My world about breastfeeding and parenting

Wednesday, June 13, 2018

RAIH IMPIAN ANAK KITA MELALUI SENTUHAN CINTA JOHNSON'S


Hello moms, apa kabarnya? Semoga selalu sehat wal afiat ya. 

Kali ini saya mau update blog lagi nih, masih seputar tentang Pijat Bayi. Kebetulan di pertengah bulan puasa Juni 2018 lalu, saya mendapatkan undangan gathering dari Johnson's dan Komunitas The Urban Mama yang topiknya tentang manfaat Pijat Bayi untuk tumbuh kembang anak kita. Overall dari audience yang hadir di acara ini adalah mama-mama yang sedang mengandung, ataupun punya anak bayi. Lha trus kenapa saya datang? Eits mom, pijat bayi itu gak hanya berguna untuk bayi saja, tapi juga berguna untuk balita lho, apalagi sekarang Narend masuk tahap grow spurth.


Percaya gak sih moms, nanti di tahun 2020 - 2030 usia mommy produktif akan semakin bertambah? Kalau menurut survey bisa mencapai 70% dari jumlah populasi. Itu artinya nantinya akan semakin banyak bayi yang produktif. Ini menjadi tanggung jawab kita sebagai orangtua untuk menjaga kesejahteraan bayi.

Nara sumber yang dihadirkan disini tentu saja ada dari pihak Johnson's selaku sponsored, dan juga ada dokter anak.

Oke, saya mulai sharing yang pertama dari Dr. Matahari. Beliau adalah Dokter Spesialias Anak yang praktek di RS Islam Jakarta Cempaka Putih. 


Beliau menjelaskan ada 3 kebutuhan terbaik untuk anak kita, yaitu fisik (nutrisi, higenis, dsb), mental (emosional), dan spiritual (agama dan etik). Dan pijat bayi adalah termasuk dalam kebutuhan fisik yang bisa dilakukan melalui stimulasi semua sensori (panca indera) dan bisa dilakukan setiap saat. 

Beruntung saya menjadi mom's work stay at home (alias mommy yang memilih bekerja dari rumah, bukan mommy yang hanya berdiam diri  sajadi rumah), karena dengan aktivitas saya ini memugkinkan mengatur kapan saya harus family time dengan Narend, kapan saya harus bekerja. Sesempitnya waktu saya bekerja, saya tidak pernah melewatkan moment mandi bersama dengan Narend. Karena menurut Dr. Matahari melalui mandi bersama ini bisa mengurangi stress bayi, menambah berat badan bayi, dan memperbaiki kuantitas dan juga kualitas tidur. Makanya kalau udah saatnya mandi, saya harus menutup pekerjaan saya, dan bener-bener full time dengan Narend. Karena Narend mandi itu gak mungkin bisa hanya 10 menit saja, tapi bisa 20 menit atau bahkan pernah sampai 30 menit. Lho ngapain? Ya main air, nyanyi bareng, main bebek bareng dan sebagainya. 

Apa saja saya manfaatkan waktu untuk full me time dengan Narend.

Tapi pernah denger gak quotes orangtua jaman dulu, yang katanya kalau mandi kelamaan bisa bikin kulit kita keriput dan lama datangnya jodoh? Hmm yaa, kalau kulit keriput saya percaya sih, mandinya kan gak lama-lama banget yaaa gak sampai berjam-jam, tapi kalau soal jodoh kayalnya kejauhan ya 😁 lagipula kalau mandiin anak dengan terburu-buru saya ngerasaain banget Narendnya jadi gak enjoy. Apalagi kalau pas saat bangun tidur sore, diajak mandi susahnya minta ampun 😣 Nah, dengan main saat mandi inilah bikin Narend bisa cepet tune in lagi dan back to normal.

Yang kedua adalah Pijat Bayi. Beliau menjelaskan manfaat pijat bayi adalah bisa meningkatkan kontak fisik pertama bayi dengan ibunya. Dengan demikian bisa membantu merangsang stimulasi sensorik pada bayi yang merupakan kunci pertumbuhan, komunikasi dan pembelajaran. 

Sentuhan sederhana penuh cinta meliputi mandi dan ritual pijat bisa membangun bonding antara ibu dan bayi.  Kegiatan penuh cinta ini bisa memicu stimulasi multisensorik yang membantu perkembangan psikologis dan emosional bayi serta melancarkan sirkulasi darah dan menguatkan sistem imunitas tubuh bayi.

Dari sejak bayi dilahirkan, stimulasi semua panca indera memang sangat diperlukan. Saat indera penglihatan bayi sudah berkembang, ia akan belajar mengenai koordinasi mata-tangan termasuk memegang objek. 

Pembicara kedua adalah mba Auline. Dia menjelaskan bagaimana sih memilih personal care for baby? Sebelum saya jelaskan, saya mau cerita waktu saya memilih personal care untuk Narend. Namanya baru lahiran saya sih terima aja apa yang diberikan dari pihak rumah sakit 😁 Karena gak ngerti apa aja kriterianya.

Nah, ternyata ini lho cara memilih personal care untuk anak kita :
1. PH balance sekitar 4-5.
2. Tidak pedih di mata
3. Tidak menyebabkan alergi dan iritasi.

Salah satu produk yang 'aman' dan memenuhi syarat dari ketiga diatas adalab Johnson's. Johnson's adalah salah satu perusahaa produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak.

Ohya, di akhir sesi, kami semua diajarkan bagaimana pijat bayi sentuhan cinta ala Johnson's.


Dan sayapun ikut praktek pijat bayi 😉





Saat ini Johnson's sedang meluncurkan kampanye "Sentuhan Cinta", yaitu bertujuan mendorong Ibu Indonesia untuk mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Sentuhan cinta bertujuan untuk anak kita bisa tumbuh, berkembang dan menggapai impian mereka.

Tujuan Sentuhan Cinta X Johnson's ini sebenarnya apa sih?

1. Memperkenalkan inisiatif terbaru dari Johnson's Sentuhan Cinta kepada masyarakat luas, terutama kaum ibu di Indonesia.

2. Meningkatkan awareness mengenai pentingnya sentuhan cinta ibu bagi kesehatan dan perkembangan bayi.

3. Mendorong ibu di seluruh Indonesia untuk berpartisipask dalam membantu bayi yang kurang beruntung supaya mereka tetap dapat tumbuh, berkembang dan menggapai impian mereka.

Johnson's dan Kesehatan Ibu Anak

Dalam program ini Johnson's bekerja sama dengan Save The Children di Indonesia, Yayasan Sayangi Tunas Cilik untuk membantu edukasi ritual pijat nayi dan mandi bayi kepada para ibu di Indonesia melalui progran Kesehatan Ibu dan Anak.

Angka kematian bayi relatif tinggi di daerah timur seperti Maluku, Sumba dan Sumatera Utara. 

Bagaimana Jika Kita Mau Berpartisipasi Terhadap Program ini?

Saat ini Johnson's telah bekerjasama dengan Alfamart dan Tokopedia. Jadi moms hanya cukup bertransaksi produk Johnson's Baby senilai minimum 25ribu rupiah, moms secara otomatis menyumbang 500 rupiah  untuk Save the Children dan membantu mereka mendidik ibu lainnya di seluruh Indonesia supaya bayi mereka tumbuh sehat dan kuat.

Buat kamu yang ingi tahu tutorial pijat bayi ala Johnson's bisa tonton video yang satu ini.



Finally, terima kasih buat moms yang sudah membaca artikel ini sampai selesai. Jangan lupa dipraktekkan ya moms, mandi dan ritual pijat bayinya, karena segudang manfaat yang moms terima nantinya. Bukan saat ini, tapi untuk ia dewasa kelak 😁



Sampai rumah, saya langsung praktekkan dengan Narend 😊

Jangan lupa juga ikutan program Sentuhan Cinta-nya juga ya 😊

0 comments:

Post a Comment

Bookmark Us

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

The Urban Mama

Mau email update seputar MPASI ?

Artikel yang banyak dibaca Bunda

Menu Utama

Copyright © Mommy's World | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com