My world about breastfeeding and parenting

Saturday, April 6, 2019

6 Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Setelah Melahirkan



Hallo moms. Apakah moms baru saja melahirkan? Selamat ya, welcome to the real world 😉 selamat memasuki dunia yang penuh challenge 😊

Setelah melahirkan, aktivitas yang bisa dilakukan semua serba terbatas, karena moms butuh waktu untuk recovery. Untuk yang persalinan normal, butuh waktu untuk recovery luka yang ada di jalan lahir. Untuk yang operasi caesar, butuh recovery juta untuk luka di bagian perut.

Belum lagi moms harus mengatur waktu dan emosi karena semua rutinitas otomatis akan berubah. Apalagi di minggu-minggu pertama pasca persalinan. Jadi busui yang harus stand by selama 24 jam itu sangat menguras waktu.


So, kegiatan apa aja sih yang bisa kita lakukan, terutama saat masa nifas (40 hari)?

Di bawah ini saya sudah rangkum apa saja yang bisa kita lakukan dan sekaligus bisa jadi refreshing? Yang pasti kegiatan di bawah ini dilakukan benar-benar saat asca persalinan ya, bukan dalam jangka waktu lama (3 bulan asca melahirkan).

1. Fokus Perbaikan Nutrisi

Ibu yang baru melahirkan sangat membutuhkan banyak nutrisi, terutama protein. Selain itu juga, butuh asupan sayur (khususnya sayuran hijau) supaya aliran ASI nya menjadi lancar. Untuk itu, moms harus mengatur asupan apa saja yang menjadi makanan sehari-hari.

Kalau saya sih, sebisa mungkin setiap hari, saya usahakan ada unsur proteinnya, seperti 1 butir telur per hari. Itu minimalnya. Protein untuk mempercepat proses recovery.

Untuk menu makanannya, misalnya, pagi hari nasi goreng telur. Siang-malamnya sayur bayam (sayur hijau), ayam rica-rica (protein), tahu/tempe (optional), pepaya (buah).

Jangan lupa selalu makan makanan yang mengandung serat, karena ibu menyusui juga terkadang masih ada kemungkinan sembelit. Selain itu pengeluaran ASI juga jadi lancar.

Kalau moms sekiranya stamina jadi terkuras habis, bisa dibantu dengan minum vitamin dan booster ASI. Karena jadi busui itu gak boleh sampai sakit 😊

2. Absen Kegiatan Berat

Pasca melahirkan, masih butuh penyesuaian waktu. Untuk itu sebaiknya untuk pekerjaan-pekerjaan rutin tapi berat seperti mencuci baju, menggosok baju, memasak, sebisa mungkin alihkan pada oranglain. 

Kalau saya sih, urusan mencuci baju, saya bagi dua dengan suami. Kalau untuk menggosok baju, saya serahkan sepenuhnya kepada laundry. Kebetulan laundry dekat rumah gak ada yang bisa antar jemput. Nanti yang antar jemput adalah suami setelah pulang kerja.

Kenapa gak sekaligus mencuci dan menggosok di laundry? Lama! Bisa 3-4 hari. Jadi saya tetap mencuci sendiri di rumah (toh kan pakai mesin cuci, jadi gak masalah). 

3. Olahraga Pasca Melahirkan

10 bulan hamil, pasti semua bagian tubuh butuh perbaikan. Nah, kita bisa fokus melakukan olahraga pasca melahirkan nih. Moms bisa searching di Youtube.
Keywords yang bisa moms pakai :
Olahraga mengecilkan perut,
Olahraga nifas, 20 menit,
Latihan membakar lemak setelah melahirkan, dsb.

Moms bisa lakukan saat si kecil sedang tertidur pulas (deep sleep). Biasanya deep sleep itu sekitar 2-4 jam. Kalau dilakukan rutin setiap hari minimal 20 menit perhari aja, lumayan kan bikin otot perut kita jadi bekerja 😉

4. Melakukan Hobby

Masa-masa baru melahirkan adalah masih masuk masa-masa penyesuaian waktu dengan kehadiran anggota baru di rumah. Yang tadinya terbiasa bekerja di rumah, ritme bekerjanya jadi berantakan. Based on pengalaman sih, karena saya bekerja di rumah, otomatis saya sudah tidak bisa lagi menerapkan bekerja 9 to 5. Kalaupun ada waktu luang, saya lebih baik pakai untuk istirahat. Karena malam saya pasti begadang.

Nah, untuk menjaga kewarasan ibu (baru) menyusui demi menghindari adanya baby blues, moms bisa melakukan berbagai hobby. Bisa menggambar, menulis, membaca buku, dsb.

Kalau moms hobby ngevlog, nah disaat kecil tidur, moms bisa manfaatkan nih untuk ngevlog 😊

Melakukan hobby juga bisa menjadi stres relieve.

5. Online Activity

Di saat si kecil tidur, kita bisa memanfaatkan waktu untuk browsing dan window shopping. Kalau saya paling sering window shopping, karena saya gak punya banyak waktu keluar rumah, jadi saya jadi sering window shopping, khususnya belanja baju dan kebutuhan Carissa.

6. Nonton Youtube

Punya bayi membuat saya jarang nonton TV. Karena kalau si kecil lagi tidur, otomatis TV saya matikan. Kalaupun TV sedang ON, suaranya saya silent.

Biasanya yang saya tonton itu random aja. Yang penting bikin hati happy. Kalau saat ini sih karena saya sedang belajar editing video, kalau ada waktu nonton youtube, saya pasti belajar editing video lagi.

Kalau moms senang merajut, mendesign, nah di saat inilah moms bisa belajar.

Nah, itulah ke-6 hal yang bisa moms lakukan pasca melahirkan versi saya. Sebenarnya mungkin masih ada hal lain yang bisa dilakukan, tergantung nyamannya moms seperti apa. Yang penting gak perlu menguras tenaga, pikiran harus happy, supaya kita bisa melewati masa breastfeeding selama 2 tahun dengan penuh bahagia 😊

Semoga artikel ini bermanfaat ya moms.

0 comments:

Post a Comment

Bookmark Us

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

The Urban Mama

Mau email update seputar MPASI ?

Siapa sih bunda Oline?

Artikel yang banyak dibaca Bunda

Nyari Seputar apa Bunda ?

Menu Utama

Copyright © Mommy's World | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com