice Hair Treatment


Kalau untuk warna cairan conditionernya adalah putih dan teksturnya sangat kental. Dan wanginya juga buah kiwi yang sangat menyegarkan. 

Mama's Choice Hair Treatment Series


Harganya adalah Rp. 99.000

Kalau moms membeli keduanya paket 2in1 Haircare series (Shampo + Conditoner) moms bisa mendapatkan harga hanya Rp. 189ribu. Lebih murah dan free sisir.

Cara Penggunaan

Cara penggunaannya seperti shampo lainnya. Basahi rambut secara merata, kemudian ambil 2 pump shampo, kemudian usapkan perlahan pada akar rambut kemudian pijat secara merata. Lalu bilas dengan air sampai bersih.

Saya biasa keramas 2 hari sekali, tapi tergantung aktivitas juga. Kalau aktivitas saya kebanyakan outdoor, biasanya saya keramas tiap hari. Dan biasanya setelah menggunakan shampo, saya akhiri dengan menggunakan conditioner. Menggunakan conditionernya juga tidak usah terlalu banyak, cukup 1 pump saja. Usapkan perlahan pada batang rambut (saja, jangan ke akar rambut). Karena saya pernah diberi tahu oleh salah seorang hair stylish, bahwa pemakaian conditioner cukup hanya di batang rambut saja, karena jika membilas rambut tidak terlalu bersih akibat pemakaian conditioner, nanti residu conditioner tersebut akan menyebabkan ketombe. Karena kan fungsi dari conditioner itu sendiri hanya untuk meratakan dan melembutkan rambut saja, bukan membersihkan kotoran.

Testimoni


Sudah hampir satu minggu saya memakai hair treatment dari Mama's Choice. Dan saya merasa ada perubahan positif dari rambut saya. Setelah keramas rambut rontok saya sudah mulai berkurang. Masih ada yang rontok sih, tapi sudah tidak terlalu parah. Dan yang bikin saya happy, biasanya setelah pemakaian conditioner pada shampo merk lain, biasanya rambut saya rontoknya lumayan banyak, tapi saat saya pakai Mama's Choice conditioner ini rontoknya hanya sedikit saja. Jadi saya merasa tenang deh untuk urusan rambut.

Untuk harganya memang sedikit pricey sih menurut saya, tapi kalau dilihat dari fungsinya sih untuk mengurangi kerontokan rambut, why not? Karena hamil dan menyusui adalah waktu yang sangat singkat bukan moms?

Mama's Choice Hair Treatment

Cara Mendapatkannya Gimana?


Buat para moms yang ingin mendapatkannya, gampang banget, moms bisa mendapatkannya di official store Mama's Choice di Shopee.


Jika moms belanja minimal Rp. 150ribu, moms bisa mendapatkan discount Rp. 25ribu dengan masukkan kode voucher MAMACAROL.



Kalau rambut sehat, pastinya kita akan tenang moms. 

Untuk info selengkapnya, moms bisa mengunjungi  website Mama’s Choice atau social medianya ya moms.

Website : Mama’s Choice

Instagram : https://www.instagram.com/mamaschoiceid/


Semoga artikel saya bisa bermanfaat ya moms.



Comments

  1. Bersyukur ada produk yang dikhususkan untuk ibu hamil dan menyusui yaa.. jadi nggak worry lagi dengan kandungannya karena sudah teruji aman, halal, dan natural.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, bersyukur banget udah ada shampoo ini, jadi aku gak khawatir lagi deh skrg soal rambutku...

      Delete
  2. Memang bumil dan busui kudu ati2 bangeettt kalo berburu produk shampoo dll
    Kuatir ada bahan yg berbahaya ye kaann
    Nah kalo udah ada Mama's Choice, no need to worry!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa betul, bukan apa2, salah pakai shampo, yg ada malah jadi tambah rontok and masalah2 lainnya deh :(

      Delete
  3. Yang saya tahu bagus untuk rambut itu kemiri / candlenut dan kacang hijau...Dan keduanya ada di produk Mama Choice ini..Formulasi khusus untuk ibu menyusui bikin tenang ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes betul banget :) Aku jaman dulu pakai kemiri buat menebalkan rambut, cuma repot banget bikinnya :)
      untunglah sekarang udah ada Mama's Choice, jadi lebih praktis :)

      Delete
  4. Saya suka banget lihat kemasan Mama's Choice ini. Pink lembut seperti hati para mama untuk buah hati mereka. Kandungan nutrisi di dalamnya akan mengatasi masalah kerontokan para mama yang sedang menyusui ya. Dan keamanannya wajib jadi perhatian kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perpaduan warna yg pas ya, pink dan putih. Bikin pegen keramas terus :))

      Delete
  5. Baru tahu kalau buah kiwi bisa mengatasi rambut rontok. Dan berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, melindungi dari kerusakan thermal, kimia dan lingkungan. Memang cocok menggunakan Mama's Choice ya busui yang mengalami erontokan rambut karena bahannya aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya, aku ngerasa ini rambutku banyak yg numbuh2, jadj kerasa gatel2 gitu :)
      Berarti pertumbuhannya cukup subur :) krn selama menyusui setahun kmrn rambutku rontok terus.

      Delete
  6. Ini tuh masalahnya para ibu menyusui banget ya mbak Oline, karena aku pun dulu gitu dan suka parno sendiri. Sekarang Mama's Choice lengkap banget ya, sudah ada untuk rambut rontoknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Rambut Mama's Choice itu produk favorit para bumil dan busui :))

      Delete
  7. Ternyata masalah rambut rontok ini bsnyak dialami ibu menyusui ya. Aku suka banget sama wanginya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh sama, aku juga suka sama wanginya. Seger! :)

      Delete
  8. wuahh ada kupon diskon, jadi bisa hemat banget nih belanjanya. Mau ah~
    pas banget lagi penasaran pengen cobain shampoonya Mama's Choice ini.

    ReplyDelete
  9. Hm ternyata bumil harus menghindari shampo yang berbahan dasar SLS/Sulfat, Alkohol, Paraben, Colourant, Sodium Chloride, dan bahan kimia ADBAC & DDAC ya, karena berbahaya..noted. Kalau ada Mama's choice yang kemasannya unyu dan kandungannaya alami begini jadi enggak kuatir lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kemasannya menggemaskan, krn shampo2 lain packagingnya gak ada yg seperti ini :)

      Delete
  10. manfaat dari buah kiwi begitu terasa dalam mama's choice shampoo and conditioner dalam mengurangi rambut rontok buat busui ya. aku penasaran sama kesegaran harumnya nih

    ReplyDelete
  11. Wah coba udah tau dari dulu ya huhuh sewaktu menyusui rambutku rontok juga, dan ya dibiarkan saja. :(
    Produk Mama's Choice ini bagus ya mak, nggak ada alkohol-SLS-paraben, jadi aman banget untuk busui. Sekarang ada produk ini nggak khawatir lagi deh sama kerontokan.

    ReplyDelete
  12. Wuiih, good product i hope so. I like there is tagline and packing. Good looking and milenials

    ReplyDelete
  13. Saya juga pakai mama's choice hair treatment ini... Suka sama kemasannya, dipakainya juga enak...

    ReplyDelete
  14. Ini wangiiiii banget sukaaaak. aku sekarang pakai rutin karena emang terbukti aman buat busui bumil ya. dah lam aga pake kondisioner pas make enak bangettt ternyata

    ReplyDelete
  15. Belom nyobain mama's choice yg inii..kayaknya mau coba meski anakku dah 2 tahun, hihi karna kepo produknya dr bahan2 alami yang aman. Rambutku masih rontoque semoga coba ini cucok

    ReplyDelete
  16. Sukak banget sama kemasannya euy.. girly dan wah gitu.. Jadi pengen cobain shampoo ini.. meski lagi gak menyusui rambutku rontok juga nih..

    ReplyDelete
  17. shamponya alami ya dari buah kiwi, pengen nyoba beli akh pake kode promonya biar lebih murah, emak suka diskon haha

    ReplyDelete
  18. Akhirnya aku menemukan juga sampo yg selama ini kuidam2kan buat bikin rambut rontokku berkurang plus bonusnya jadi lebih ngembang juga

    ReplyDelete
  19. Wah baru tau deh kalau shampoo itu ada kandungan silikon. Bahaya juga ya. Jadi cari shampoo yg murni bahan2nya kayak mama choice gini.

    ReplyDelete
  20. Jaman kerja di Hongkong gampang banget dapetin kiwi mba, eh sekarang susah dapetinnya karena tinggal di desa. Untunglah ada mamaschoice ya yang membantu merawat rambut rontok kita. Alhamdulillah

    ReplyDelete

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *