Mommy's World

My world about breastfeeding and parenting

Nice to meet you!

Owner @AuraBatik | Mompreneur - Vlogger - Blogger - Loves Cooking & WomenPreneurCommunity | Coffee Addict | caroline.adenan@gmail.com
Oline

What Read Next

Tips Hemat Lebaran Saat Pandemi



Saat pandemi Corona seperti sekarang gak hanya kelompok tertentu saja yang merasakan imbasnya, tapi juga hampir semua kalangan merasakan dampaknya. Mungkin untuk sebagian orang walaupun terasa dampaknya, hidupnya masih tergolong fine-fine saja, setidaknya masih ada aset yang bisa dijual (dalam kondisi kepepet). Nah, kalau yang pendapatan menengah ke bawah, berita baiknya sih ada Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah. Ya walaupun nominalnya tidak terlalu besar, ya setidaknya masih ada harapan untuk kebutuhan hidup.

Untungnya saat ini pusat keramaian seperti tempat wisata, mall juga sedang tidak beroperasi, jadi setidaknya bisa menahan keinginan orang untuk berbelanja. Terlebih masa pandemi ini kita semua harus berhemat.

Gimana caranya kita menghadapi kondisi pandemi ini terlebih lagi lebaran yang notabene akan sangat memerlukan budget yang lumayan besar?

1. Utamakan Kebutuhan Pokok

Karena selama pandemi kita semua di rumah aja, jadi pasti akan banyak makan di rumah. Dan tentunya budget yang dikeluarkan untuk membeli kebutuhan pokok juga tidak sedikit. Sayapun jadi merasakan efeknya, satu minggu saya bisa berbelanja lebih dari 2x. Dipikir-pikir wajar sih, karena kan saya gak keluar rumah sama sekali, pengeluaran bensin pun tidak ada. Jadi alokasi budget untuk hiburan, nonton, luxury makan-makan di restoran, staycation, saya alokasikan ke kebutuhan pokok.

2. Hemat Listrik

Salah satu anggaran terbesar selama WFH adalah listrik. Karena sudah pasti orang akan banyak menghabiskan waktu di rumah. Otomatis tagihan listrik jadi membengkak. Jadi usahakan jika kita tidak memerlukan listrik, segera matikan. Charger yang tidak dipakai segera matikan.

3. Jangan Tergoda Promo

Karena banyak di rumah, biasanya perhatian kita tertuju pada smartphone dan biasanya kita langsung buka-buka ecommerce. Terkadang kita suka reflex membeli barang yang tidak diperlukan, apalagi kalau lagi promo diskon 50%. 

Semua ecommerce akan berlomba-lomba memberikan promo. Bukannya tidak boleh berbelanja, hanya saja kita harus benar-benar memanfaatkan dana tersedia yang kita miliki saat ini.

Nah itulah tips hemat ala saya saat lebaran nanti. Ingat, masa pandemi belum berakhir. Pandemi akan berakhir jika vaksin sudah ditemukan. Jadi sebisa mungkin mulailah berhemat dari sisi apapun. Karena esok hari keadaan kita bisa saja berubah.

Semoga pandemi ini segera berakhir dan kehidupan back to normal ya.

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *