Mommy's World

My world about breastfeeding and parenting

Nice to meet you!

Owner @AuraBatik | Mompreneur - Vlogger - Blogger - Loves Cooking & WomenPreneurCommunity | Coffee Addict | caroline.adenan@gmail.com
Oline

What Read Next

Milna Nature Delight, Generasi Bapur, Cara Mudah Makan Buah Zaman Now

Hai moms, apa kabar semuanya? Semoga selalu dalam keadaan sehat selalu ya 😊


Saat saya menulis ini, usia Rissa sudah memasuki 6 bulan, berarti itu sudah saatnya masuk masa MPASI (makanan pendamping ASI), masa dimana daya kreativitas saya sebagai seorang ibu diuji. Masa dimana keribetan dan kerempongan itu dimulai 😁 Kenapa? Karena yang namanya membuat MPASI itu dibilang sulit juga tidak, ya mudah juga tidak. Tapi disini kita harus menyediakan waktu untuk bisa berkreasi untuk membuat menu MPASI setiap harinya.

Pada periode pengenalan MPASI, menu makanan yang saya buat harus memperhatikan tekstur, rasa, frekuensi dan porsi yang sesuai tahapan Rissa, karena rasa dan tekstur menu MPASI  membantu melatih kepekaan indera pengecapnya dan juga mendukung stimulasi indera lainnya. Saat Rissa di usianya memasuki 5,5 bulan, saya sudah memperkenalkan ia MPASI tunggal, seperti buah-buahan. Nah, caranya bagaimana? Biasanya saya lumatkan sehingga berbentuk pure. Dan buah yang saya perkenalkan pertama kali waktu itu adalah pisang dan pepaya.



Jadwal pemberian MPASI juga saya sesuaikan dengan jadwal makan orang dewasa umumnya, hanya saja porsinya disesuaikan dengan usianya, yaitu 3x makanan utama dan 2x makanan snack. Biasanya di makanan utama saya utamakan pemberian karbohidrat, protein dan sayuran. Sementara untuk snack, saya berikan buah. Kenapa? Karena saya ingin jumlah asupan dan nutrisi Rissa bisa terpenuhi dengan baik untuk tumbuh kembangnya.

Aturan Pemberian MPASI (Mitos vs Fakta)


Di awal pemberian MPASI, saya masih memperkenalkan menu tunggal per 2-3 hari sekali. Misalnya hari pertama sampai hari kedua, saya memberikan pure pepaya. Kemudian hari ketiga, saya berikan pure jeruk. Kenapa harus 2-3 hari sekali? Karena supaya tidak bosan, dan juga memastikan apakah anak kita ada alergi terhadap suatu makanan atau tidak. Jadi ibu haruslah kreatif 😊 Nah setelah lolos 3 hari dengan menu pertama, barulah saya ganti dengan pure berikutnya. Dan seterusnya seperti itu.

Pernah dengar gak sih moms, kalau ada yang bilang, "Berikan karbohidrat saja, tunda dulu pemberian dagingnya sampai usia 8-10 bulan. Lalu jangan berikan ikan atau telur, nanti aja usia 1 tahun. Nanti alergi loh!" Sebenarnya itu semua mitos moms. Gak ada aturan tertentu dalam pemberian MPASI. Semuanya bisa diberikan dimulai bayi berusia 6 bulan. Sebenarnya jika kita sedini mungkin memberikan MPASI kepada anak, (minimal 6 bulan), sedini mungkin juga kita ketahui, apakah anak kita ada bakat alergi atau tidak.

Lalu juga pernah ada yang bilang, "Kalau belum ada giginya, gak usah makan makanan yang kasar! Nanti tersedak loh! Kasihan lambungnya!" Itu juga mitos moms. Anak memiliki periode emas untuk belajar mengunyah dan menelan. Kalau periode ini kita lewatkan, dikhawatirkan anak jadi mengalami gangguan kemampuan makan. Anak dapat mengolah makanan lunak tanpa gigi.

Tapi seiring aktivitas saya sebagai seorang mama yang memiliki anak yang sangat aktif  yang memasuki usia SD, dan juga pekerjaan saya sebagai blogger, benar-benar sangat menyita waktu saya. Saya harus pintar memutar otak saya, harus pintar multitasking dan membagi waktu secara adil antara membesarkan anak, bekerja sekaligus mengatur rumah tangga.

Pure Homemade Tapi Gak Ribet?

Saya ingin sekali memberikan makanan sehat untuk anak saya setiap hari, tapi saya juga tidak ingin asupan gizi anak saya terabaikan. Beruntung sekali saya diundang di acara blogger gathering bersama Milna pada tanggal 28 September 2019 lalu bertempat di Parc 19, Kemang Jakarta Selatan. Pembicaranya salah satunya adalah dr. Attila Dewanti, Sp.A (K). Beliau menjelaskan bahwa anak di usia 6-18 bulan sudah dibiasakan mengonsumsi buah yang ditumbuh atau dihaluskan. Anak dengan usia minimal 6 bulan, sudah tidak bisa lagi diberikan ASI, haruslah ditambah dengan MPASI supaya kebutuhan nutrisinya tercukupi.



Dan salah satu varian MPASI yang cukup recomended adalah Nature Delight Milna. Karena Milna Nature Delight dinilai baik dari segi kandungan nutrisi dan juga kemasan yang sangat praktis. Jadi memudahkan ibu-ibu zaman now untuk memenuhi snack sehat buah hatinya. Tersedia dalam 3 varian dengan mixing fruit yang berbeda-beda.



MILNA NATURE DELIGHT, CARA MUDAH MAKAN BUAH ZAMAN NOW


Untuk itulah Milna menghadirkan Gen BAPUR atau Generasi Bawa Pure. Jadi Milna sangat memperhatikan aktivitas ibu-ibu zaman now yang menginginkan anaknya tetap sehat, tanpa menganggu aktivitas atau kesibukan orangtuanya. Dan GEN BAPUR ini juga sebuah kampanye berskala nasional dengan misi mendukung anak Indonesia untuk makan buah. Seperti kita tahu, bahwa sebagian besar anak-anak itu memang tidak suka dengan sayur dan buah. Kalau dari sejak kecil kita biasakan, manfaatnya saat ia dewasa, anak akan menyukai sayur dan buah. Tapi tentunya orangtuanya juga dibiasakan mengonsumsi buah dan sayur ya moms 😊

Dan di acara tersebut juga menghadirkan Tya Ariestya, seorang artis dan juga seorang ibu dari 2 orang anak. Tya juga merupakan seorang konsumsen Milna selama hampir 4 tahun lho moms. Lama juga ya 😊 Waktu itu saya cukup penasaran, kenapa Tya sangat mempercayakan Milna sebagai kebutuhan nutrisinya? Terlebih lagi Tya membiasakan memberikan Milna Nature Delight untuk Kanaka (anaknya). Alasannya karena Milna Nature Delight memiliki 3 varian rasa berbeda dan bentuk, dan juga warna kemasannya yang eye catching. Dan juga praktis katanya. Jadi Tya secara otomatis sudah menjadi bagian dari GEN BAPUR, karena Tya selalu menyediakan Milna Nature Delight sebagai snack saat travelling dan juga selama ia beraktivitas.



Dan harapan dari hadirnya GEN BAPUR ini adalah bisa mendukung ibu-ibu milenials zaman now untuk leih praktis dalam mencari solusi, tapi tetap memperhatikan nutrisi dan juga asupan si kecil.

APA KEISTIMEWAAN MILNA NATURE DELIGHT?


Diantara MPASI Pure lainnya, saya sempat bertanya, apa sih kelebihan dari Milna Nature Delight ini? Oh ternyata Milna Nature Delight adalah fruit pure dalam kemasan pouch yang sangat praktis, 100% buah asli yang tidak mengandung pengawet atau gula tambahan.

Selepas dari acara gathering, para peserta diberikan 1 hampers Milna Nature Delight, lengkap dengan foto saya beserta Rissa. Happy deh, serasa punya pure sendiri 😊 Dan enaknya Milna Nature Delight ini gampang banget dibawa kemana-mana, gak khawatir tumpah, tetap higenis dan tetap fresh.

Hampers dari Milna




Sayapun bereksplorasi sendiri dengan mencoba memberikan Milna Nature Delight untuk Rissa. Ohya, sebelum diberikan kepada Rissa, saya cobakan dulu, dan ya ternyata benar bahwa memang 100% buah, tanpa tambahan gula sama sekali.



Caranya? Tuangkan Milna Nature Delight beberapa ml ke dalam mangkuk makannya, lalu tambahkan air hangat-hangat kuku. Lalu bisa langsung diberikan kepada si kecil deh. Sungguh praktis!




Setelah saya cobakan ke Rissa, dan ternyata dia suka. Ya ampun saya happy banget. Karena yang namanya bayi kan gak bisa kita atur ya, harus suka dengan satu makanan. Belum lagi ada drama dilepeh, muntah dsb. Dan alhamdulillah untuk MPASI perdana Rissa benar-benar lancar tanpa GTM. Dan terkadang suka saya tambahkan dengan sari buah lainnya. Misalnya Milna Nature Delight rasa Apel dan Peach, suka saya tambahkan lagi dengan pure mangga atau pepaya, supaya rasanya tidak terlalu asam.




Saya sebagai ibu milenial benar-benar terbantu sekali adanya Milna Nature Delight, karena selain praktis tapi juga sehat. Jadi saya gak perlu khawatir lagi untuk asupan gizi Rissa. Saya jadi percayakan kepada Milna Nature Delight 😉 karena Milna Ahlinya Makanan Bayi. Dari dulu sampai sekarang saya selalu berikan Milna untuk anak-anak saya, bahkan waktu Narend 14  bulan.


Ohya moms, buat yang ingin mencoba, Milna Natural Delight ini bisa di dapatkan di supermarket Alfamart, Carrefour, Hypermart, Lion Superindo, Yogya Group dan toko-toko terdekat lainnya ya moms.

Untuk info lebih lanjut, moms bisa cek updatenya di social media ataupun website Milna ya.

Semoga artikel saya bisa bermanfaat ya moms 😚

Milna by KALBE Nutritionals

Website : www.milna.com
Instagram : @milnaid
Facebook : MilnaID
Twitter : @bundamilna

Comments

  1. gen bapur... waa keren istilahnya. jamanku dulu apa yaa, idem sih bawa2 pure juga haha.
    seneng yaa ada milna nature delight buat makanan si kecil yang sehat dan praktis. milna memang ahlinya makanan bayi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa iya, bapur, bawa pure, asal jangan baper aja 😝
      Iyaaa jadi praktis bgt, kemana2 bisa bawa and tinggal kasih air panas

      Delete
  2. Mpasi dan camilannya Rissa enak2 dan pasti ya sehat, pasti makannya lahap ya. Sehat2 ya Nak :*

    ReplyDelete
  3. Buanyaaakk mitos2 beredar seputar MPASI yaaa
    Duh, untung ada Milna Nature Delight nih
    Asiiik mamah muda bisa masuk Gen Bapur
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Aihhh...Rissaaaaa... udah mamam ajah adeknya Kak Narend ini. Dah gede. Tampaknya nggak sabar buat maem ituh, sampai Milnanya dihap sama kemasannya. Hihi..... aunty mintakkk dong dekkk. Icip.

    Btw ada Milna Nature Delight ini ya skrg, praktis buat kalau bepergian juga ya. Anak jadi punya banyak pilihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mba, praktiiis banget. Dan gak cuma praktis, tapi juga 100% buah asli dan tanpa pengawet, itu yg aku sukaaa

      Delete
  5. Milna Nature Delight ini membantu banget ya moms, karena ada begitu banyak hal yg katanya mesti diperhatikan, gak taunya mitos... Khawatirnya yg mestinya dilakukan malah missed karena krg informasi...

    ReplyDelete
  6. Ini produk favorit banget, harga terjangka kai doyan. sering kukasih buat selingan makan, kai sukanya yang dingin dari kulkas. Rana suka juga ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waii Kai doyan ya? Sama, Rissapun doyan 😁
      Aku malahan gak mau kasih dingin2, takut anaknya pilek.
      Namanya Rissa,bukan Rana 😁

      Delete
  7. Asyik ya ada milna nature delight... Sehat dan praktis, gen bapur enggak perlu repot bikin puree dulu sendiri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa. Ini bener2 inovasi dan dan solusi buat moms milenial skrg..

      Delete
  8. Wah makin inovatif ya Milna, ada saja idenya untuk inovasi produk baru yang sehat, bayi suka banget nih pure buah, bisa dibawa ke mana pun dengan mudah..Rissa gemeees...

    ReplyDelete
  9. Ya ampun liat ginian jd pengen punya bayi lagi. Jaman aku sama 3 anakku yg pure ini dulu belum ada produk indonesia, aku selalu beli merk import. Sekarang enak ada milna ya, ada edukasinya jg, udah jelas halal pula

    ReplyDelete
  10. Wah keren Milna ada inovasi baru lagi untuk snack buah. Jadi, nggak ribet ya untuk bikin camilan buah untuk si kecil,kadang masa MPASI gini sungguh rempohg :( penyelamat banget Milna Delight ini.

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah Dede Rissa suka ya, kakak saki juga suka deh Milna nature delight, jadi hemat waktu membuat sari buah ya mbak

    ReplyDelete
  12. Memang praktis dan anti ribet untuk menyiapkan kebutuhan anak saat jalan-jalan, varian rasanya juga gak akan membuat bosan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul. Kalo rasanya lagi pengen manis, terkadang suka aku campur lagi dengan pure lain. kadang homemade kalo lagi di rumah, atau juga pure milna lainnya. Yang penting rasanya pas di lidah anak.

      Delete
  13. Tapi aku kayaknya harus tes satu persatu dulu nih mbak oline kalau anakku mpasi. Pengalaman dari anak pertama yang alergi buah, kentang, dan beberapa jenis sayur. Btw, kemasan milna ini praktis banget ya. Apalagi kalau kita bawa bayi traveling, cukup.bawa milna aja

    ReplyDelete
  14. Kak, kok kaya Siti Nurhaliza siih...?
    ^^
    Menemani si buah hati makan dengan pilihan pure dari Milna ini udah pilihan paling tepat.
    Apalagi pas bepergian kan yaa...praktis banget.

    ReplyDelete
  15. Praktis nih sekarang ngajarin anak-anak makan buah dan sayur. Praktis juga buat bepergian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mak Irul. Penting ini, sedini mungkin dibiasakan makan buah kayak gini, biar saat toddler atau usia SD, dia terbiasa makan sayur dan buah.

      Delete
  16. Anakku juga pernah makan ini, Mba. Saya suka kemasannya. Membuat anak jadi mau makan buah, krn anakku pikir ini macam minuman kemasan. Jadi seneng2 aja dikasih pure milna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemasannya bikin higenis, praktis. itu yang kusuka :)

      Delete
  17. Aku termasuk Gen Bapur mbak, hehehe..

    Apalagi Milna Nature Delight praktis banget, gendish suka banget kalau makan ini dalam keadaan dingin, dalam sekejap langsung habis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum bisa kasih anakku dalam kondisi dingin nih, pernah ngasih, tapi trus dia kaget gitu ekspresinya, kayak gak suka :)
      akhirnya aku bikin anget lagi deh ... :D

      Delete
  18. enaknyaaa udah ada Milna Nature Delight yg jd bikin praktis kalau mau kasih buah di masa MP ASI. sebelumnya kan kudu cuci, kupas, kukus, penyek2in biar bs dimakan si kecil. sekarang mah langsung hap....yummy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya bener. Jadi inget jaman dulu kakaknya ini si Narend, semua pure aku bikin sendiri di rumah. repotnya minta ampun :)

      Delete
  19. belum nemu nih mba milna nature delight apa akunya ga ngeh yah bulak balik minmarket ga pernah liat jadi pensaran juga pengen cobain ini sapa tahu bisa mengurangi kerempongan emak cem saya nih dengan milna nature delight

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang praktis banget nih...
      Semoga secepatnya bisa ketemu ya mba. Kalo aku gampang nih nemu Milna Nature delight ini, ada di Alfamart, FM atau AEON.

      Delete

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *