My world about breastfeeding and parenting

Tuesday, November 10, 2015

Jelajah Lelapnya Tidur Bayi Bersama Pampers

Saya yakin setiap mommies pasti sangat familiar dengan yang namanya popok. Apalagi untuk new mommies yang baru aja lahiran. Dulu saya juga gitu. Waktu saya lahiran dulu saya gak punya pengetahuan tentang diapers. Ya merk apa aja saya pakai yang penting ada tulisan dan ukuran untuk new born trus yang terpenting juga murah. Dan biasanya para mommies suka pakai popok apa yang disarankan oleh rumah sakit.

Bicara soal promo, saya juga gitu tuh, hunting promo. Hayooo... saya yakin para mommies did the same with me. Kalau ada info di supermarket ini si diapers ini lagi promo, langsung deh ngeborong. Jadinya si Narend jadi korban coba-coba juga deh tuh. Tapi Alhamdulillahnya Narend bukan termasuk anak yang rewel soal kulit. Mau pakai diapers merk apa aja juga hayo. Yah mungkin pengertian kali ya emaknya suka penghematan, qeqeqe...Tapi, ternyata murah gak menjamin popok itu bagus dan nyaman. Terkadang kapasnya itu gak bisa menyerap banyak jadi harus sering diganti. Jadi malah makin boros kan?

Bahas soal diapers, kemarin per tanggal 10 November 2015 lalu, saya menghadiri acara blogger gathering bersama Pampers di Le Meridien, Jakarta. Temanya menarik juga, yaitu tentang Inovasi Baru dari Pampers sehubungan dengan dunia tidur bayi. Wah, penting banget kita tahu ya.


Nara sumber yang hadir saat itu adalah Zoe Liu (Scientific Communications Baby Care Asia Pacific), Artika Sari Devi (Pampers Brand Ambassador), Giselle Anastasia (Pampers Brand Ambassador), Dr. Soedjatmiko, SpA(K), MSi (Spesialis Dokter Anak).

Sejarah Pampers

Inovasi popok sekali pakai Pampers berawal pada tahun 1961, saat Victor Mills, seorang insinyur produk yang bekerja di P&G mengganti popok kain untuk cucunya yang baru lahir. Victor menginginkan popok yang lebih baik dan nyaman untuk cucunya. Sehingga ia meminta bantuan sesama peneliti dalam mengembangkan kepraktisan dan menjadikan sekali pakai yang lebih baik.

Berawal dari penemuan tersebut, lahirlah merek Pampers, merk ini yang seringkali disosialisasikan masyarakat terutama kepada para mommies sebagai popok. Pampers menjadi top of mind yang melekat di hati para ibu Indonesia karena Pampers merupakan pelopor popok sekali pakai yang dipercaya oleh jutaan ibu di Indonesia.

Lisa Chunningham selaku Senior Communication Manager Pampers Asia Pasifik, PnG mengatakan bahwa mereka bangga karena Pampers adalah merk popok dengan penjualan nomor 1 di dunia, Kini Pampers telah banyak membantu para mommies seluruh dunia dalam menjaga agar bayi tetap kering dan selalu merasa nyaman saat bermain dan tidur. Dengan popok tape dan popok celana yang terbuat dari bahan yang lembut dan dapat bernafas yang mengikuti gerakan bayi saat bermain dan juga tidur.


Pentingnya Tidur Bagi Tumbuh Kembang Anak

Sesi kedua dibawakan oleh Dr. Soedjatmiko, SpA(K), MSi, Sang Spesialis Dokter Anak. Beliau membawakan pentingnya tidur bagi tumbuh kembang anak. Menurut penelitian bayi yang tidurnya lebih teratur terlihat perkembangannya lebih baik, ceria dan emosinya juga stabil. Dalam 1 malam, bayi bisa buang air kecil hingga 6 kali dengan total volume sekitar 150cc. Tapi itu semua tergantung kondisi si anak juga. Tergantung dari makanan dan minuman yang ia konsumsi, serta juga tergantung cuaca.


Perlu digaris bawahi, tidur pada bayi terjadi perkembangan otaknya. Jadi tidur pada bayi dan balita bukan hanya untuk menghilangkan capek dan ngantuk saja. Siklus tidur anak itu terdiri dari REM dan NON REM. REM adalah Rapid Eye Movement. Kalau kita sering lihat mata bayi suka bergerak-gerak waktu ia tidur, nah itu namanya REM. Dalam 1 siklus tidur anak biasanya di awal mengalami REM selama 1 jam, lalu diikuti dengan NON REM. Kalau siklus REM dan NON REM ini terganggu sampai 2 tahun, nanti di masa  ia sekolah, masa emosionalnya akan terganggu. Kalau siklus tidur REM dan NON REM sering terganggu, pertumbuhan fisik (emosional dan kognitif) nya juga ikut terganggu.



Use Good Diapers

Gimana caranya supaya anak tidurnya tidak terganggu? Usahakan sepanjang malam kita ciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. Selain itu juga perlu kita perhatikan penggunaan diapersnya. Karena bila pantat anak berada dalam kondisi lembab dalam jangka waktu yang lama, akan terjadi iritasi dan membuat tidurnya terganggu. Diapers yang baik adalah diapers yang mampu menahan volume pipis yang banyak. Salah satunya adalah Diapers Pampers.

Untuk bayi yang berusia dibawah 3 bulan, bila sering terbangun itu wajar. Justru yang perlu diperhatikan untuk bayi yang berusia 3 bulan keatas. Siklus dan jam tidurnya harus teratur.

Pemilihan popok yang tepat dan kering dapat membantu si kecil tidur terlelap dan membantu proses tumbuh kembang anak. Tidur pada anak sangat mempengaruhi perkembangan emosional dan juga penataan kembali kognitifnya.

Pampers Baby Dry Pants



Sesi selanjutnya dilanjutkan dengan sharing dari Zoe Liu (Scientific Communications Baby Care Asia Pacific). Beliau menjelaskan menurut survey kebanyakan permasalahan yang membuat si bayi tidur tidak nyenyak karena penggunaan popok yang tidak tepat. Oleh karena itulah Pampers sangat mengerti apa yang dibutuhkan oleh para mommies dan juga babies. Pampers mempunyai Baby Dry Pants. Pampers memiliki hak paten untuk lapisan ekstra kering. Supergel dapat menyerap cairan 30x lebih banyak dari volumenya sendiri. Dan memastikan kulit tetap kering.

Setelah itu para nara sumber melakukan demo perbandingan daya serap antara popok merk biasa dengan popok merk Pampers.

Hasilnya, Pampers bisa menyerap lebih cepat sehingga meminimalisir kontak cairan dengan kulit bayi. Urine kan mengandung urea. Sangat tidak baik bila terlalu lama bersentuhan kontak langsung dengan kulit, terutama kulit bayi yang masih sensitif.

Experience from Ambassador Pampers

Selanjutnya sesi sharing experience dari para ambassador Pampers. Yaitu Artika Sari Devi, dan Giselle Anastasia. Artika Sari Devi (Pampers Brand Ambassador), Giselle Anastasia (Pampers Brand Ambassador).


Giselle mengatakan saat pertama kali hadirnya Gempita (yang biasa dipanggil Gempi), ia selalu menemukan hal istimewa dari bayinya yang lucu. Sekarang Gempi sudah 10 bulan, dan Giselle sangat takjub bagaimana Gempi dapat tidur dengan lelap sepanjang malam setiap hari. Inovasi yang dihadirkan Pampers yang mampu mengunci basahan hingga 99,9% sehingga kulit bayi tetap kering sepanjang malam itu benar-benar terbukti. Pampers selalu dipercaya jutaan Ibu di Indonesia.
Giselle katanya punya tips gimana caranya supaya tetap aman pakai popok selama 24 jam tapi tidak iritasi. Caranya, ia sering mengganti diapers si Gempi per 3-4 jam. Jadi pantatnya tetap bersih. Walaupun permukaannya Pampers itu kering. Terkadang memang ada bayi yang kulitnya iritasi kalau pakai popok terus-terusan. Jadi walaupun popoknya itu kering, si bayi gak pipis sama sekali, tetep harus diganti ya moms selama per 4 jam. Kecuali ia pakai celana popok cuci.

Sama halnya dengan Atika Sari Devi, sejak hadirnya sang buah hati, merk diapers yang pertama kali yang terbersit di kepalanya adalah merk Pampers. Karena kemampuannya sudah tidak perlu diragukan lagi, karena Pampers adalah pelopor popok sekali pakai dan merupakan popok dengan penjualan nomor 1 di dunia. Katanya Atika, ya bisa dibilang dia adalah saksi perjalanan inovasi Pampers para ibu dari masa ke masa jauh sebelum ia menjadi seorang ibu dan sekarang akhirnya sudah memiliki dua anak.

Kualitas tidur bayi dan balita berpengaruh pada pertumbuhan fisik (melalui siklus tidur NON REM) dan perkembangan emosi-kognitif (melalui siklus tidur REM).
Kenyamanan fisik selama tidur akan membuat tidur lebih nyaman, siklus tidur REM dan NON REM akan bergantian secara ilmiah dan teratur, sehingga pertumbuhan fisik, emosi dan kognitif akan berkembang optimal.
Kenyamanan fisik selama tidur dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang langsung dirasakan oleh bayi dan balita, antara lain : suhu ruangan, sirkulasi udara, cahay, suara, alas tidur dan popok yang melekat di tubuhnya.

My Experience

Saya sendiri termasuk mommies yang familiar sekali dengan brand Pampers. Bukan karena saya diendorse ataupun diberikan produk gratis oleh Pampers. Tapi sejak saya mengenal lebih dekat dengan produk ini, saya dan suami saya tidak bisa berpaling ke lain brand. Kelebihan yang dimiliki oleh Pampers tidak dimiliki oleh produk lain. Saya sendiri sudah membandingkan sendiri dengan popok lain yang sejenis. Tapi Pampers selalu menjadi yang terbaik.

Kelebihan Pampers dibanding brand lain (versi saya) :

1. Bisa menampung volume pipis yang banyak.
Saya tahu bahwa pemakaian popok sangat tidak disarankan dalam jangka waktu yang lama. Tapi pernah sekali waktu saya harus beraktivitas outdoor dan tidak memungkinkan untuk berganti popok karena lokasinya jorok dan tidak ada lokasi yang nyaman. Saya pernah test memakaian Popok Pampers kepada Narend. Saat itu jenis popok yang saya pakaikan adalah Popok Pampers Active Baby. Sesuai dengan karakter Narend, Active Baby *LOL. Alhasil selama kurang lebih 6 jam popoknya tidak bocor sama sekali. Padahal kuantitas minumnya Narend sangat banyak.

2. Tidak Menganggu Perkembangan Tubuhnya
Kalau popok yang sudah penuh, biasanya bentuknya sudah tidak teratur, jadi terkadang popok yang penuh itu suka turun ke bawah dan mengganggu si anak berjalan. Akibatnya kakinya jadi gak lurus lagi. Nah, hal ini gak terjadi di Pampers. Walaupun sudah penuh tidak menggangu struktur kakinya.

3. Ada harga ada barang
Gak selalu popok yang mahal itu bagus dan gak selalu popok yang murah itu jelek. Pampers harganya bersaing dengan merk lain. Dan menurut saya worth it untuk harganya untuk pemakaian dengan jangka waktu yang lama.

4. Permukaannya lembut
Permukaannya gak bikin kulit bayi iritasi.  Setelah pipispun permukaan popoknya tetap terasa kering.

So mommies, usahakan popok harus tetap selalu kering ya, sehingga kulit terasa nyaman, tidak gatal dan perih, sehingga siklus tidur bayi tidak terganggu, sehingga mengoptimalkan pertumbuhan fisik dan perkembangan emosi-kognitif bayi dan balita.

Buat yang ingin tahu info seputar parenting, cara merawat bayi yang baru lahir serta seluk beluk dunia mommies dan parenting, bisa mengunjungi website dari Pampers.

Pada akhir acara dibacakan para pemenang dari kontes sosial media dan berfoto bersama.






0 comments:

Post a Comment

Bookmark Us

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

The Urban Mama

Mau email update seputar MPASI ?

Artikel yang banyak dibaca Bunda

Nyari Seputar apa Bunda ?

Menu Utama

Copyright © Mommy's World | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com