My world about breastfeeding and parenting

Monday, February 2, 2015

Menu MPASI : Nasi Tim Ikan Tuna

Kata orang ikan itu boleh diberikan diatas 1 tahun. Karena dikhawatirkan bisa alergi. Tapi karena Narend saat ini butuh 'booster', sesuatu yang bisa meningkatkan berat badannya, jadi kali ini saya mencoba memberikan seafood, atau bahan makanan yang mengandung hewan laut. Kemarin sih jalan-jalan ke supermarket pengen beli ikan salmon. Cuma gak diskon, jadi melipir lagi deh, hiks... :( Jadi, saya putuskan beli ikan tuna saja...

Bahan-bahan

Ikan Tuna 3 ruas 4 jari orang dewasa
Nasi Putih 3 sendok nasi
Santan secukupnya
Air kaldu ikan
Daun bayam merah secukupnya (buang batangnya)
Wortel lokal 1 buah kerat kulitnya dan parut
Margarin 2 sdm
Cara Membuat 

1. Lumuri ikan tuna dengan menggunakan air jeruk nipis dan jahe. Marinate dan diamkan selama 5 menit. 
2. Cincang ikan dengan halus. Kemudian rebus dengan menggunakan air kaldu. Jika tidak ada air kaldu ikan, air putih biasa juga mengandung kaldu ikan.
3. Setelah ikan agak lunak, masukkan wortel yang sudah dicuci dan diparut halus. Dan daun bayam, lalu aduk bersama.
4. Masukkan nasi putih.
5. Tambahkan air sedikiy jika nasi sudah agak mengering. Lalu masukkan santan sedikit demi sedikit. 
6. Masak hingga nasi tanak dan mendapatkan tekstur bubur yang kita inginkan
7. Masukkan mentega. Kemudian tekan-tekan hingga teksturnya agak lunak.
8. Sajikan selagi hangat.

Catatan 

1. Saya membuat nasi tim tidak dari beras putih. Karena butuh waktu lama merebusnya di kompor. Karena saya tidak punya magic jar khusus untuk bikin bubur. Jadi saya selalu membuatnya dari nasi putih.
2. Untuk santan, saya menggunakan santan yang benar-benar fresh dari buah kelapa asli. Bukan sun kara atau kara (santan instan). Karena selain lebih gurih dan lebih sehat tanpa bahan pengawet.
3. Ikan yang dilumuri dengan jeruk nipis kalau bisa jangan terlalu lama, karena bisa merusak tekstur dari ikan tuna. Ikan bisa hancur.
4. Daun bayam sengaja dimasukkan bersamaan dengan wortel supaya teksturnya agak lembut.

5 comments:

  1. klo gk pke bayam sma santan bisa gak
    terus wortelnya boleh di gnti dengan kentang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Bisa aja diganti kentang. Hanya saja tujuan memakai wortel supaya ada vitamin A.

      Delete

Bookmark Us

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

The Urban Mama

Mau email update seputar MPASI ?

Artikel yang banyak dibaca Bunda

Nyari Seputar apa Bunda ?

Menu Utama

Copyright © Mommy's World | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com