My world about breastfeeding and parenting

Thursday, June 22, 2017

Pentingnya Playdate Mempengaruhi Karakter Anak


Mommies, anak-anak memang tidak lepas dari kebiasaan bermain ya. Walaupun anak kita harus belajar, suasananya pun harus dikondisikan dalam suasana bermain. Karena bermain memang punya sejuta manfaat untuk anak-anak. Karena bermain gak cuma bikin mereka senang saja, tapi juga melatih kepribadian dan berperilaku. Salah satunya adalah darmawisata ke Taman Mekarsari.


Bulan lalu di sekolahnya Narend ada program edukasi yaitu darmawisata ke Taman Mekarsari, sambil belajar mengenal alam, sekaligus wisuda untuk kelas B yang akan memasuki sekolah TK. Waktu saya mendengar di sekolah ada aktivitas darmawisata, langsung aja deh saya mengiyakan untuk ikut. Selain memang karena wajib (program sekolah), saya juga ingin Narend bisa belajar bersosialisasi dengan teman-temannya di alam terbuka. Biasanya sih saya mengajaknya bermain di mall atau di rumah, nah kali ini adalah pertama kalinya Narend ikutan bermain bersama teman-temannya di alam terbuka.

Outbound yang diikuti Narend kali ini adalah semuanya berkaitan dengan koordinasi otak motorik kasar dan motorik halusnya. Kegiatannya sih macam-macam, mulai dari melukis topi caping Pak Tani, belajar menari, memandikan kerbau, sampai menanam padi. Bagaimana ia bisa belajar berkoordinasi antar otak kiri dan otak kanan.




Tapi ya namanya anak-anak tetap anak-anak. Kegiatannya itu semua diwarnai dengan bermain. Jadi judulnya bermain sambil belajar. Jujur aja sih saya seneng banget saya Narend bisa ikutan acara dari sekolah ini. Capek sih iya, tapi ternyata banyak yang saya pelajari saat outbound itu. Narendpun senang saat disana, wah malahan gak mau pulang :) Tadinya saya pikir toh Narend kan sudah saya sekolahkan di play group, buat apalagi kegatan outbound seperti ini? Wah, ternyata manfaatnya banyak lho moms!

Mommies, playdate ternyata penting banget untuk perkembangan anak terutama sosisalisasi apalagi untuk anak seusia Narend (3 tahun). Playdate ini juga bisa mengajarkan anak untuk bisa bersosialisasi dengan mengenal lingkungan sekitarnya.

Sayapun sebagai orangtua yang tipe open minded, sebisa mungkin saya selalu bisa mengajaknya untuk sering bermain dengan anak-anak sebayanya. Entah kenal atau tidak, yang penting Narend bisa bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Karena so far menurut teori yang saya baca, untuk anak-anak yang memang tertutup tidak mudah dekat dengan oranglain, gak dibiasakan keluar, jadi bisa sulit, bahkan ketemu orang barupun jadi sulit beradaptasi.

Nah, untungnya darmawisata ini para orangtua diwajibkan ikut. Sebenarnya saat acara darmawisata sekolah itu saya ada acara, tapi saya pikir, ini adalah momen terpenting untuk Narend yang gak boleh saya lewatkan.

Contohnya seperti weekend kemarin, saya dan suami mencoba untuk quality time bersama Narend. Gak jauh-jauh sih, cuma di sekitar rumah kami. Kami mengajaknya bermain sepeda. Selain aktivitas ini bisa mengajarkan ia bermain sepeda, selain itu juga quality time nya juga dapat. Cukup 30 menit saja saat itu, dan itu sudah membuat Narend happy! :)



Setelah selesai bermain sepeda, kami lanjutkan dengan bermain di playground. Cukup 30 menit saja.


Main di playground adalah aktivitas paling disukai oleh Narend. Walaupun teman-teman sebayanya tidak dikenali, tapi ia bisa bersosialisasi dengan teman-temannya disana.

Narend sih belum lepas dari pospak (popok sekali buang). Tapi guna belajar toilet training, saya selalu memakaikan cloth diaper saat pagi hari. Nah, kalau sedang bermain diluar rumah, saya selalu pakaikan popok sekali buang ini. Salah satu popok andalan saya selama ini adalah Popok Pampers Premium Care Pants



Suka banget saya dengan Popok Pampers Premium Care Pants ini, bahkan sejak bayi saya selalu memakaikan popok Pampers Premium Care Pants ini. Karena :

1. Permukaan yang lembut

Lembut di bagian pinggang dan fleksibel, membuat popok ini sangat nyaman saat bermain terutama untuk anak yang aktif (seperti Narend). Mau loncat-loncatan kayak apa popoknya tetap steady. Happy kan? :)

2. Kulit bernafas bebas

Walaupun dipakai berjam-jam, kulit anak kita tetap bisa bernafas moms, karena Popok Pampers menggunakan material dengan pori-pori mikro untuk sirkulasi udara.

3. Pas di badan

Pampers Premium Pants ini entah kenapa jadi fit gitu di badan Narend. Tentunya saya memilihkan ukuran yang pas dengan badannya. Jadi popoknya mengikuti gerakan Narend untuk bebas bergerak. 

4. Daya tampung yang banyak dan tidak bocor

Walaupun dipakai lebih dari 4 jam dan Narend sedang banyak minum, popoknya walaupun sudah berat, dan saatnya ganti, dia gak bocor loh moms. Happy banget deh pakai popok ini. 

Bagi saya popok dengan kenyamanan itu nomor satu. Dulu sih sebagai ibu baru saya selalu mengedepankan cari popok yang paling murah. Tapi seiring perkembangan waktu dan bertambahnya usia Narend, saya semakin sadar bahwa kenyamanan itu nomor satu, bukan harga. Karena saya menyenangi anak yang aktif bergerak, karena anak yang aktif adalah pertanda bahwa anak kita sehat dan cerdas. Itu prinsip saya :)

Nah mommies, sebisa mungkin sesibuk apapun kita bekerja, paling tidak punya waktu 10-15 menit dalam sehari untuk menemani anak kita bermain. Karena apa yang kita lakukan bisa mempengaruhi masa depan karakter anak kita. Paling tidak, luangkan waktu 1 hari saja saat weekend bersama buah hati kita tercinta.



0 comments:

Post a Comment

Bookmark Us

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

The Urban Mama

Mau email update seputar MPASI ?

Artikel yang banyak dibaca Bunda

Nyari Seputar apa Bunda ?

Menu Utama

Copyright © Mommy's World | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com