My world about breastfeeding and parenting

Friday, August 10, 2018

SGM EKSPLOR DENGAN COMPLINUTRI BERIKAN BEASISWA PENDIDIKAN SEBESAR 1 MILYAR


Hello moms. Kembali lagi dengan artikel terbaru dari saya. Kali ini saya mau bahas tentang Hari Anak Nasional 2018 yang kemarin baru saja kita rayakan tanggal 23 Juli 2018 lalu. 

Saya yakin semua orang tua pasti akan memberikan hal yang terbaik untuk anak-anaknya. Baik dari segi makanan, kesehatan, sampai pendidikan. Sama seperti halnya Susu SGM Eksplor yang akan memberikan beasiswa kepada anak generasi maju yang berprestasi sebesar 1 milyar, WOW! Gimana caranya? Saya ceritakan lengkapnya di bawah ya 😊

Jadi pada tanggal 28 Juli 2018 lalu, dalam suasana Hari Anak Nasuinal 2018, SGM Eksplor menggelar Grand Final Festival Sahabat Generasi Maju dan meluncurkan SGM Eksplor dengan Complinutri sebagai wujud komitmen untuk mendukung anak Indonesia menjadi Anak Generasi Maju di Summarecon Mal Bekasi. Karena lokasinya tidak jauh dari rumah, saya rencanakan datang, kebetulan Narendpun memang susunya juga SGM Eksplor dan daddynya juga mau menemani family time disini 😊

Disini acaranya ada live performance anak-anak dari beberapa sekolah. Mereka perform dari hari Jumat 27 Juli sampai dengan hari Minggu, 29 Juli 2018. Mereka memperlihatkan bakat-bakat mereka, seperti bernyanyi, bermain musik, mendongeng, dan sebagainya. Lucu-lucu deh. Sayapun terharu melihatnya. Karena saya benar-benar membayangkan seandainya Narend diposisi itu, diatas panggung 😉

Seperti ini contohnya, anak ini pintar bernyanyi sambil bermain angklung 😉👍


Nah, selanjutnya setelah melihat performance dari anak-anak hebat, siangnya dilanjutkan dengan acara talkshow. Nara sumbernya ada mba Astrid Prasetyo selaku Marketing Manager SGM Eksplor. Lalu ada mba Anna Surti Ariani., M.SI, Psi atau yang akrab dipanggil mba Nina selaku psikolog Anak dan Keluarga, Alyssa Soebandono, selebriti dan ibu dengan dua orang anak, juga ada dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, SpGK, selaku dokter Gizi Klinis.

Mba Astrid mengatakan bahwa acara hari ini, 5 Potensi Prestasi Anak Indonesia sangat tepat dirayakan bersamaan dengan Hari Anak Nasional 2018 supaya bisa menjadi Anak Generasi Maju. Pada Grand Final Festival Sahabat Generasi Maju, SGM Eksplor akan memberikan beasiswa pendidikan senilai 1 MIlyar untuk 25 pemenang, sekaligus memperkenalkan inovasi lengkap SGM Eksplor dengan Complinutri untuk mendukung asupan nutrisi anak kita.

Sebelumnya SGM Eksplor telah mengadakan kuis di social media (Facebook), yaitu mengajak para para orangtua untuk menunjukkan dan menceritakan potensi prestasi anak kita, yang berlangsung tanggal 19 April - 8 Juli 2018. Setelah melaksanakan kegiatan edukasi dan stimulasi 5 potensi prestasi yaitu di Jogjakarta, Surabaya, Medan dan Bandung, nantinya akan dipilih 25 pemenang yang mendapatkan beasiswa total 1 Milyar rupiah. Selain itu SGM Eksplor juga bekerja sama dengan 100 PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia untuk memberikan edukasi seputar nutrisi.

SGM Eksplor kini hadir dengan Complinutri untuk melengkapi kebutuhan gizi anak kita di setiap tahapan tumbuh kembangnya dan memberikan dukungan komplit supaya anak kita mampu memaksimalkan 5 potensi prestasi dan bisa menjadi bagian dari Generasi Maju.

Di tahun 2018 ini SGM Eksplor dalam hal edukasi nutrisi akan terus dilakukan dalam skala yang lebih besar, bisa dilihat melalui kegiatan mini Mobi dan aktivasi digital. Di tahun 201 ini, aktivitas Mobi akan berkeliling ke 8000 area di Indonesia dan melakukan edukasi nutrisi dan stimulasi bagi anak-anak melalui berbagai permainan edukatif. Edukasi nutrisi juga dilakukan melalui Fanpage Aku Anak SGM. Tujuannya adalah supaya makin banyak menjangkau orangtua di Indonesia.

Di Fanpage Aku Anak SGM, ada update tentang tips tumbuh kembang anak, live shat dengan para dokter dan ahlinya, serta para orangtua juga bisa bertanya langsung dari ahlinya sehingga bisa mendukung Ibu untuk mewujudkan 5 Potensi Prestasi Anak Generasi MAju yang cerdas, kreatif, tumbuh tinbbi dan kuat, supel, mandiri dan juga percaya diri.

Segala kegiatan SGM Eksplor, mommies bisa lihat di website www.generasimaju.co.id.

Astrid Prasetyo, Marketing Manager SGM Eksplor

Mba Nina di talkshow kali ini bukan hanya pengisi materi talkshow, tapi juga mba Nina seorang juri disini lho 😀

Menurut Mba Nina, ada 5 aspek penting yang harus diperhatikan dalam tumbuh kembangnya.

1. Fisik
2. Kognitif
3. Bahasa
4. Emosi
5. Sosial



Lalu menurut mba Nina, Anak Generasi Maju adalah anak yang :

1. Tumbuh tinggi dan kuat
Yaitu tumbuh kembang sesuai dengan tahapan usianya. Misalnya di usia 1-3 tahun bisa mengenalkan makanan keluarga. Bisa memberikan stimulasi motorik. Kalau usia 3-5 tahun bisa memberikan stimulasi motorik halus dan juga kasar.

2. Percaya diri
Caranya bisa dengan menumbuhkan attachment, bunda sensitif dan responsif. Kita bisa atur ruangan supaya ramah anak. Kita bisa memberikan kesempatan yang luas, seperti membiarkan anak kita ikut berbagai lomba misalnya. Lalu berikan juga kesempatan anak kita untuk mencoba hal-hal baru, jika dia sudah berhasil, berikan pujian.

3. Cerdas kreatif
Cepat menangkap dan mengerti serta punya banyak ide. Caranya adalah, kita bisa memberikan kesempatan mengenalkan hal-hal baru padanya. Kita bisa ajak berkreasi. Ajak anak bercakap-cakap dengan kalimat singkat tapi lengkap. Lalu munculkan rasa ingin tahunya. Dan kita harus selalu siap atas semua pertanyaan anak kita. Sama seperti Narend yang sudah bertanya untuk hal-hal kecil, kenapa, apa dan siapa. Jadi ya saya sebagai orangtuanya harus siap dengan segala pertanyaannya 😉

4. Mandiri
Mengandalkan diri sendiri. Bukan hanya sekedar berani perform di depan panggung atau di hadapan orang banyak, tapi juga dia yakin atas kemampuannya sendiri.
Caranya, kita bisa menebak dan meladeni kebutuhan anak dengan benar (sensitif dan responsif). Kita bisa mencoba memberikan kesempatan melayani dirinya sendiri seperti makan, minum, dsb. Kita bisa beri kesempatan anak kita untuk eskplor lingkungannya. Beri kesempatan belajar merawat diri sendiri (mandi, bersihkan diri,

5. Supel
Bisa berteman dan bekerja sama, berbagi, dan banyak keterampilan sosial lain.
Caranya, kita sebagai orangtua harus sering-sering saling bertatapan mata, sering mengajak bermain bersama, menenangkan ketika takut terhadap oranglain, mengajak mengobrol, dan memberi kesempatan bermain dengan teman sebayanya.

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya sukses, bener kan? Malahan ada yang beranggapan kalau bisa anaknya lebih sukses daripada dirinya. Tapi sebenarnya apa sih definisi sukses menurut mba Nina? Ini dia :

1. Tubuh sehat
2. Prestasi baik
3. Kepribadian baik
4. Berhubungan baik dengan oranglain
5. Sejahtera dan bahagia
6. Nasib lebih baik daripada orangtua

Mungkin diantara 6 hal diatas, pasti diantaranya ada yang menjadi kriteria kamu kan moms? 😊

Selanjutnya sharing dari dr. Nurul, beliau menjelaskan tentang pentingnya nutrisi bagi anak yang berusia 1 tahun. Selain harus memperhatikan asupan zat gizi yang dibutuhkan anak kita dalam jumlah besar (makronutrien) seperti karbohidrat, protein atau lemak, kita juga harus memperhatikan mikronutriennya seperti berbagai jenis vitamin, mineral serat dan probiotik.


Kenapa karbohidrat tetap diperlukan? Selain sebagai makanan utama, badan tidak cepat lemas, dan otak juga bisa berpikir.

Sumber protein seperti kacang-kacangan, tahu, tempe, ayam, dsb diperlukan untuk tubuh tumbuh tinggi, kuat, tidak gampang sakit. Karena fungsi protein adalah menggantikan sel tubuh yang rusak.

Supaya anak dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas dan kreatif dibutuhkan Omega 3, Omega 6, dan juga zat besi. Selain itu fosfor, seng, yodium, kalsium dan vitamin D. Pencapaian imunitas optimal dapat didukung dengan asupan vitamin A, C dan E, serta Seng dan zat besi. Supaya pencernaannya tetap sehat, anak juga membutuhkan prebiotik dan probiotik.


Selanjutnya ada Alyssa Soebandono atau yang akrab dipanggil dengan Icha. Istri dari pesinetron Dude Herlino ini juga walaupun kesibukannya di dunia entertainment, dua-duanya adalah artis, tapi Icha sebagai ibu memperhatikan tumbuh kembang anaknya secara optimal adalah prioritas untuknya. Beraktivitaspun tidak pernah berlama-lama diluar rumah. Jika ada kesempatan pulang dari aktivitas shootingnya, Icha memaksimalkan untuk pulang ke rumah dulu, baru berangkat lagi. Sebisa mungkin bonding bersama anak tidak pernah putus.

Icha selalu tidak pernah absen untuk memperhatikan asupan nutrisi kedua anak-anaknya melalui gizi seimbang, dilengkapi minum air putih yang cukup dan aktivitas yang cukup supaya anak-anaknya tumbuh menjadi anak generasi maju dan memiliki masa depan yang lebih baik.



0 comments:

Post a Comment

Bookmark Us

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

The Urban Mama

Mau email update seputar MPASI ?

Artikel yang banyak dibaca Bunda

Menu Utama

Copyright © Mommy's World | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com