Mommy's World

My world about breastfeeding and parenting

Nice to meet you!

Owner @AuraBatik | Mompreneur - Vlogger - Blogger - Loves Cooking & WomenPreneurCommunity | Coffee Addict | caroline.adenan@gmail.com
Oline

What Read Next

7 Makanan Pendamping ASI Terbaik Untuk Bayi Usia 6 Bulan Ke atas ala Mommy Oline



Di awal kehidupan sejak bayi dilahirkan, bayi disarankan hanya mengkonsumsi ASI saja. Tetapi jika bayi sudah berusia 6 bulan keatas, ASI saja sudah tidak cukup, harus perlu makanan tambahan untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Karena di usia 6 bulan, bayi sudah memiliki sistem pencernaan yang terbentuk sempurna. 

Pada saat pemberian makanan pendamping ASI (MPASI), tidak hanya memperhatikan dari kuantitas saja, tapi juga fruekuensi dan juga variasi. Bila makanan yang itu-itu saja setiap harinya, dikhawatirkan bayi jadi tidak familiar dengan rasa lainnya. Tapi kalau homemade alias membuat MPASI sendiri juga tidak menjamin anak juga akan lahap makannya. Karena saya pernah mengalami sendiri, untuk awal MPASI (pertama), saya berikan homemade, namanya juga baru belajar, belajar membuat racikan menu MPASI sendiri. Alhasil rasanya gak ada sama sekali, hambar, eh malah dimuntahin. Jadi seandainya ada mama-mama yang memang gak bisa membuat menu MPASI, atau memang gak sempat, gak ada salahnya kok moms memberikan bayi kita MPASI Siap Saji, yang dijual di beberapa supermarket atau minimarket itu. Karena kan pada prinsipnya, yang penting anak mau makan dan gizinya tercukupi. Itu aja kan intinya? 😊


Memberikan menu MPASI siap saji juga susah-susah gampang moms, karena diantara begitu banyak varian MPASI yang dijual di pasaran, gak semuanya enak lho. Gak semuanya cocok di lidah anak kita. Makanannya itu ada yang harus dicampur dengan yang lain dulu (misalnya), baru terasa enaknya deh. 

Nah, selama tumbuh kembang Rissa yang saat ini akan menginjak usia 11 bulan (per bulan Februari 2020), So, MPASI apa aja sih yang saya rekomendasikan?


1. Bubur Bayi Sun Ubi Ungu


Sun ubi ungu ini persis bangeet kayak ubi ungu aslinya. Rasanya manis, tapi gak manis banget, teksturnya lembut, jadi bayi mudah sekali mengunyahnya.

Waktu itu saya pernah usaha membuat MPASI sendiri ceritanya, jadi saya ke supermarket lalu beli ubi madu. Ya memang bukan ubi ungu, tapi setidaknya dengan saya memilih ubi madu, rasanya hampir-hampir mirip lah ya, pikir saya dalam hati. Maksud hati sih pengen homemade aja. biar hemat, dan bayi juga bisa merasakan masakan maminya.

Jadinya ubinya saya kukus dulu, kemudian saya lumatkan sampai halus, tambahkan air hangat, kemudian saya berikan ke Rissa. Ternyata gak seenak SUN Ubi Ungu ini 😝 jadi masih harus ada campuran lain lagi seperti susu atau gula.

Kemudian saya penasaran kenapa bisa berbeda rasanya, apakah karena ubi yang saya beli itu gak manis? Bukan premium? Saya baru tahu ternyata gak semua ubi itu rasanya sama, ada yang manis, ada juga yang kurang manis. Dan bayi itu paling tidak suka dengan rasa yang terlalu strong, atau kurang.

Jadi menurut saya SUN Ubi ungu ini rasanya sudah paling pas deh, ditambah lagi nutrisinya juga sudah terfortifikasi.




2. Bubur Bayi Promina


Untuk varian yang untuk 6+ hampir semua varian rasa Promina Rissa pernah coba dan hampir semuanya juga dia suka. Mulai dari Milky beras merah, Beef Stew with Carrot, Smooth Kacang Hijau, Pisang Susu, Cheezy Chicken Broccoli, Pear Orange Papaya.




3. Biskuit Heinz Farley


Bisa dibilang biskuit Farley ini adalah biskuit bayi pertama yang saya berikan untuk Rissa.

Biskuit Farley ini ada 3 varian rasa, yaitu original, apel dan jeruk. Dan ketiganya Rissa suka sekali.

Untuk sekali penyajian makan, saya selalu memberikan 4-5 biskuit. Lalu saya tambahkan susu formula. Kemudian sajikan.

Biskuit Farley ini bisa disajikan jadi bubur atau biskuit biasa (langsung dimakan).




4. Bubur Milna







5. Bubur Bayi Cerelac

Bubur bayi cerelac ini berbeda dengan bubur bayi lainnya. Bubur ini teksturnya sangat lembut dan halus, rasanyapun enak.

Khusus untuk bubur Cerelac yang rasanya manis seperti apel, jeruk dan pisang, atau Milky Rice misalnya, saya suk menambahkan unsalt butter minimal 0.4 gr dalam makanannya. Karena saya ingin kadar lemaknya lebih tinggi.





6. Biskuit Heinz

Biskuit ini adalah favorit Rissa. Kelebihan biskuit ini adalah teksturnya sangat lembut, saat masuk ke dalam mulut langsung lumer di mulut, jadi bayi gak perlu usaha makan terlalu lama.

Biskuit ini bisa dibuat cemilan ataupun bubur. Kalau mau agak kenyang, saya suka mencampurkan biskuit ini dengan susu dan butter.

Enaknya biskuit ini bentuknya panjang, jadi bayi dengan mudah untuk memegangnya, bisa dijadikan finger food juga. Berbeda dengan biskuit lain yang bentuknya bulat, atau pipih.

Hanya sayangnya biskuit Heinz ini tidak mudah didapatkan dimana-mana, ada di toko tertentu saja.

Biasanya saya membeli biskuit Heinz ini di AEON, atau di beberapa baby shop.



7. Tepung Gasol


Thanks to pembuat tepung Gasol ini, tepung ini jadi penyelamat mama-mama macam aku yang hampir hopeless tentang menu MPASI.

Jadi disaat aku khawatir membuat menu MPASI, tepung gasol ini jadi penyelamat aku. Kenapa aku memilih tepung gasol? Karena dulu

Dan setelah aku coba ternyata memang enak ya tepung gasol ini, beda dengan bahan dasar nasi.


Tepung Gasol ini enaknya bisa dibikin berbagai varian rasa, bisa manis, ataupun asin (gurih). Kalau manis, moms bisa memilih tepung gasol jagung (warna kuning) atau hijau. Sedangkan jika moms ingin rasa yang gurih, moms bisa memilih beras merah atau coklat.

Bagaimana caranya supaya gizi terpenuhi walaupun dengan MPASI instan?


Dalam program menaikkan berat badan Rissa, adakalanya saya suka kewalahan membuat menu MPASI. Supaya gak bosan, saya harus membuat minimal 2 menu per harinya, dan itu harus double protein hewani. Karena saya juga masak untuk keluarga di rumah, guna untuk menghemat waktu demi waktu berkualitas dengan keluarga, saya akali dengan memberikan MPASI instan.

Jadi caranya, setiap 1x waktu makan, saya terkadang memberikan 2 varian yang berbeda. Misalnya Promina Cheezy Chicken Broccoli setelah itu saya berikan Beef Stew with Carrot.

Bagaimana Dengan Porsi Makan Rissa?

Alhamdulillah sampai detik ini Rissa bukan anak yang picky eater, jadi saya berikan MPASI varian apa saja, pasti dia makan sampai habis. 1x porsi makan saya berikan 1 mangkuk penuh. Dalam waktu setengah jam usahakan makanan habis. Jika tidak habis harus segera dibuang. Karena menurut teori, maksimal durasi anak makan adalah 30menit. Selebihnya sudah tidak baik.

Nah itulah ke-7 pilihan MPASI yang terbaik menurut aku. Bukan hanya terbaik, tapi juga terenak versi Rissa.

Semoga artikel saya bisa bermanfaat ya moms

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *