My world about breastfeeding and parenting

Sunday, April 22, 2018

Sudah Cukupkah Nutrisi dan Edukasi Anak Kita Untuk Jadi Generasi Maju?


Hallo mommies. Saya mau update blog lagi nih. Kali ini tentang tumbuh kembang anak dan ada hubungannya dengan kecerdasan anak. Sebagai orangtua, hal apa sih yang terpenting untuk tumbuh kembang anak? Cuma 2 sih ya, yaitu kebutuhan nutrisinya dan edukasinya. Kalau gak makanannya, ya sekolahnya. Bener gak sih? 😉Sekolah dengan kurikulum yang oke, makanannya juga gizi seimbang, its done. Tapi ternyata pemahaman saya salah. Karena jika kita ingin menjadikan anak kita generasi maju, sebenarnya ada beberapa aspek yang harus kita perhatikan, yaitu lebih daripada itu. Kita ingin menjadikan anak kita seperti apa? Salah satu kuncinya adalah kita harus memahami tumbuh kembang anak. Nah kita-kira hal ini yang saya pelajari saat saya menghadiri blogger gathering bersama SGM Eksplor di The Kaffeine Foundry 8 Jakarta.


Nara sumber yang pertama ada mba Anna Surti Nina (atau yang akrab dipanggil Nina), materinya adalah tentang Pahami Tumbuh Kembang Anak Untuk Menjadikannya Anak Generasi Maju.



Menurut mba Nina untuk mendorong anak memiliki 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju, orangtua harus menggali 5 aspek tumbuh kembang anak yang saling berkaitan dengan yang lain supaya ia memiliki tumbuh kembang optimal, dari aspek kognitif, fisik, emosi, bahasa dan sosial. Jadi orangtua diharapkan dapat secara bertahap dan terus menerus menstimulasi kelima aspek tumbuh kembang ini yang dapat mendukung anak kita menjadi generasi maju. Ini penting karena lima potensi anak generasi maju tidak tumbuh instan, namun perlu dikembangkan sejak dini.

Untuk itulah SGM Eksplor memberikan edukasi nutrisi bagi orangtua untuk membantu memastikan asupan nutrisi yang baik untuk anak kita. Di tahun 2018 ini SGM Eksplor memperluas lagi dukungannya dengan juga memberikan bantuan dari sisi pendidikan yang merupakan salah satu faktor penting dalam mewujudkan generasi maju Indonesia.

Mba Nina juga menjelaskan bahwa untuk menjadikan anak generasi maju, ada 5 hal yang harus kita pahami :

Tumbuh Tinggi dan Kuat 
Kita harus perhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak kita apakah sesuai dengan tahapan usianya. Misalnya untuk usia 1-3 tahun, kita bisa mengenalkan makanan keluarga, lalu bisa memberikan stimulasi motorik. Untuk usia 3-5 tahun, kita bisa memberikan stimulasi kasar dan halus.

Percaya Diri 
Mba Nina menjelaskan bahwa anak yang percaya diri itu bukan hanya ia berani tampil di muka umum, tapi juga dia bisa yakin terhadap kemampuan dirinya. Bagaimana caranya? Kita bisa menumbuhkan attachment, bunda sensitif, dan responsif, memberikan kesempatan lebih luas, mengatur ruangan agar ramah anak, dan memberikan kesempatan bagi anak untuk mencoba, dan jangan lupa untuk berikan pujian.

Cerdas Kreatif Artinya bisa cepat menangkap dan mengerti serta banyak ide. Caranya bagaimana? Berikan kesempatan tentang hal-hal baru, kita bisa ajak berkreasi, ajak anak kita untuk bercakap-cakap dengan kalimat singkat tapi lengkap, munculkan rasa ingin tahunya, dan berikanlah jawaban untuk pertanyaan si kecil.

Mandiri 
Artinya bisa mengandalkan kemampuan sendiri. Caranya? Yaitu dengan orangtua menebak dan meladeni kebutuhan anak dengan benar (sensitif atau responsif). Berikan kesempatan anak kita untuk menjelajahi lingkungannya. Berilah kesempatan melayani dirinya sendiri (makan, minum, dsb). Berikan kesempatan pada anak untuk belajar merawat dirinya sendiri (mandi sendiri, bersihkan diri sendiri, atau pakai baju sendiri).

Supel 
Artinya bisa berteman dan bekerja sama serta berbagi dengan sesamanya. Caranya? Yaitu dengan sering saling bertatapan mata dengan kita, kita bisa ajak main bersama, menenangkan saat ia takut terhadap oranglain, ajak anak kita mengobrol, dan beri kesempatan bermain dengan teman sebayanya.

Alhamdulillah ke-5 hal tersebut sudah saya aplikasikan kepada Narend. Perkembangan juga sudah sesuai usianya. dia juga pede berbicara kepada oranglain, bisa bernyanyi di hadapan umum, bisa mandiri sendiri, dan bisa bermain dengan teman sebayanya.

Anak Sukses = Anak Yang berkepribadian Baik

Sebagai orangtua kita juga pasti menginginkan anak kita sukses. Nah, sukses yang dimaksud itu adalah anak yang memiliki tubuh yang sehat, prestasi baik, berhubungan baik dengan oranglain, sejahtera dan bahagia, dan juga nasib lebih baik daripada orangtua.

Selanjutnya nara sumber kedua adalah Dr. Capri Anjaya, SPd. M. Hum, Pemerhati Pendidikan Usia Dini. Beliau mengatakan bahwa pentingnya pendidikan dan lingkungan usia dini (PAUD) untuk menjadikannya anak generasi maju. Dr. Capri menjelaskan bahwa salah satu kemajuan anak Indonesia adalah adanya sinergi pengetahuan, keterampilan dan sikap.



Selanjutnya adalah Mba Astrid Prasetyo, Marketing Manager SGM Eksplor. Sejalan dengan visi misi SGM Eksplor bahwa setiap anak Indonesia berhak untuk maju memiliki masa depan yang cerah sehingga bisa meraih cita-citanya. Untuk itulah SGM Eksplor bekerjasama dengan beberapa PAUD. PAUD memiliki peranan penting bagi perkembangan anak juga mendapat perhatian khusus dari SGM Eksplor untuk mendukung pendidikan generasi maju. SGM Eksplor akan bekerjasama dengan 100 PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia dalam bentuk edukasi nutrisi dan dana pendidikan.



Ohya, sebagai wujud nyata terhadap komitmen SGM Eksplor ini, di tahun 2018 ini SGM Eksplor akan mengajak orangtua untuk merayakan dan mendukung bakat atau potensi prestasi yang ada di setiap anak Indonesia melalui kegiatan Sahabat Generasi Maju. Untuk berpartisipasi mommies bisa upload cerita potensi anak kita melui Facebook Aku Anak SGM dari tanggal 19 April - 10 Juni 2018. Perayaan potensi ini akan dilakukan di 3 kota yaitu Yogyakarta, Surabaya dan Jakarta. Dan grand finalnya dalam rangka perayaan Hari Raya Nasional di Jakarta pada bulan Juli 2018. Dalam grand final ini akan terpilih 25 pemenang yang akan mendapatkan dana beasiswa pendidikan dengan total satu milyar rupiah.

Ohya, sekarang SGM mengeluarkan kemasan baru lho, supaya bisa dibawa kemana-mana. Karena SGM mengerti aktivitas anak itu sangat banyak, bekal nutrisi anak harus tetap diperhatikan.

Gak hanya kemasan baru, tapi juga dengan formula baru, yaitu formula Complinutri yang mengandung Omega 3, Omega 6, Vitamin dan Mineral diadaptasi dari kebaikan susu bubuk SGM Eksplor.


Wahh kebetulan banget Narend minum susu SGM juga di rumah. Kalau ada kemasan yang seperti ini kan jadi mudah dibawa sat dia mobile. Praktis. Dia ada 2 rasa yaitu coklat dan strawberi. Bisa dibeli di Hypermarket, Mini Market atau Supermarket terdekat.



0 comments:

Post a Comment

Bookmark Us

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

The Urban Mama

Mau email update seputar MPASI ?

Artikel yang banyak dibaca Bunda

Nyari Seputar apa Bunda ?

Menu Utama

Copyright © Mommy's World | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com