Mommy's World

My world about breastfeeding and parenting

Pentingnya MPASI untuk Mencegah Defisiensi Besi dan Stunting Pada Anak (Balita)



Hi moms! Di artikel saya kali ini masih membahas seputar MPASI, karena memang sesuai dengan kondisi anak saya yang saat ini masih masuk MPASI. Jadi apapun sebisa mungkin, apa yang bisa saya share, akan saya saya share ya moms.  

Tanggal 13 Maret 2020 lalu saya berkesempatan untuk ikutan kulwap Orami Parenting yang membahas seputar MPASI. Wah pas banget deh nih dengan kondisi anak saya yang saat ini bener-bener butuh masukkan banget dari ahlinya.

Nara sumbernya adalah dr. Citra Amelinda Sp. A, M. Kes, IBCLC.  Beliau adalah dokter spesialis anak yang mendalami laktasi dan tumbuh kembang, penulis artikel medis di alomedika dan blog pribadi di www.citraamelinda.com. Instagram citra_amelinda.



Nice to meet you!

Owner @AuraBatik | Mompreneur - Vlogger - Blogger - Loves Cooking & WomenPreneurCommunity | Coffee Addict | caroline.adenan@gmail.com
Oline

What Read Next

5 Pilihan Makanan Untuk Penambah Berat Badan Anak



Hi moms! Kali ini saya mau curhat nih seputar berat badan anak. 

Siapa yang disini punya masalah dengan berat badan anak, yang anaknya susah banget naiknya? Iya, berat badan anaknya, bukan emaknya loh ya! 😁 Mari berpelukan dulu moms! 🤗

Emang tuh ya, urusan berat badan anak jadi problem semua ibu-ibu, karena kalau sudah masuk waktu makan, berat badannya irit banget naiknya. Karena sudah mulai ada yang picky eater juga, dan ada juga yang memang gen dari orangtuanya juga memang seperti itu. Seiring banyaknya aktivitasnya, sudah banyak bergerak atau berlari.

Sejak Rissa baru lahir sampai dengan usia 7 bulan, berat badannya masih tergolong normal dan mungkin masih diatas angka normal. Makanya saya sih gak terlalu khawatir soal berat badannya, karena masih tergolong normal.

Seiring bertambahnya usia, berat badannyapun jadi menurun, apalagi sejak ia mengenal MPASI, wah berat badannya benar-benar stuck mom 😢 saya hampir pusing mikir putar otak, gimana caranya booster berat badan. Sementara bayi seusianya aja (usia 5 bulan misalnya) berat badannya bisa mencapai 7 kg. Sedangkan Rissa? Usia 11 bulan baru 7 kg 😭

5 Tips Mengatur Stamina Mama Saat Anak Libur Sekolah Karena Virus Corona Selama 2 Minggu Supaya Tidak Kelelahan



Halo Moms! Sehubungan dengan merebaknya wabah kasus Corona, per tanggal 16 Maret 2020 ini pemerintah menetapkan kebijakan bahwa semua orang disarankan untuk melakukan social distancing (menjauhkan diri dari keramaian) dan bagi perusahaan atau kantor bisa memberikan hak untuk bisa karyawannya kerja dari rumah, work from home (WFH). Imbasnya gak hanya buat pekerja kantoran aja, tapi juga buat dunia pendidikan juga, sekolah diliburkan selama 2 minggu alais 14 hari, wakwaww! 😁 saya terima infonya by whatsapp group sekolah per tanggal 15 Maret 2020 kemarin. Kenapa harus 14 hari? Karena masa inkubasi virus Corona adalah 14 hari.

Lebih tepatnya belajar di rumah ya moms, bukan full libur 😊🏋️

Kenapa dan Kapan Seorang Ibu Butuh Me Time?



"Ih gimana sih, anaknya dititipin ke pembantu, ini malah enak-enakan ke bioskop sih?"
"Masa suruh mertua yang ngurusin anaknya sih, dia malah enak-enakan hangout arisan, ibu macam apa sih itu?"
"Ya ampun, sempet-sempetnya nonton, itu anaknya dititipin orangtua ya? Enak banget itu!"

Pernah denger komentar miring kek gitu gak sih? Dengernya ngajak gelut gak sih? 😀 Pasti pernah dong yaaa. Pengen rasanya napas sebentaaar aja, minimal entah sekedar ngelempengin kaki, atau mandi dengan kondisi pintu kamar mandi tertutup dan dengan leluasa, atau makan gak sisaan anak. Lha kok sisaan? Emang iya kan kenyataannya, biasanya mendahulukan kepentingan anak diatas kepentingan segalanya. Giliran kita bisa napas and melakukan hal apa yang kita suka sebentaaaaaar aja, dibilangnya kita enak-enakan tanpa mikirin anak?

Heloow, ibu juga manusia kalik! 😒

7 Makanan Pendamping ASI Terbaik Untuk Bayi Usia 6 Bulan Ke atas ala Mommy Oline



Di awal kehidupan sejak bayi dilahirkan, bayi disarankan hanya mengkonsumsi ASI saja. Tetapi jika bayi sudah berusia 6 bulan keatas, ASI saja sudah tidak cukup, harus perlu makanan tambahan untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Karena di usia 6 bulan, bayi sudah memiliki sistem pencernaan yang terbentuk sempurna. 

Pada saat pemberian makanan pendamping ASI (MPASI), tidak hanya memperhatikan dari kuantitas saja, tapi juga fruekuensi dan juga variasi. Bila makanan yang itu-itu saja setiap harinya, dikhawatirkan bayi jadi tidak familiar dengan rasa lainnya. Tapi kalau homemade alias membuat MPASI sendiri juga tidak menjamin anak juga akan lahap makannya. Karena saya pernah mengalami sendiri, untuk awal MPASI (pertama), saya berikan homemade, namanya juga baru belajar, belajar membuat racikan menu MPASI sendiri. Alhasil rasanya gak ada sama sekali, hambar, eh malah dimuntahin. Jadi seandainya ada mama-mama yang memang gak bisa membuat menu MPASI, atau memang gak sempat, gak ada salahnya kok moms memberikan bayi kita MPASI Siap Saji, yang dijual di beberapa supermarket atau minimarket itu. Karena kan pada prinsipnya, yang penting anak mau makan dan gizinya tercukupi. Itu aja kan intinya? 😊

Prenagen UHT Almond Soya, Snack Alternatif Untuk Ibu Menyusui



Hi moms! Sering mendengar gak sih ada teori yang bilang kalau ibu menyusui itu porsi makannya itu 2x lipat lebih banyak dari ibu-ibu normal biasanya? Pasti sering ya 😁 Karena ternyata setelah saya mengalami sendiri, itu bukan quotes atau teori hoax semata lho, itu beneran! Alhamdulillah sampai saat ini saya masih menyusui. Anak saya, Rissa saat ini usianya sudah memasuki 9 bulan, sebentar lagi akan memasuki usia 10 bulan. Kalau ditanya, masih sering merasa lapar atau gak? Hohoo, masih, jangan ditanya. Tapi mungkin tingkat laparnya berbeda ketimbang dulu waktu Rissa masih ASI Exclusive. Porsi makan saya benar-benar menggila, saya sungguh-sungguh butuh yang namanya asupan karbohidrat. Kalau sekarang, saya lebih sering makan cemilan, seperti roti, puding, buah, jus, crackers, dan sebagainya. 

7 Hal Yang Sering Dilupakan Dalam Memberikan ASI Eksklusif




Saat Narend memasuki usia 4 tahun, saya dan suami berdiskusi, "Mungkin ini saatnya kita merencanakan punya adiknya Narend, usia kita kan sudah gak muda lagi, kalau ditunda lagi nanti jaraknya kejauhan. Aku kangen hamil lagi, aku kangen masa-masa menyusui lagi." "Oke kalau gitu, kata suami saya." Dan satu pertanyaan pamungkas dari saya, "Siap gak kamu repot lagi? Repot ganti popok, begadang tengah malam, kurang tidur, hectic bagi waktunya, dsb." "Insyallah siap." Katanya begitu.

Kenali Tanda-tanda Bayi Rewel (Menangis)



Halo moms. Pernah gak sih moms ngalamin stres saat bayi sudah disusui, payudara kiri dan kanan stock ASI-nya juga sudah habis, bahkan sudah 2x LDR, tapi si kecil rewelnya tak kunjung reda? Sudah digendong-gendong, tapi masih tetap menangis juga?  Dont worry moms, you're not alone. Semua mommies pasti pernah mengalami itu, apalagi untuk ibu baru. Yahh, namanya juga bayi ya moms, apapun yang dia rasakan 'gak nyaman', komunikasinya ya cuma bisa menangis. Karena bayi belum bisa bicara kan? 😉

Contact Form

Name

Email *

Message *

Artikel yang banyak dibaca Bunda

Milna Toddler Biskuit, Cemilan Sehat sebagai Penambah Nafsu Makan Balita
Sekarang Narend sudah berusia 14 bulan. Sudah hampir berusia 1,5 tahun nih. Bener-bener gak terasa…
Menu MPASI 9 Bulan : Bubur Nasi Tim (Brokoli)
Narend sekarang udah memasuki MPASI bulan ke-9. Untuk menu-menu MPASI saya khusus membeli resep MP…
Sarapan dan Cemilan Sehat dengan Nestle Koko Krunch Sereal Bar Coklat
Mommies, ada yang mengalami masalah yang serupa gak sih, kalau anak susah makan? Duh, kayaknya ham…
Pertama Kalinya Narend Mencoba Gula dan Garam
Yeaay.... Pee hari ini Narend pertama kalinya saya berikan tambahan gula dan garam di makanannya. …