My world about breastfeeding and parenting

Wednesday, November 19, 2014

Menu MPASI 9 Bulan : Bubur Nasi Tim (Brokoli)

Narend sekarang udah memasuki MPASI bulan ke-9. Untuk menu-menu MPASI saya khusus membeli resep MPASI untuk bayi sampai berusia 1 tahun. Rata-rata udah saya praktekkan. Tapi kebanyakan agak susah diterapkan ke Narend. Karena ada yang dia gak suka.

Kali ini saya coba-coba sendiri menu resep MPASI nya. 

Bahan :

Brokoli
Jagung Manis (dipipil)
Wortel
Nasi Putih
Kaldu Ayam
Mentega



Cara Membuat :

Cara membuatnya gak jauh beda dengan menu lainnya. 

1. Pertama-tama jagung manis dicuci bersih dan dipipil terlebih dahulu. Disesuaikan dengan porsi nasinya.
2. Brokoli saya rendam dengan air garam terlebih dahulu supaya bersih. Karena di brokoli suka terdapat ulat-ulat kecil. Lalu pemakaian brokolinya juga tidak terlalu banyak. Saya hanya memakai beberapa pucuk saja.
3. Wortel dikerat kulitnya, lalu saya parut. Wortel harus saya parut karena waktu itu pernah saya cincang-cincang aja, setelah di blender hasil teksturnya masih ada yang kasar-kasar. Narendnya makannya jadi lama. Dan membuat dia mual-mual. Akhirnya mama mertua kasih solusi supaya wortelnya diparut terlebih dahulu.
4. Setelah semua tercampur, baru saya berikan kaldu ayam. Kalau di rumah masih ada stock kaldu ceker ayam, saya pakai itu. Tapi kalau tidak ada, saya pakai air bekas rebusan ayam. Kaldunya saya bikin sendiri lalu saya masukkan kulkas. 
5. Sebagai penambah rasa, saya berikan mentega supaya gak tawar-tawar banget. Porsinya juga gak banyak-banyak banget. Secukupnya aja. 

Kali ini saya tidak memakai daging ayam cincang. Saya lagi nyoba, apakah Narendnya mau. 



Lalu diaduk rata sampai nasinya agak lembek dan menteganya tercampur rata. Setelah semua tercampur, karena masih panas, saya diamkan selama beberapa menit. Setelah kira-kira 10 menit, saya blender semuanya dan hasilnya seperti ini.



Teksturnya saya buat sangat halus sekali karena Narend belum tumbuh giginya.


Setelah diberikan ke Narend, wah ternyata Narendnya lahap banget. Wah, sayangnya tekstur yang saya buat ini terlalu lembek. Besok harus saya tingkatkan lagi teksturnya. Karena saya setiap membuat MPASI selalu membuat untuk porsi 2 hari. Kalau gak habis saya masukkan ke kulkas. Nah, keesokan harinya tinggal saya steam aja MPASI-nya. Kalau tekturnya terlalu lembek begini, nanti setelah di steam, jadinya teksturnya air semua :D 

Saran :

1. Untuk memberikan jagung manis, alangkah baiknya direbus terlebih dulu supaya teksturnya tidak terlalu kasar. Setelah direbus diblender terlebih dulu. Karena saat saya kasih menu ini kulit jagungnya masih utuh. Dan sedikit membuat Narend-nya mual :D

2. Untuk pemilihan wortel, sebaiknya yang fresh dan kalau bisa yang wortel import saja. Karena dari sisi teksturnya lebih baik yang import. 

8 comments:

  1. Kalo aku pake jagung, diparut dulu mak. Baru dimasukin bareng2 sama berasnya. Sampe sekarang pun masih gitu, soale jagung lumayan keras sih Walau ud direbus juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo diparut gitu gimana mak maksudnya? Abis dipipil terus diparut gitu ya? Iya beber banget. Wlpn direbus kulit jagungnya masih utuh :)

      Delete
    2. Issshh aku TD ud nulis panjang eh ilang :(.
      Jagung kalo agak panjang aku bagi jd 3, supaya gampang marutnya.
      Mentah2, jagung di cuci, trus diparut pake parutan keju sampe agak botak, ulangi ke bagian lain sampai seluruh bagian nyaris botak (mendekati bonggol) . Hasil parutannya dimasak bareng Beras Dan sayur lainnya.

      Delete
  2. Oh iya, aku pake wortel lokal, soale aku pikir kalo yg impor itu agak banyak pengawetnya. Tapi wortel impor emang lebih cakep sih penampilannya dibanding lokal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ini sih aku pake wortel lokal. Gara2 harganya lebih murah dan di tukang sayur Juga seringnya adanya wortel lokal :)

      Aku suka pakai yang import karena enak and gampang banget diparutnya. Karena gede2 hahaa...

      Oya? Aku br tau loh kalo banyak pengawetnya..

      Delete
    2. Iya kan kalo diimport jauh, waktu yg dibutuhkan sampe ke negara tujuan juga panjang. Jadi supaya Ga busuk sampe di negara tujuan, ditambahin pengawet.
      Kalo lokal, paling 2-3hari udah sampe pasar terjauh.

      Delete
  3. Menu MPASInya Alfath 9mo malah blm diposting, coming soon deh, hehe.. Btw, selamat ya Mommy Narend utk blog barunya °\(^▿^)/°

    ReplyDelete
  4. Haaai kakak Naren, iyaaa....blender lebih praktis y....aku masih di saring, tgu gedeaaan...aku gak pake saringan lagi....tapi aku uleg pake ulegan yg diplastikiiin

    ReplyDelete

Bookmark Us

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

The Urban Mama

Mau email update seputar MPASI ?

Artikel yang banyak dibaca Bunda

Nyari Seputar apa Bunda ?

Menu Utama

Copyright © Mommy's World | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com