My world about breastfeeding and parenting

Wednesday, May 4, 2016

7 Persiapan Menikmati Liburan Nyaman Bersama Keluarga


Tanggal merah itu berarti heaven buat saya. Karena di tanggal itu saya suka memanfaatkan waktu biasanya bepergian singkat bersama keluarga. Tapi saya selalu bermasalah dengan budget. Jadi setiap liburan panjang saya cuma bisa menikmati di Jakarta atau Luar Jakarta aja deh. Pengen sih sekali-kali keluar negeri, tapi lupa terus mah nabungnya :(

Sebelum berangkat, ada beberapa hal yang harus saya lakukan sehari sebelumnya. Makanya sehari sebelumnya saya gak berani keluar rumah menghadiri event ataupun cuma menghadiri meeting. Karena H-1 bagi saya itu hari yang sibuk bangeeet.

Nah, yang saya lakukan itu :

1. Beli makanan dan minuman
Saya itu tipe yang selalu penuh perencanaan. Bukan tipe yang nanti kalau haus atau lapar ya tinggal beli aja di jalan, selesai kan? Gak, tapi saya selalu persiapan makanan atau minuman di mobil sebelum keberangkatan. Bahkan makanan dan minuman aja bisa melebihi kapasitas baju :)
Tapi saya gak membawa yang berlebihan. Saya cek dulu saya akan berapa hari di kota tujuan. Berapa lama perjalanannya. Karena snack yang akan saya bawa hanya menemani perjalanan saya pergi dan pulang saja. 

Kenapa saya mau beli di Jakarta saja? Yang pasti pertama lebih murah, karena menurut pengalaman kalau beli makanan onthespot itu harganya lumayan juga. Jadi ada selisih sekitar 2000an. Yah lumayan kan :) 
Trus yang kedua, terkadang produk yang kita mau suka gak ada stocknya di minimarket yang kita tuju.

Makanan yang pasti saya bawa untuk menahan lapar di jalan, pertama saya akan bawa roti. Roti wajib dibeli sehari sebelumnya supaya fresh. Lalu yang kedua adalah kripik (makanan asin / gurih). Makanan asin itu ngaruh banget untuk mood di perjalanan. 

Minuman yang saya bawa biasanya manis dan tawar. Ada teh dalam kemasan botol, air mineral dan juga kopi.

2. Mengerjakan pendingan rumah serampung mungkin

Mudah-mudahan paham artinya :) maksudnya begini, kalau yang bisa dikerjakan semua, dikerjakan saja. Cuci dan jemur baju sebelum berangkat. Tapi emang ya yang namanya cucian gak akan selesai-selesai. Kadang saya suka gemes aja gitu liatnya. Mau berangkat keluar kota tapi kok cucian ada terus ya? Yaiyalaah, namanya juga kehidupan, ganti baju terus, pasti ada baju kotornyalah :D

3. Jangan lupa membeli cemilan snack kesukaan anak

Terkadang hal ini saya sepelekan. Karena di dalam perjalanan anak pasti ada bosannya. Daripada cranky and mengganggu perjalanan saya, saya berikan snack kesukaannya. Snack kesukaan Narend itu adalah SMAX yang dari tepung beras itu. Plus wafer-wafer atau biskuit. Emang gak disarankan sih. Tapi demi keberlangsungan perjalanan yang nyaman, sesekali bolehlah mommies :) 
Lebih baik makan makanan kesukaan daripada dikasih gadget dengan Youtube. Itu sih prinsip saya :)

4. Cek hotel murah

Terkadang H-1 harganya suka gak masuk akal semua ya. Untuk ngakalinnya saya selalu menggunakan aplikasi Hotel Quickly. Yup, ini cuma bisa diakses lewat hape aja. Yang saya gunakan Android jadi saya selalu searching menggunakan Smartphone saya ini.

Kalau long wiken Bandung dan Jogjakarta adalah destinasi paling favorit. Terkadang kalau harga Bandung gak make sense, saya suka mencari hotel yang di dalam kota aja seperti Serpong, Bekasi, BSD atau bahkan di Jakarta sendiri.

Jadi liburan saya gak melulu soal keluar kota. Justru terkadang suka saya manfaatkan mencari penginapan yang belum pernah saya singgahi di area Jakarta. 

Ohya, kalau ada yang mau install juga bisa pakai kodeku 'CADENAN'. Nanti mommies akan mendapatkan saldo 130K langsung yang bisa digunakan untuk potongan menginap lho :) 

Aku udah berkali-kali pakai dan sangat memuaskan :)

5. Cek tempat wisata sekitar hotel

Udah dapat penginapan terus ngapain? Biasanya saya suka cek maps, tempat wisata apa aja yang di sekitar tempat penginapan saya. Entah itu mau mall, playground, cafe atau apa aja. Trus cek juga berapa lama saya mencapai kesana?

Seperti misalnya saya menginap di Hotel Padjajaran Bogor. Tempat wisata terdekat adalah The Jungle. Nah saya cek dulu berapa km dan berapa lama dari hotel menuju The Jungle. Itu perlu diperhatikan.

6. Pergi ke Mall

Hotel semua mahal-mahal dan gak masuk akal? Kadang kalau saya suka memanfaatkan pergi ke mall aja. Biarin aja orang mau bilang apa "Ih liburannya ke mall mulu". Lha wong semua mall aja belum tentu sudah saya singgahi toh?
Contohnya di daerah Pluit ada Baywalk Pluit. Trus juga ada IKEA dan AEON Mall. Secara lokasi itu ujung ke ujung dari Bekasi. Tapi buat saya itu juga hiburan. 

Sehari sebelumnya saya sudah kepo-in tempat wisata yang akan saya datangi besok. Mulai dari event apa sampai ada promo atau gak disana :)

7. Bawa uang cash

Persiapkan sehari sebelumnya untuk mengambil uang cash. Saya jarang mengandalkan kartu ATM. Paling kartu kredit suami aja untuk pembayaran hotel atau pembelian barang yang harganya jutaan. Selebihnya kalau ada transaksi dibawah 500ribu saya selalu menyiapkan uang cash. Karena sudah pasti ATM itu dimana-mana judulnya ngantri. Jadi lebih baik membawa uang cash secukupnya.

Whoaaah .. itu aja sih yang bisa aku share mommies, 7 persiapan yang sering aku lakukan saat aku ingin bepergian bersama suami and Narend. Semoga bermanfaat ya.

Dan selamat menikmati liburan! :)



5 comments:

  1. Akupun juga biasanya beli banyak bekel dulu mak sebelum masuk ke tempat wisata. Dan ngambil uang tunai tuh emang penting banget juga ya, soalnya kaya aku kemarin nih mau beli minum di Ragunan tapi lupa bawa uang cash. Atau mau beli makanan di Ocean Dream Smaudra Ancol, ternyata ATMnya jauh depan atlantis. Uhuhuhuhuhuu

    ReplyDelete
  2. Kalo aku kadang banyakan peralatannya arman dibandingin aku. Cemilan sih diutamain si arman, soalnya kalo bapak ibunya jg, mayan juga jumlahnya.
    Cemilannya si arman doyannya honeystar dan kokocrunch plus susu ultra. Kalo ud ada 3 itu, amannnn. Hahahaha

    ReplyDelete
  3. No. 7 itu penting bangeeet hahaha soalnya pernah ke pulau menjangan dan ga bawa duit cash sama sekali ...

    ReplyDelete
  4. saya juga suka bawa bekal yang banyak mbak buat diperjalanan,
    baik bekal bikin sendiri maupun yang beli di minimarket
    memang sih anak2 jadi anteng krn nyamil di sepanjang perjalanan
    cuman repotnya....hrs sering nyari pom bensin krn gantian yg pengen pipis atau lainnya hehehehe

    ReplyDelete
  5. Tips-tipsnya oke banget, Mbak. Termasuk sedia uang cash itu. Pernah keluarga saya liburan dan lupa bawa uang cash, waktu mau ngambil ke atm ternyata atmnya expired. Heuheu...

    ReplyDelete

Bookmark Us

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

The Urban Mama

Mau email update seputar MPASI ?

Artikel yang banyak dibaca Bunda

Nyari Seputar apa Bunda ?

Menu Utama

Copyright © Mommy's World | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com