My world about breastfeeding and parenting

Tuesday, March 1, 2016

Persiapan Ulang Tahun Narend di Panti Asuhan dengan berbagi Morinaga Chil-Go!

Waktu tidak terasa, saya masih ingat betul 2 tahun lalu tepatnya 25 Februari 2014 jam 5 pagi, saya mengalami pembukaan 5, tak butuh waktu lama untuk mencapai pembukaan 10, sekitar jam 07:32 saya melahirkan dengan sehat bayi laki-laki yang kami beri nama Narendra Havian (buat kamu yang mau membaca kisahku saat detik-detik melahirkan, baca aja "Welcome to the world Baby Narendra"). Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa kami memberi nama itu, sebenarnya kami memberi nama Narendra Hanan Avian yang artinya "pemimpin yang tenang dan memberikan keberuntungan" namun karena terlalu panjang, kami singkat menjadi Narendra Havian :) oiya, ada alasan saya kenapa memberikan nama "Hanan", karena alhamdulillah saya dan suami tidak mengeluarkan uang sepeserpun untuk biaya persalinan Narend hihihi (penasaran kok bisa? baca aja kisahku "Rezeki Baby, Alhamdulillah").

Narend tiup lilin pertama kali :) - Doc: Pribadi
Narend Bisa Tiup Lilin? 

Sekarang sudah 25 Februari 2016, genap 2 tahun Narend hadir di keluarga kami. Dulu saat Narend berumur 1 tahun, kami sengaja tidak merayakan ulang tahunnya dengan orang lain, dan kami merayakan kecil-kecilan bertiga saja dirumah, alasannya karena yah Narend masih belum mengerti apa itu ulang tahun, dan alhasil kami membelikan 1 kue di Breadtalk yang diberi lilin :) acara simple ini dipersulit oleh tingkah laku Narend yang berusaha untuk memegang lilin, mungkin karena lilinnya menarik perhatian jadi dia mau memegang terus lilin itu. Saat diminta untuk meniup lilin dengan kami peragakan, Narend sama sekali tidak bisa, dia hanya melihat lilin itu sambil berusaha untuk memegang lilin, alhasil jadi saya yang meniup lilin ultahnya Narend :)

Nah sekarang kan Narend sudah berusia 2 tahun, saya dan suami sebenarnya mau merayakan bersama teman-temannya Narend, tapi apa mau dikata, Narend kan belum sekolah jadi tidak ada teman-teman yang rutin ditemui belum lagi di komplek rumah, yang seumuran Narend tidak ada, kebanyakan umurnya sudah lebih dari 5 tahun, jadi kalau mau merayakan di rumah kayaknya gak tepat deh. Akhirnya ngobrol bareng suami deh.

Oline : Bingung mau ngerayain ultah Narend dimana nih, di komplek rumah anaknya udah pada gede-gede nih
Eko : Temen-temen kamu gimana, pada punya anak yang seumuran Narend gak? Kalau temen-temen aku gak ada nih
Oline : Wah temen-temen aku paling kecil anaknya usia 4-5 tahun, gimana ya?
Eko : Ya udah gak apa-apa kali ya, soalnya aku pernah dateng ke KFC Kemang, waktu itu lagi acara ulang tahun dan disana yang ulang tahun anaknya masih kecil kaya Narend cuma yang dateng anak-anaknya umur 5-10 tahun kok

Oline : Oh gitu, ngomong-ngomong Narend udah ngerti gak yah ultah itu apa, tar kaya tahun lalu, yang niup lilin kita juga
Eko : Hm... aku punya ide, gimana kalau ngerayain ultah Narend di Panti Asuhan yang ada di Galaxy?
Oline : Wah boleh juga tuh idenya, tapi nanti mereka mau gak yah?

Eko : Yah nanti aku dateng langsung kesana dan nanya langsung deh

Ngerayain Ultah dimana? 

Kata suami, ultah anak itu tidak sekedar merayakan bahwa umur bertambah, tapi lebih dari itu yaitu berbagi dengan orang lain, kalau biasanya kita berbagi dengan teman, saudara dan keluarga, kali ini kami mau berbagi dengan anak-anak panti asuhan. Panti asuhan yang kami pilih untuk acara ultah kecil-kecilan Narend kali ini adalah Panti Asuhan GRAY yang ada di Galaxy Bekasi, kenapa? Karena itu panti asuhan yang paling dekat dengan rumah. Karena ngerayainnya gak di KFC atau McD, tidak ada tuh yang namanya goddie bag, badut sulap ataupun balon. Nah mau tidak mau harus membuat acara yang simple. Kalau ngerayain diluar enaknya, tinggal siapin diri aja plus uang pastinya, mulai dari MC, goodie bag, balon, badut sulap sampai rangkaian acara lengkap semua deh.

Karena merayakannya di panti asuhan, saya harus menyusun acara sendiri, kira-kira begini rangkaian acaranya, pliss jangan ketawa bacanya ya, maklum yang nyusun acara emak-emak :)

15.30 - 15.45 : Pembukaan dan doa
15.45 - 16.00 : Acara tiup lilin

16.00 - 16.15 : Games
16.15 - 16.30 : Penutup dan doa

Menyiapkan Barang-barang yang mau dibawa

Karena tujuan kali ini tidak hanya merayakan ulang tahun, namun juga berbagi dengan anak-anak panti asuhan, jadi pastinya harus menyiapkan barang-barang yang mau disumbangkan ke panti asuhan, penasaran mau tahu barang-barangnya apa saja? :)

Ini nih karena terlalu banyak baju yang harus di sumbangkan - Doc: Pribadi

Baju sudah menjadi barang yang wajib di sumbangkan setiap kali kami pergi ke panti asuhan, menyumbang baju yang masih bagus dan layak pakai menjadi suatu keharusan. Sebenarnya sih masih banyak baju yang bisa di sumbangkan, tapi rencananya akan di sumbangkan di gelombang berikutnya :

Ini nih baju yang akan di sumbangkan, yang penting layak pakai loh ya - Doc: Pribadi

Nah selain baju untuk anak-anak, barang selanjutnya adalah buku. Karena saya saya seorang pecinta buku, koleksi buku-buku saya lumayan banyak loh.

Koleksi buku mulai dari novel sampai sampai buku tulis kosong :) - Doc: Pribadi

Yang susah itu, mencari buku yang sesuai dengan genre anak-anak seperti komik dan buku dongeng, hal ini karena kebanyakan buku-buku yang saya miliki adalah novel, majalah dan tabloid. Tapi berhubung saya sering datang ke acara-acara dan dapat buku tulis atau notes, alhasil saya menyumbangkan buku tulis, karena buku ini bisa dipakai untuk sekolah, buku tulisnya bukan buku tulis biasa, jadi kalau dibawa-bawa oleh anak-anaknya gak malu-maluin deh :)

Koleksi buku tulis hasil seminar dan workshop :) - Doc: Pribadi

Kalau hanya memberikan buku tulis kayaknya gimana gitu, melihat saya hanya mendapatkan buku tulis, akhirnya suami angkat suara, "Kalau gak salah kan aku ada koleksi komik yang aku koleksi sejak SMA, aku sumbangin komik juga deh". Langsung deh, suami sigap menuju gudang dan membongkar kardus yang isinya komik koleksinya itu.

Lagi milih-milih komik untuk disumbangkan - Doc: Pribadi

Sebenarnya, melihat suami menyumbangkan komiknya, agak-agak gimana gitu, karena waktu mendengar ceritanya bahwa komik-komik itu dikumpulkan sejak SMA untuk di koleksi, sayang aja kalau harus disumbangkan, tapi ternyata suami angkat bicara "Gak apa-apa kok di sumbangin, sekarang kan aku udah gak pakai lagi, jadi sayang kalau di simpan di gudang, lebih bermanfaat untuk anak-anak panti asuhan", mendengar perkataan suami seperti itu, ya sudah akhirnya saya pilih komik-komik yang mau disumbangkan.

Komik yang sudah dipilih untuk disumbangkan - Doc: Pribadi

Printout dari Morinaga MI Play Plan

Gak mungkin kan acara ulang tahun tanpa games, nah games yang saya pilih adalah mewarnai, namun kalau harus membeli buku mewarnai untuk anak-anak kayaknya jadi ribet karena harus ke toko buku, saya jadi ingat di artikel saya sebelumnya "Belajar Sambil Bermain Bersama Morinaga Multiple Intelligence MI Play Plan", dimana disana ada games Belajar Mewarnai Bersama Chila Chilo, dan asiknya bisa di printout loh :)

Printout mewarnai Chila Chilo di website morinagamiplayplan.com - Doc: Pribadi

Gimana caranya dapetin prinout keren Chila Chilo?

Buat kamu yang butuh prinout seperti foto diatas, coba deh buka www.morinagamiplayplan.com, nanti kamu akan melihat tampilan dibawah, langsung daftar aja deh.

Halaman utama www.morinagamiplayplan.com

Setelah daftar dan login, kamu akan menemukan halaman seperti gambar dibawah, klik aja Area Cetak MI, MI Printables.

Pilih "MI Printables" ya - Doc: Pribadi

Nah kamu tinggal download saja printout yang diinginkan, oiya karena file downloadnya ber-extension .PDF jadi kamu harus download terlebih dahulu PDF Reader disini.

Dipilih-dipilih mau printout yang mana - Doc: Pribadi

Morinaga Chil-Go!

Gimana asik kan, bisa dapet printout yang pas dan sesuai untuk anak-anak? :) ok kembali ke laptop, setelah menyediakan printout dan pensil warna, selanjutnya menyiapkan susu untuk anak-anak disana, sejak Narend mengenal susu formula, saya hanya memberikan 1 brand aja yaitu susu Morinaga, karena saya melihat bahwa Narend sangat suka dan tidak ada alergi apa-apa terhadap susu brand ini. Karena mau diberikan ke panti asuhan paling enak yah susu kemasan yang bisa dibawa kemana-mana terutama saat mereka mau ke sekolah, jadi saya memilih susu Morinaga Chil-Go!

6 kardus susu Morinaga yang siap di bawa untuk anak-anak Panti Asuhan - Doc: Pribadi

Tadinya sih mau beli susu Morinaga Chil-Go! yang rasa coklat saja karena Narend paling suka susu rasa coklat, tapi karena ini untuk anak-anak panti asuhan, pasti seleranya kan berbeda-beda, karena itu saya beli semua rasa yaitu Vanilla, Coklat dan Straberry. Mungkin kamu bertanya-tanya "Kenapa sih Morinaga?"

Alasan saya memilih Susu Morinaga

Kalau kamu membaca artikel saya sebelumnya "Yuk Dukung Si Kecil Menjadi Generasi Platinum" disana saya tuliskan bahwa untuk anak usia 1-2 tahun, sudah boleh mengkonsumsi susu steril atau full cream atau UHT, tapi karena di pasaran banyak brand susu jadi sulit untuk memilih. Saya dan suami bukan tipe orang yang suka coba-coba susu untuk anak, karena kata dokter nanti bisa mengakibatkan alergi susu, karena itu kami memilih susu yang pastinya lengkap nutrisi, seperti Kolin, Inositol, Inulin, Vit B Kompleks, Zat Besi, Yodium, Kalsium, dan pastinya Vitamin A, C, dan E.

Dari requirement diatas dan mencari brand-brand susu yang ada, susu yang mencakup semua itu adalah Morinaga, nah setelah itu akhirnya suami membeli susu Morinaga dan coba di konsumsi oleh Narend, hasilnya sampai sekarang Narend masih mengkonsumsi susu Morinaga tanpa ada alergi dan Narend sangat suka dengan susu Morinaga.


Nah alasan lain kenapa saya memilih Susu Morinaga ini, karena ada kemasan yang bisa dibawa-bawa yang disebut Morinaga Chil-Go!, dulu pernah sekali karena tidak membawa Morinaga Chil-Go! karena buru-buru, beli susu kemasan lain yang bentuknya kotak, eh waktu dipegang Narend, langsung muncrat, mungkin karena Narend memegang susu kemasannya dengan kuat hehehe, jadi kapok deh beli susu kemasan lain, akhirnya sekarang di bagasi mobil selalu sedia susu Morinaga Chil-Go! 1 pack isi 6 seperti foto dibawah.


Ok kembali ke persiapan barang-barang yang akan dibawah ke panti asuhan, nah semua barang-barang yang mau dibawah sudah disiapkan deh, jadi semua tinggal dimasukkan kedalam paper bag atau kardus. Gak banyak ya? Kalau menurut saya, menyiapkan semua barang-barang dibawah berdua sama suami lumayan takes time loh, bisa sekitar 2 jam baru selesai.

Siap di packing ke panti asuhan nih :) - Doc: Pribadi

Narend Time waktu beres-beres

Kalau kamu bertanya, "Narendnya bantuin persiapan ulang tahunnya gak?", pastinya dong, Narendnya bantuin saya dan suami, cuma bantuin ngacak-ngacak barang-barang loh :) waktu saya mau milih baju yang mau di kasih ke panti asuhan, narend ngambil satu persatu baju yang di tumpuk diatas tempat tidur trus dibuang di bawah :) Trus waktu milih buku-buku, Narend langsung mengambil pulpen trus nulis-nulis dibuku yang sudah disiapkan, alhasil beberapa halaman harus di sobek sebelum di berikan ke panti asuhan :) Nah yang paling ribet waktu suami mengambil kardus komik di gudang, komik-komik yang ada di dalam kardus dikeluarkan semua dari dalam kardus, trus Narend masuk ke dalam kardus :) Terpaksa komik-komik harus dirapikan kembali ke dalam kardus. Trus untuk kertas Chila Chilo tidak lepas dari "kreativitas" Narend loh, jadi kertas dan pinsil warnanya diambil trus diwarnai oleh Narend loh :) jadi terpaksa suami ngeprint ulang beberapa kertas Chila Chilo-nya :)

Persiapan barang-barang yang mau dibawa ke panti asuhan seru banget loh, bukan soal memilih apa saja yang mau dibawa ke panti asuhan, tapi karena tingkah lakunya Narend, bikin beres-beres jadi berantakan, tapi itu yang bikin semua itu fun.

Penasaran waktu sampai di panti asuhan gimana? Atau apakah Narend berhasil tiup lilin ulang tahunnya? :) Buka aja lanjutan kisahku "Merayakan Ulang Tahun Narend dan Berbagi Kasih di Panti Asuhan GRAY bersama Morinaga Chil-Go!"

0 comments:

Post a Comment

Bookmark Us

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

The Urban Mama

Mau email update seputar MPASI ?

Artikel yang banyak dibaca Bunda

Nyari Seputar apa Bunda ?

Menu Utama

Copyright © Mommy's World | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com