My world about breastfeeding and parenting

Tuesday, August 7, 2018

COLOUR TO LIFE, BANGKITKAN KREATIFITAS DAN IMAJINASI (ANAK)



Faber-Castell Colour to life. Hello moms. Dulu waktu Narend masih usia baby, saya mikirnya, "Wah enak ya kalau anak kita udah gede, udah usia balita, bisa diajak kemana-mana, udah gak pusing lagi soal MPASI, waktu nyusuin, dan sebagainya". Tapi nyatanya setelah Narend masuk usia balita seperti sekarang, kenyatannya malah berbeda moms, terbalik 180 derajat 😀 Menurut saya malah lebih enakan waktu usia bayi. Kenapa? Kalau masih baby, Narend akan ikut kegiatan kami apapun itu dan Narend tidak akan menola, tapi sekarang karena Narend sudah masuk usia pra-sekolah kegiatan yang kami lakukan tidak bisa semudah mengajak Narend, tapi terkadang destinasi yang kami pilih tidak sesuai dengan keinginan Narend, jadi sebelum menentukan tujuan mau kemana, kami biasanya bertanya ke Narend teang nt Dari sisi psikomotoriknya dan juga sensorik (halus dan kasar)

Satu hal yang masih menjadi PR saya sampai saat ini adalah mengajarkan Narend supaya fokus terhadap apa yang dihadapannya. Karena Narend termasuk anak yang aktif sekali, jadi Narend masih susah sekali untuk belajar fokus. Paling lama hanya 30 menit. Selebihnya, dia langsung melakukan hal lain. Nah, untuk mengakalinya supaya Narend bisa belajar fokus, saya selalu mengisi aktivitas mingguan saya bersama Narend dengan mewarnai. Makanya saya rajin banget membelikan buku mewarnai untuk Narend.








Alhamdulillah kegiatan ini sudah rutin saya lakukan sejak ia berusia 3 tahun. Walaupun belum terlalu kelihatan hasilnya, tapi paling tidak Narend sudah mulai menyukai kegiatan mewarnai 😚 Gak hanya itu aja, saya juga rajin mengikut sertakan Narend di berbagai lomba mewarnai. Salah satunya adalah kegiatan mewarnai di sekolah. Alhamdulillah Narend bukan hanya bisa fokus, tapi juga sudah bisa berkreasi dengan warna.

Tapi ternyata jika kegiatan ini dilakukan tiap minggu, Narend ternyata ada bosennya. Walaupun saya belikan buku mewarnai kesukaannya (saat ini dia lagi suka banget sama karakter Cars dan Robocar Poli), tetap saja dia bosan. Lalu saya harus cari akal lagi, gimana caranya ya, kegiatan mewarnai ini bisa menjadi sesuatu kegiatan yang mengasyikan dan tidak membosankan?

Colour to Life

Finally saya menemukan 1 paket colouring book beserta alat mewarnai (spidol), dengan teknologi AR, yaitu Colour to Life from Faber Castle. Sebenarnya brand Faber Castle bukan brand yang baru untuk saya dan Narend, karena untuk kegiatan saya doodle di rumah dan alat mewarnai Narend hampir semuanya dari Faber Castle. Tapi Colour to Life ini ternyata berbeda. Nanti saya tunjukkan perbedaannya ya.


Sebelum saya jelaskan, saya beritahu terlebih dahulu, apa saja yang ada dalam paket pembelian Colour to Life ini, yaitu terdapat 1 buku mewarnai 15 lembar, 20 spidol dan 1 buku kumpulan produk Fabel-Castell, pastikan jumlah halaman dan jumlah spidolnya benar ya, tidak kurang :)



Nah karena ini AR, selain paket Faber-Castell ini, kamu juga butuh smartphone, sebenarnya sih tidak ada spek khusus smartphone yang bisa menggunakan AR, namun umumnya smartphone kamu wajib memiliki RAM 2GB (agar menjalankan aplikasi tidak lemot), kamera belakang dan kamera depan (untuk scan frame dan menampilkan animasi AR serta untuk selfie).

Software apa yang perlu di install di smartphone?

Nah sebelumnya kamu harus download aplikasi colour to life yang ada di Google Play (pengguna Android) dan App Store (pengguna Apple), gampangnya tinggal scan barcode dibawah.



Nah setelah download dan install, silahkan  buka aplikasi Colour to Life, pilih games yang kamu inginkan, lalu lakukan scanning secara tegak lurus seperti foto saya dibawah (kurang lebih 30cm dari buku mewarnai dan smartphone)



Pastikan frame mewarnai masuk ke dalam bidang foto. Gambar dibawah memang belum di warnai (abaikan ada warna hitam pada celana karena sudah diwarnai narend duluan saking gak sabar).


Nah, nanti saat scanning berhasil, akan muncul di layar smartphone kamu kuda dan ksatria yang sudah kamu warnai.


Inti dari AR adalah, kamu bisa melakukan interaksi terhadap objek yang ada di layar smartphone kamu, tidak percaya? Coba kamu tekan dibagian mana saja dari layar smartphone kamu, nanti kuda akan mengikuti kemana pun bagian layar yang kamu tekan., keren? :)

Yuk Selfie dengan hasil karyamu

Nah setelah mewarnai, lalu gambar kamu menjadi kenyataan di layar smartphone kamu, sekarang saatnya untuk selfie bersama :) Yup, selfie ... coba kamu tekan tombol kamera (dibawah simbol tanda tanya). Kalau kamera belum menghadap ke depan, kamu bisa tekan tombol rotate (yang letaknya dibawah tombol foto), jika sudah ok tekan tombol foto, nanti akan ada timer 3 detik, dan taraaaa foto selfie kamu selesai.


Play Games

Selain bermain AR di layar smartphone dan selfie, kelebihan aplikasi Colour to Life ini adalah bermain games sesuai dengan karakter yang kamu warnai. Yup, nanti karakter yang ada dilayar smartphone kamu warnanya akan sesuai dengan yang kamu warnai :)




Ada 5 games yang bisa kamu nikmati disini, mulai dari Giddy Up! (bermain kuda dengan menghindari halangan seperti palang rumput dan tong), Pogo Boy (bermain lompat-lompatan dengan Pogo), Dress-up Challenge (bermain memilih baju yang sesuai dengan yang ditampilkan di layar), Balance Your Brain (memilih benar atau salah antara tulisan dan warna) dan yang terakhir Safe Flight! (bermain pesawat yang bisa kamu gerakkan naik turun).

Colour and Play Time with kids

Nah setelah mengetahui bagaimana cara menginstall dan bermain, saatnya saya ajarkan kepada Narend.



Mau permainan apapun di smartphone kamu, yang terpenting adalah bagaimana bounding kita kepada anak, seperti saya, saya selalu usahakan menjelaskan tentang aplikasi colour to life ini, mulai dari install aplikasi, mewarnai sampai bermain games, jadi Narend bisa mengerti dan paham apa itu Colour to Life, AR sampai games yang disediakan oleh Faber-Castell.

Belinya dimana?

Saya pribadi membeli produk Faber-Castell Colour to Life ini di Gramedia, namun kalau kamu tidak sempat ke Gramedia, kamu bisa membelinya di Tokopedia.

Apakah layak untuk dibeli?

Sampai saat ini saya belum menemukan produk sejenis di Indonesia, jadi bisa dibilang Colour to Life ini produk mewarnai pertama di Indonesia yang memiliki teknologi AR, selain itu anak bisa belajar untuk mewarnai, sekaligus bermain, jadi dia tidak akan bosan, karena apa yang di warnai bisa terwujud di games yang dia mainkan, overall saya rekomendasikan produk ini bagi moms yang mau mengajak anaknya mewarnai sekaligus mengenalkan games AR kepada anaknya.

1 comment:

  1. Mewarnai makin asyik dengan colour to life faber castell ya.

    ReplyDelete

Bookmark Us

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

The Urban Mama

Mau email update seputar MPASI ?

Artikel yang banyak dibaca Bunda

Menu Utama

Copyright © Mommy's World | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com