My world about breastfeeding and parenting

Wednesday, December 13, 2017

ZooMoo, Menyeimbangkan Antara Kebutuhan Digital dan Sosial


Hai moms, udah lama banget nih saya gak update blog. Maaf ya. Kali ini saya mau cerita happy nih. Saya mau cerita tentang ada satu aplikasi edukasi yang keren untuk anak kita. Jadi gak melulu nonton Youtube atau main gadget yang gak jelas. Mau tau gak apakah itu? Nanti saya ceritakan kelebihan dan kekurangan dari aplikasi ini ya. 

Gadget dan Youtube, siapa sih yang gak tau? Bahkan anak bayi aja udah gape (baca : pinter) banget buka dan mainkan keduanya. Gak cuma bayi aja, tapi bahkan balita sampai orang dewasa juga semua suka Youtube, ya termasuk saya moms. Tapi kalau orang dewasa kan udah tau ya, bisa memilah mana tayangan yang baik, dan mana yang bukan. Kita bisa memfilter diri kita sendiri. Sedangkan anak-anak? Sepertinya sulit ya. Kalau Youtube sudah di depan mata, hampir semua dilihat dan ditonton. Eits, saya gak bilang Youtube ini negatif ya, hanya saja kita sebagai orangtua kudu bisa menjadi batasan dan 'satpam' anak-anak kita. Saat anak kita membuka gadget disitulah mata kita layaknya CCTV yang harus awas selama dia membuka gadget itu. 

Di era multilayar ini, peran orangtua dalam mengasuh anak menemui tantangan baru. Dengan adanya smartphone, tablet, dan smart TV yang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, orangtua dituntut untuk dapat menyeimbangkan konsumsi digital anak-anak kita dengan interaksi sosial, sekolah dan aktivitas penting lainnya untuk kemajuan dan perkembangan anak kita, supaya tetap bisa mendapatkan dampak positif dari semua paparan teknologi interaktif yang digunakan. 

Berdasarkan riset dari The Common Sense Cenus mengenai penggunaan media oleh anak-anak usia nol sampai delapan tahun, ditemukan lebih dari 1.400 orangtua di seluruh Amerika Serikat, bahwa kehidupan anak-anak telah terpapar teknologi baru. Pada tahun 2011 sebanyak 41 persen anak usia nol sampai delapan tahun memiliki perangkat tablet sendiri dan pada tahun 2017 sudah meningkat menjadi 95 persen. Rata-rata mereka menghabiskan waktu sekitar dua setengah jam sehari dengan media layar. Dari kebanyakan mereka, media layar yang digunakan adalah perangkat mobile dan durasi penggunaannya juga semakin meningkat, yaitu mulai dari lima menit sehari di tahun 2011, jadi 15 menit sehari di tahun 2013, sampai 48 menit sehari di tahun 2017. Data ini berdasarkan riset dari Michael Robb, Kids Screen Time Shifts Dramatically towards Phones and Tablets

So, gadget makes they're so addicted, right?

Sebagai orangtua yang punya anak terlahir di zaman milenials, saya pribadi cukup banyak belajar do and donts apa manfaat serta negatifnya dari gadget. Tapi saya bukan orangtua yang tidak memperbolehkan anak bermain gadget, semua ada waktunya. Tapi khusus yang satu ini, saya gak khawatir lagi, karena aplikasi ini saya jamin 100% isinya mengedukasi, nama aplikasinya adalah ZooMoo. Sudah ada yang pernah pakai atau download aplikasinya?


Kepentingan untuk mendukung interaksi antara teknologi, anak dan orangtua ini ditangkap oleh ZooMoo, sebuah channel televisi khusus untuk anak-anak pra-sekolah. Namun gak hanya channel televisi aja, ZooMoo bisa ditemukan di aplikasi PlayStore atau AppStore lho moms. Karena ZooMoo ingin menyeimbangkan kebutuhan teknologi, interaksi sosial dan televisi, yang semakin membuka dunia aktivitas interaktif bagi anak-anak, dimana perangkat tablet dapat menjadi perpanjangan layar televisi dan dapat meningkatkan pengalaman anak menonton sambil bermain dengan cara yang dukatif. Aplikasi ini bisa bersinkronisasi dengan tayangan televisi ZooMoo tanpa menggunakan jaringan internet  karena akan terhubung menggunakan Voice Recognition melalui piranti yang dapat membaca suara hewan yang ada di tayangan ZooMoo dan menampilkannya ke dalam aplikasi secara langsung. 


ZooMoo adalah saluran pembelajaran yang berbasis informasi faktual untuk anak-anak yang pertama di Asia, dengan fokus unik pada konservasi dan satwa liar yang memiliki variasi program yang menarik sekaligus mengajak anak-anak untuk menjelajahi dunia binatang dengan cara menghibur, interaktif dan menciptakan lingkungan yang aman untuk merangsang pikiran dan tubuh anak-anak. 


Di aplikasi ada banyak aktivitasnya. Mulai dari memberi makan dan merawat hewan, memotretnya dan disimpan dalam galeri foto, sampai belajar sampai 150 nama dan bentuk binatang melalui klip video. Nanti setelah download, aplikasi ini gak butuh koneksi internet untuk dimainkan, aplikasi ini juga FREE. Aktivtas yang ada di dalam aplikasi bisa mendorong anak untuk belajar menentukan cara terbaik dan kecepatan menyelesaikan suatu tantangan. Aplikasi ini dibuat untuk saling melengkapi, saat program di televisi mengenalkan gagasan dan hewan baru, aplikasi ini memberikan penguatan dan konten tambahan yang bisa disesuaikan dengan kecepatan masing-masing anak. 

Saya pribadi setelah tahu ada aplikasi dan channel ZooMoo ini happy banget pastinya. Karena sekarang Narend gak hanya nonton TV saja, tapi juga ada nilai edukasinya juga. Saat main aplikasinya, Narend juga banyak belajar soal binatang. Tentunya saat Narend membuka aplikasi ini, saya tetap mendampinginya sampai ia selesai. Kalaupun saya tidak bisa disampingnya, aplikasi ini aman dibuka oleh anak-anak kok. 

Ohya, aplikasi ini banyak dipuji oleh para independen. Pada tahun 2015 aplikasi ZooMoo menerima Parents Awards Seal of Approvement Award yang dinobatkan oleh Parent's Choice di Amerika Serikat sebagai aplikasi yang aman dan dirancang secara intuitif dan menghibur bagi anak-anak untuk belajar fakta tentang hewan dan habitatnya, serta gimana caranya merawat mereka, makannya apa sesuai dengan habitnya dimana. Seru! 

Lalu di tahun yang sama, aplikasi ZooMoo ini diberikan rating bintang lima oleh EducationalAppStore.com, salah satu situs yang pendapatnya banyak dipertimbangkan di Inggris, sebagai aplikasi anak-anak sangat menarik dan terbaik dalam kategori edutainment. 

Sekarang aplikasi ZooMoo ini dari Mei sampai September penggunanya meningkat sebanyak 7,2 persen lho, untuk android senayak 70% dan untuk iOs sebanyak 47%.

Buat kamu yang ingin menonton ZooMoo ini bisa ditonton di First Media channel 372 (HD), Indovision channel 39, Oke Vision 65, dan MNC Play Channel 421. 




0 comments:

Post a Comment

Bookmark Us

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

The Urban Mama

Mau email update seputar MPASI ?

Artikel yang banyak dibaca Bunda

Nyari Seputar apa Bunda ?

Menu Utama

Copyright © Mommy's World | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com