My world about breastfeeding and parenting

Saturday, August 16, 2014

MPASI Pertama Narend : Pure Buah (Pepaya)

Saat ini Narend sudah memasuki usia 6 bulan. Berarti sudah saatnya MPASI dong? Sebenarnya sih sejak dari usia di Narend 4 bulan si mama udah berisik and ngomel aja ituh, katanya kenapa gak dikasih MPASI sejak usia 4 bulan sih? Dulu kamu aja Lin saat kamu usia 4 bulan. Nah kalau udah kayak gitu saya cuma bisa jawab, "Sesuai peraturan pemerintah maaa.... MPASI kan baru boleh di usia 6 bulan. Bulan 1 sampai bulan ke 6 kan masa-masa ASI eksklusif. Kalau bisa ya memang ASI aja. Gak usah tambahan macem-macem.

Yaaah biasalah namanya orangtua, terjadi perdebatanlah antara saya dan si mama. Tapi yang jadi pemegang keputusan ya mamanya, aku :D


Nah akhirnya baru saat si Narend pas di usia 6 bulanlah saya baru memulai untuk MPASI. Untuk menu pertama yang saya cobakan ke Narend itu adalah Pure Pepaya. Kenapa pepaya? Karena buah pepaya paling gampang dicerna oleh lambung karena pada dasarnya pepaya banyak mengandung air. Dan bisa sekaligus memperlancar pembuangan air (BAB). 

Sebelumnya saya udah baca-baca dan punya buku MPASI. Saya beli buku MPASI itu sejak Narend masih berusia 4 bulan. Menurut saya, untuk ibu yang baru saja mempunyai baby, penting banget membeli buku menu MPASI. Walaupun nanti ujung-ujungnya gak semuanya juga dibaca :)) Tapi minimal kita harus punya buku sebagai bahan acuan kita. Gak perlu banyak-banyak beli buku MPASI di awal-awal trimester. 

Berikut ini cara membuatnya.

Bahan-bahan :
1 buah potong pepaya
Air putih 25 ml

Cara membuat
1.   Potong-potong buah pepaya
2. Masukkan air putih ke dalam blender (yang saya gunakan adalah hand blender. Karena lebih mudah diatur waktunya. Kapan saya mau mendapatkan tekstur kasar, kapan saya mau mendapatkan tekstur yang sangat halus.
3. Blender sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan.

Reaksi Narend

Naah setelah selesai nih, jadilah pure buah pepaya. Saat itu karena pertama kali nyobain makanan selain ASI, jadi saya beli yang namanya celemek atau yang biasa dibuat untuk tadah iler :)

Pas dipakein gituan si Narend gak betah sama sekali. Maunya dilepas terus. Tapi kita berusaha untuk pakein lagi. Namanya juga pure buah. Pasti belepotan makannya. 


Buah pepaya jadi keputusan saya yang pertama untuk MPASI nya Narend. Karena selain mudah didapat, menyiapkannya juga gak perlu extra effort. Cuma butuh 5 menit mulai dari potong-potong buah, ngeblender, jadi deh Pure Buah.

Saat sendok pertama mau dimasukkan ke dalam mulutnya, si Narend sempet bingung, "apaaan nih???" Jadi dia sempet bengong sesaat, ngeliatin ekspresi wajahku setelah itu akhirnya dia mau juga buka mulutnya. Agak susah juga untuk pertama kalinya memaksa dia untuk membuka mulutnya.


Lama durasi makannya sekitar 30 menit. Lama juga sih. Tapi ya wajar sih buat MPASI pertama. Dan senengnya lagi Narend gak ada reaksi muntah atau reaksi lain. Malahan habis lagi :)

Waah senangnyaa. Besok bikin MPASI pure apalagi yaa..

0 comments:

Post a Comment

Bookmark Us

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

The Urban Mama

Mau email update seputar MPASI ?

Artikel yang banyak dibaca Bunda

Nyari Seputar apa Bunda ?

Menu Utama

Copyright © Mommy's World | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com