My world about breastfeeding and parenting

Tuesday, December 1, 2015

Yuk Dukung Si Kecil Menjadi Generasi Platinum

Anak saya si Narend sekarang usianya sudah memasuki hampir 2 tahun. Berarti, itu menjadi PR untuk saya dan suami, bahwa Narend sudah harus lebih diperhatikan lagi komposisi gizi makanan yang dikonsumsi. Sebagai ibu muda yang mempunyai segudang (baca : banyak) aktivitas, pastinya saya membutuhkan kepraktisan tapi juga tetap terjaga gizinya.

Ada teori yang mengatakan bahwa anak yang memasuki usia 1 tahun keatas, nafsu makannya akan menjadi berkurang. Dan itu merupakan warning bagi seorang ibu. Menu makanan yang disajikan tidak hanya enak, tapi harus lebih kreatif dan bervariasi lagi.

Mommies, untuk urusan berat badan, dokter anak Narend pernah bilang bahwa anak dibawah 1 tahun masih normal untuk porsi makannya. Tapi melewati usia 1 tahun itu kita perlu waspada. Oleh karena itu waktu Narend berusia di bawah 1 tahun, saya berusaha sekuat tenaga untuk menjaga berat badannya tetap naik dan nafsu makannya tetap baik (oya untuk berat badan untuk bayi laki-laki dan perempuan itu berbeda loh kurva perkembangannya).  

Perkembangan Berat Badan Anak Sesuai Dengan Standarisasi WHO




Nah kurva perkembangan diatas adalah grafik standarisasi dari WHO, jadi mommies sebagai orang tua bisa menjadikan patokan, "Wah bingung banget saya baca kurva grafik diatas, ada yang simple gak yah?"


Nah itu saya buatkan dalam excel, supaya mommies mudah mengukur apakah berat badan anak mommies sudah sesuai dengan standard WHO, ini saya buatkan sampai usia 2 tahun saja ya dan tabel diatas untuk anak laki-laki (soalnya Narend kan masih dibawah 2 tahun hihihi), cara bacanya gampang kok, misalnya : Narend sekarang usianya 21 bulan, berat badannya 10.3kg, nah berarti berat badan Narend masih masuk ke kategori normal., gimana anak mommies?

Saya pernah berkonsultasi dengan dokter saat Narend masuk kategori "Kurus", kata Dokter jangan kawatir, selama mommies memberikan komposisi nutrisi yang cukup seperti Karbohidrat, Lemak, Protein, Buah dan jangan lupa Susu sebagai pelengkap maka bayi bisa dikategorikan sehat.

Buat mommies yang mau sedikit ribet, grafik untuk anak usia 5 tahun diatas, di print aja, terus di plotkan sesuai dengan umur dan berat badan anak.

Bagaimana Mengatasi Anak Susah Makan ?

Saya yakin kok banyak mommies yang berkata ke diri sendiri "Kenapa sih anak saya susah makan?" Ya, saya seperti mommies, saya juga pernah mengatakan ke diri sendiri, apa sih yang salah dengan makanan yang saya berikan, ternyata untuk anak yang usianya diatas 1 tahun sudah bisa merasakan segala macam rasa dan sudah bisa memilih makanan apa yang disukainya, simplenya, anak akan makan, makanan yang mereka sukai, bukan soal rasa yang enak.

Pertanyaannya "Bagaimana membuat makanan yang anak kita sukai?" Jujur saya, hampir setiap hari menu makanan yang saya sajikan ke Narend berbeda-beda, namun yang menjadi patokan saya adalah komposisi menu makanan yang wajib ada yaitu : Karbohidrat, Lemak, Protein, Buah dan juga Susu sebagai pelengkap gizinya. Salah satunya adalah unsur protein. Hampir setiap hari protein saya sajikan dalam bentuk yang berbeda-beda. Ohya, mommies, saya punya menu makanan untuk balita yang sekiranya bisa bermanfaat.


Resep masakan yang saya plan seperti diatas gak fix setiap minggu. Kadang saya mix and match aja untuk protein dan sayurannya. Yang penting dalam 1 hari ada unsur protein dan juga sayuran., gimana mommies menu di atas gak susah kan, untuk resep ala Oline akan saya tulis di artikel yang lain, namun kalau mommies udah gak sabar bisa search di internet :)

Puding Susu ala Oline

Puding terkenal makanan penutup yang paling cocok disajikan untuk keluarga yang berguna sebagai serat tubuh. Semua mommies pasti pernah makan puding kan? Atau malahan suka makan puding? Ahh saya juga. Puding salah satu makanan kesukaan saya, karena kebiasaan saya ini, anak saya si Narend ikutan suka makan puding. Narend paling suka puding rasa mangga dan coklat. Dulu sih awal-awal ia masuk masa-masa MPASI, saya sering beli di depan komplek rumah (1 cup puding Rp. 2500), alasannya karena dulu saya masih takut kasih puding yang untuk orang dewasa. Iya, karena saya dulu gak ngerti gimana caranya bikin puding untuk balita.

Tapi sejak ia berusia 1 tahun, saya mulai masak dan buat sendiri. Karena lumayan juga bisa menghemat mommies. Usia 1 tahun berarti sudah bisa makan makanan orang dewasa. Karena Narend sudah picky-eater, cara mengakalinya adalah dengan membuat puding, "Kenapa harus dengan puding?", karena anak kecil biasanya suka dengan makanan yang manis, jadi sebelum makan-makanan utama, saya selalu mengawali dengan makan puding, setelah Narend mulai lahap, langsung di switch dengan makanan utama :)

Bikin puding itu ternyata gampang lho mommies. Bahan-bahannya juga semua mudah didapat. Mommies penasaran? :) Ini dia bahan-bahan dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan

1 bungkus Nutrijell rasa stroberi (kalau tidak ada Nutrijell bisa dengan merek lain, untuk rasa disesuaikan dengan rasa kesukaan anak Mommies)
150 gram gula pasir
700 ml susu cair (jangan memakai susu bubuk ya, karena nanti bahan jadi sulit untuk tercampur dan nanti saat jadi puding akan ada gelembung udara)
Sedikit garam sebagai pelengkap (jangan lupa pilih garam ber-yodium ya)

Cara Pembuatan

1. Campurkan semua bahan (Nutrijell, gula, garam, dan susu cair) ke dalam satu wadah. Masak dengan api sedang, lalu aduk terus sekitar 1-2 menit sampai larut.
2. Tuang ke dalam cetakan puding lalu dinginkan sekitar 1-2 jam, baru masukkan ke dalam kulkas agar puding fresh dan dinikmati saat dingin. 

Tips 

1. Jika cetakan puding berbahan dasar plastik, untuk cetakan puding dibasahi terlebih dulu dengan air agar saat dingin mudah dikeluarkan dari cetakan.
2. Buat anak yang suka makan keju, bisa juga saat mengaduk bahan, diberikan keju oles sekitar 1-2 sendok, lalu lanjutkan mengaduk sampai tercampur sempurna
3. Untuk topping, yang paling gampang menggunakan susu kental manis, namun kalau niat memakai fla rasanya bisa disesuaikan :)
4. Untuk susu yang digunakan, jangan menggunakan Skim Milk atau susu diet yah, karena tidak baik untuk balita, usahakan memberikan susu cair yang memang khusus untuk balita.

Ngomong-ngomong soal susu, mungkin kamu bingung susu yang cocok untuk bayi itu apa, yang pasti 6 bulan pertama bayi wajib untuk mengkonsumsi ASI Eksklusif, nah saat berumur 6-12 bulan selain ASI bisa diperkenalkan juga dengan susu formula dan MPASI. Saat bayi berumur 1-2 tahun selain ASI bisa ditambah dengan susu Full Cream dan susu UHT, nah setelah anak berusia lebih dari 2 tahun baru diperbolehkan mengkonsumsi Skim Milk dan Susu Pasteurisasi.

Waktu kemarin datang ke dokter Gizi, untuk Skim Milk diusahakan baru di konsumsi lebih dari 3 tahun, terutama jika berat badan anak berada di kategori kurus (conditional case)

Buat mommies yang bingung, bisa melihat gambar dibawah.

Susu yang cocok untuk anak usia new born - 2 tahun - Sumber: doctormums.com

Bingung memilih Susu

Mungkin ada sebagian mommies yang anti susu formula, hal ini sah-sah saja karena memang bayi sudah cukup dengan hanya mengkonsumsi ASI, namun dengan seiring perkembangan tubuh bayi, bayi juga membutuhkan MPASI.

Dibawah ini beberapa menu MPASI buatan saya, mungkin bisa menjadi inspirasi :)

Nah selama Narend berusia 1-2 tahun, sudah boleh mengkonsumi susu Steril atau Full Cream atau UHT (sesuai gambar diatas), tapi yah susah-susah gampang untuk memilihnya, karena saya mau Narend tidak hanya minum susu, namun juga memperoleh manfaat susu itu sendiri terutama untuk tumbuh kembangnya.

Dibawah ini Nutrisi yang wajib ada pada susu yang dikonsumsi Narend
Kolin, Inositol, berperan dalam penyimpanan memori, kemampuan berfikir, berbicara dan gerakan sadar
Vit B Kompleks, Zat Besi, Yodium, vitamin dan mineral yang berperan penting pada sistem syaraf dan konsentrasi anak
Inulin, Prebiotik yang membantu sistem cerna anak
Zinc, membantu meningkatkan sistem imun anak
Kalsiumuntuk pembentukan tulang dan gigi
Vit A, C dan Emelindungi sel-sel tubuh agar berfungsi dengan baik

Nah dari hasil hunting bersama suami, akhirnya kami mendapatkan susu yang pas sekali untuk Narend, kembali ke puding, biasanya susu yang saya gunakan untuk membuat puding menggunakan susu yang sering saya konsumsi, biasanya saya memakai Fresh Milk, tapi karena puding ini saya buat untuk Narend, saya ganti Fresh Milk dengan susu hasil hunting itu, yaitu Morinaga Chil-Go!

Alasannya, yah karena susu cair ini praktis banget, karena bentuknya cair, jadi pas banget dijadikan salah satu bahan pembuatan puding. Selain puding, susu cair seperti ini biasanya saya gunakan juga untuk membuat kue lain khusus Narend. Penasaran gimana penampakan Morinaga Chil-Go! yuk liat penampakannya dibawah.


Ohya, untuk wadah puding biasanya saya memakai wadah yang besar untuk pemakaian keluarga. Tapi karena untuk Narend, saya sengaja menyajikannya dalam wadah kecil mungil seperti ini, alasannya karena saya selalu mengajarkan Narend untuk makan sendiri jadi agar mudah digenggam oleh Narend dan juga 1 porsi ini pas untuk sekali Narend konsumsi (dan terkadang, saat mengkonsumsi puding buatan saya, Narend duduk dipojokan sambil makan puding, mungkin mau makan puding secara privasi hihihi).

Untuk penyajian pudingnya divariasi saja. Misalnya hari ini sudah puding strawberry, minggu depan saya menggantinya dengan rasa coklat. Lalu minggu depannya lagi saya ganti dengan puding mangga, dan seterusnya. Tentunya kalau puding rasa coklat, saya memakai susunya yang rasa coklat. Tapi jika saya membuat rasa lain seperti mangga dan lainnya, saya memakai susu rasa vanilla yang rasanya netral. Khusus untuk mangga, biasanya saya sajikan dengan buah mangga asli sebagai toppingnya.


Rasanya Gimana?

Kalau narend ditanya yang pasti dia gak bisa bilang, ya karena dia belum bisa ngomong :) Tapi, saya bisa tahu dari responsnya. Setiap saya berikan susu Morinaga Chil-Go! ini Narend selalu antusias. Saya punya ritual, saya selalu memberikan susu cukup satu kali per hari. Yaitu menjelang ia tidur.



Kemasan Morinaga Chil-Go!

Untuk susu Morinaga Chil-Go! ini tersedia dalam 1 kemasan pax yang masing-masing isinya 6 buah. Tersedia dalam 3 rasa, yaitu coklat, strawbery dan vanilla. Saya suka banget kemasan Morinaga Chil-Go! Karena gak gampang tumpah dan sangat kokoh. Karena kalau kemasan yang dalam bentuk kardus, anak-anak suka lebih mudah menggenggamnya terlalu erat, jadi gampang tumpah isinya.






Ini alasan kenapa harus Morinaga Chil-Go!





Menjadi Generasi Platinum yang Multi Talenta akan membantu si kecil menghadapi perkembangan dunia, karena itu kita perlu memberikan dukungan yang terbaik, termasuk pemberian nutrisi untuk membantu tumbuh kembangnya.



Sinergi nutrisi tepat antara faktor kecerdasan dan pertahanan tubuh ganda untuk menjadi Generasi Platinum Muti Talenta.

Kecerdasan Multi Talenta

Periode emas perkembangan otal si kecil, terutama pada fungsi kognitif masih berlangsung hingga usianya 12 tahun. Untuk mendukung periode perkembangan emas di kecil kita wajib memenuhi gizinya dengan nutrisi :

Kolin dan Inositol : Yang berperan dalam penyimpanan memori, berpikir, berbicara dan gerakan sadar.
Vitamin B Kompleks, Zat Besi dan Yodium : Merupakan vitamin dan mineral yang berperan penting pada sistem saraf dan konsentrasi anak.

Selain itu Morinaga Chil-Go! juga dilengkapi dengan nutrisi penunjang daya tahan tubuh. Mengandung :

  • Prebiotik Inulin 1000mg : untuk prebiotik (makanan bagi bakteri baik) dan serat pangan untuk membantu kesehatan saluran cerna anak.
  • Zinc : Untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.
  • Tinggi Kalsium : Untuk pembentukan tulang dan gigi
  • Vitamin A, C, dan E : Untuk melindungi sel tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

Inovasi Unggulan

Morinaga Chil-go! merupakan produk inovasi baru dari Kalbe&Morinaga dalam bentuk susu cair siap minum dengan keistimewaanya:


Tentang Kalbe Nutritionals

Kalbe Nutritionals adalah sebagai pengembangan dari PT Kalbe Farma, Tbk. Menyandang corporate brand identity, KALBE Nutritionals secara aktif melakukan pengembangan produk nutrisi, untuk mempertajam komitmen bisnis KALBE di bidang makanan dan minuman kesehatan.

KALBE Nutritionals products in every home – produk KALBE Nutritionals hadir di setiap rumah. Oleh karenanya, produk KALBE yaitu Prenagen dan Lovamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui seperti; Milna, Morinaga dan Zee untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal buah hati; Entrasol, Nutrive Benecol dan Fitbar untuk meningkatkan kualitas hidup kaum dewasa dan kaum senior, serta Diabetasol untuk kenyamanan hidup kaum Diabetisi.

Misi dari KALBE Nutritionals adalah We provide wellness to millions – menyediakan produk dan layanan kesehatan bagi masyarakat.

Kalau ditanya, jadi kapan buah hati kita mengkonsumsi Morinaga Chil-go!?

Jawabannya bisa kapan saja dan dimana saja bisa mengkonsumsi susu Morinaga Chil-Go! Karena kemasannya hand and carry, alias mudah untuk dibawa kemana-mana dan tidak cepat tumpah bila digenggam oleh anak.


Mommies, yuk dukung si kecil menjadi generasi platinum dengan memberikan nutrisi yang tepat untuknya :)

Morinaga Platinum

Twitter : @MorinagaID
Facebook: Morinaga Platinum
Instagram: @MORINAGAPLATINUM

7 comments:

  1. Anak2ku juga suka banget nih chil-go. Daan... Kalo lg pd pingin ngemil, aku jg bikinnya puding. Wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Sebagai ibu tentunya kita ingin memberikan yang terbaik buat buah hati ya :)
    sama, saya juga memilih susu cair Morinaga Chil-Go! untuk minuman pendaamping Fahmi. Dan dia suka banget! :)

    Ayuk sama-sama mendukung supaya anak kita menjadi generasi platinum :)

    ReplyDelete
  3. wah kayaknya bisa di rekomendasikan nih mbak mantap

    ReplyDelete
  4. saya juga dibatasi minum susunya, maksimal 3 botol pagi siang sore...soalnya kalo terus2an jadi ga mau makan nasi :)

    ReplyDelete
  5. Puding favorit anak2 dan paling gampang bikinnya

    ReplyDelete
  6. Puding favorit anak2 dan paling gampang bikinnya

    ReplyDelete
  7. ih...

    jujur aja, saya sih ga ngerti baca tabel2 seperti itu
    tapi buat pelajaran di masa depan ga ada salahnya sih
    ntar baca2 lebih lanjut deh diskusiin sama si dia :)

    ReplyDelete

Bookmark Us

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

The Urban Mama

Mau email update seputar MPASI ?

Artikel yang banyak dibaca Bunda

Nyari Seputar apa Bunda ?

Menu Utama

Copyright © Mommy's World | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com