My world about breastfeeding and parenting

Thursday, September 15, 2016

Tips Mengajak Anak Bepergian Bersama Ke Suatu Acara


Hari Rabu, 14 September 2016 kemarin, ini pertama kalinya saya mengajak Narend syuting, mommies. Biasa-biasanya sih saya kalau syuting sendirian. Tapi kali ini karena permintaan klien boleh mengajak anak, jadi ya sudahlah, saya ajak aja sekalian. Dan ini kali kedua saya bepergian berdua saja dengan Narend untuk lokasi yang lumayan jauh dari rumah.


Banyak banget yang tanya kenapa saya gak pernah ngajak Narend kalau saya sedang ada acara, jawabannya simple aja, siapa yang mau jagain? Narend itu tergolong anak yang hiperaktif dan bener-bener gak bisa diam sama sekali. Mungkin diantara mommies juga ada yang memiliki keadaan serupa seperti saya. Tapi kalau lagi ada acara formal kok sepertinya saya enggan mengajak Narend. Karena saya tahu banget mengajak anak yang hiperaktif itu energi dan kesabarannya kudu full power. Kalau acara formal gak mungkin saya ajak. Karena saya pernah mengalami saat acara formal, ibu-ibu samping saya (ya saya kenal dia dan dia teman saya di satu komunitas) asyik sendirian menikmati acara, sementara anaknya dibiarkan dengan gadget terus loncat-loncatan di depan panggung. Duh ganggu banget deh! Itu yang di benak saya saat anaknya menyenggol-nyenggol saya dan sempat menumpahkan makanannya ke baju saya. Mau marah juga gak enak karena dia teman saya, gak marah juga dongkol banget baju saya kotor? 

Trus solusinya?
Yah diem ajah! Terus sambil bilang, yaudah gapapa :((

Kembali ke topik. Karena kemarin tema acaranya adalah kebersamaan bersama anak, jadinya sekalian saya ajak aja Narendnya. Karena saya tau ini bukan acara formal, jadi sekiranya bisalah Narend diam sesaat di jalan.

Dan nyatanya alhamdulillah dia bisa diam sesaat di jalan.

Di tengah jalan sebelum sampai di rumah, tiba-tiba Narend tertidur. Saya jadi gak enak membangunkannya. Jadi terpaksa saat sampai di lokasi, saya menunggu di parkiran sampai ia terbangun.


Buat para mommies yang ingin mengajak anaknya ke lokasi acara, mungkin bisa menerapkan hal ini :

1. Berangkat Jam Tidur Anak

Usahakan saat berangkat pada saat jam tidur anak. Jadi saat di jalan si anak bisa tidur dan tidak mengganggu kita saat acara berlangsung.

2. Siapkan Mainan Favoritnya

Jangan lupa membawa mainan favoritnya. Kalau Narend sih saya bawakan mobil-mobilan yang banyak, buku menggambar, dan tablet. 

3. Bawa Cemilan Favorit

Ini membantu banget. Saat anak udah mulai bosan, kita bisa berikan cemilan kesukaannya. Kalau Narend sih cemilannya biskuit atau roti. Jadi di rumah saya pasti sedia atau stock roti maupun biskuit. Selain mamanya juga doyan biskuit :)

4. Tau Diri

Nah, kalau udah tau anaknya bosan, semua mainan favoritnya juga baginya sudah tidak menarik lagi, kita sebagai orangtua yang sudah berani mengajaknya, ya jangan dicuekin. Kita asyik sendiri ke lokasi acara, sementara anak kita petakilan entah kemana. Serius moms, itu ganggu peserta acara lain lho! Jadi, sebaiknha mommies harus bisa membagi perhatiannya antra menikmati acara dan juga ke anak kita.

Syukur-syukur kalau anaknya bisa diajak kompromi alias diem aja saat dikasih Tablet atau smartphone. Coba kalau Narend, Youtubepun gak ampuh baginya. Jadi saya harus berkooperasi dengan bapaknya. Terpaksa bapaknya harus turun tangan menjaganya.

Saya tahu diri, Narend anak yang gak bisa diam. Daripada mengganggu acara saya dan saya menjadi stress karena tidak bisa menikmati acara, lebih baik Narend dititipkan saja di rumah. Situ enak ada yang bisa dititipkan di rumah? Kalau saya kan gak ada yang bisa jagain anak di rumah? Ya konsekuensinya ya harus terimalah. Jagain saat acara, atau kitanya gak usah hadir di acara.

5. Bawa Car Seat

Buat ladies driving seperti saya, car zeat jadi barang yang penting banget harus dibawa. Sebenarnya Narend gak vetah banget naik car seat, tapi demi keamanannya, mau gak mau saya pakaikan secara paksa. Mau nangis seperti apa juga saya gakkan hiraukan.


Mungkin yang bukan ladies driving, punya tips tersendiri lainnya. Dan sebenarnya posisi car seat yang dianjurkan juga bukan seperti ini, tapi menghadap sebaliknya. Tapi demi kenyamanan saya berkendara di jalan, daripada Narend berisik dan mengacaukan konsentrasi saya, sebaiknya car seatnya saya taruh seperti ini. Karena Narend paling suka melihat pemandangan. Dia tidak suka yang berdiam saja di jalan.

6. Tanyakan kepada penyelenggara apakah disana ada anak-anak lainnya

Ini bisa membantu anak kita supaya gak bosan di lokasi acara. Kalau ada temannya biasanya dia merasa lebih terhibur dan bisa bermain bersama.

Sesekali saya sering me-time dengan Narend. Lokasinya gak jauh dari rumah. Contohnya ke barber shop, makan siang berdua atau ke mall berdua. Manfaat me-time bersama anak, anak kita jadi makin tau diri, bahwa ia pergi berdua saja dengan mamanya, jadi sebisa mungkin saya tidak mau merepotkan mama saya. Itu yang mau saya ajarkan kepada Narend. Karena kami tidak mempunyai ART di rumah, sebiasa mungkin Narend harus mandiri dan tau diri.

Jadi sekarang udah tau ya kenapa saya jarang ajak Narend, kecuali di acara-acara bermain dan tidak formil? :)



Semoga tips yang saya berikan bisa bermanfaat ya. 

4 comments:

  1. Narend bisa diajak kompromi ya Mbaaak. Dia kayaknya ngerasa enjoy diajak mommynya jalan

    ReplyDelete
  2. Narend ceria banget yak diajak syuting. Happy to read this Mbak Oline! Semoga Narend sehat terus dan selalu happy kalau diajak jadi blogger cilik yes :)

    ReplyDelete
  3. kalo ke acara liputan sebisa mgk saya gabawa anak mba soalnya pengen memeberi liputam yg terbaik kecuali klo emg acaranya santai/acara anak. anak2 saya walo relatif anteng tp gampang bosen dan sayanya cape kalo hrs berbagi perhatian antara anak dan acara. blm lagi keamanan di kendaraan umum yg tak semua ramah anak

    ReplyDelete
  4. Huhu klo ga ada yang jagain anak-anak suka dibawa ke acara sama siapin aneka wejanganya, tapi kadang yak namanya anak-anak ga bisa diem kesana kemarihhh -__-

    ReplyDelete

Bookmark Us

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

The Urban Mama

Mau email update seputar MPASI ?

Artikel yang banyak dibaca Bunda

Nyari Seputar apa Bunda ?

Menu Utama

Copyright © Mommy's World | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com