Mommy's World

My world about breastfeeding and parenting

Nice to meet you!

Owner @AuraBatik | Mompreneur - Vlogger - Blogger - Loves Cooking & WomenPreneurCommunity | Coffee Addict | caroline.adenan@gmail.com
Oline

What Read Next

Meningkatkan Quality Time Bersama Keluarga Saat Social Distancing



Quality time dalam keluarga adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tetapi karena beberapa hal yang tidak dapat dihindari, banyak keluarga modern saat ini yang kewalahan dalam menerapkan quality time. Nah, dengan adanya social distancing ini, sebenarnya kita diberikan waktu untuk bisa melakukan hal-hal yang tadinya sulit untuk dilakukan, termasuk meningkatkan quality time bersama keluarga.

Kenapa Penting?


1. Meningkatkan semangat hidup anggota keluarga
2. Memperkuat ikatan keluarga
3. Meningkatkan kemampuan akademia dan IQ anak
4. Menjaga stabilitas emosi anak
5. Menumbuhkan kemampuan anak untuk bersosialisasi
6. Membentuk komunikasi positif dengan anak dan pasangan

❣ Meningkatkan semangat hidup anggota keluarga
Dalam beberapa penelitian, disebutkan bahwa quality time meningkatkan semangat hidup keluarga. Anggota keluarga dengan cukup quality time akan menjadi lebih bahagia, get along really well, dan minim konflik.

❣ Memperkuat ikatan keluarga
Quality time juga bisa memperkuat ikatan batin antar anggota keluarga. Ikatan batin itu terbentuk salah satunya dengan sering meluangkan waktu bersama, berkomunikasi, menghadapi dan memecahkan permasalah bersama, dsb. Hal inilah yang bisa memperdalam ikatan keluarga antara satu dengan lainnya.

❣ Meningkatkan kemampuan akademis dan IQ anak
Keluarga yang sering menerapkan quality time akan memiliki banyak waktu untuk membimbing anak-anaknya dalam belajar. Hal ini tentu akan berpengaruh ke dalam kemampuan akademis anak.

❣ Menjaga stabilitas emosi anak
Stabilitas emosi anak sangat bergantung kepada ikatan antara anak dan orangtua. Anak yang cepat emosi biasanya dikarenakan ada amarah yang tidak tersalurkan. Biasanya signs of protests anak juga akan ditampilkan dalam bermacam-macam perilaku negatif. quality time bersama keluarga telah terbukti dalam meningkatkan stabilitas emosi anak karena akan menghasilkan anak-anak yang lebih bahagia dengan keluarganya maupun dengan dirinya sendiri.

❣ Menumbuhkan kemampuan anak untuk bersosialisasi
Kemampuan anak dalam bersosialisasi di masyarakat akan bermula dari dalam keluarganya. Bila ikatan dan komunikasi dalam keluarga baik dan positif, biasanya akan tumuh rasa percaya diri yang adekuat untuk menjadi support anak dalam bersosialisasi dengan lingkungannya.

❣ Membentuk komunikasi yang positif dengan anak dan pasangan
Komunikasi positif hanya bisa ditumbuhkan melalui waktu yang diluangkan untuk keluarga. Tanpa adanya waktu luang, maka komunikasi antar keluarga sulit untuk terbangun. Quality timemerupakan salah satu proses yang paling sederhana untuk dapat melatih komunikasi dengan para anggota keluarga.

Keluarga Tanpa Quality Time

1. Sulit untuk komunikasi
2. Mudah terserang konflik
3. Satu sama lain tidak saling kenal aecara mendalam
4. Pembentukan kepribadian menjadi terganggu
5. Muncul sikap egois dan tidak peduli
6. Anak akan mencari kenyamanan di rumah.

Komunikasi Antar Anggota Keluarga


❣ Dengarkan anak
Dengarkanlah terlebih dahulu apapun yang dikatakan anak. Biarkan mereka tahu bahwa mommies tertarik untuk mengetahui dunia mereka. Tanyakan kepada mereka apa yang terjadi di sekolah dan lingkungan mereka. Usahakan jangan beralih ke televisi, koran atau telepon ketika mereka mulai bicara.

❣ Berbicara dengan mereka
Hindari gadget moms dan mulailah berbicara dengan anak moms tentang hal-hal favorit mereka. Tunjukkan rasa penasaran moms pada apa pun yang mereka ceritakan, hal ini akan melatih anak untuk percaya diri ketika berbicara.

❣ Berikan mereka waktu untuk merespons
Anak-anak mungkin memerlukan beberapa saat untuk memproses dan memahami apa yang moms katakan. Jadi berikan mereka waktu untuk merespons perkataan moms.

❣ Siapkan anak moms untuk dunia yang lebih maju
Kita tidak bisa memaksa anak-anak untuk terlepas dari era teknologi yang serba canggih. Yang bisa kita lakukan adalah menyiapkan mereka. Anak-anak tumbuh dewasa menonton dan meniru apa yang dilakukan orang tua mereka, contohnya dengan menghabiskan waktu luang bermain gadget.

Orang tua yang baik akan menyiapkan dan membimbing mereka. Pilihlah gadget yang sesuai untuk anak. Moms juga bisa memberikan gadget yang aman, sebuah gadget yang diciptakan khusus untuk komunikasi dan keamanan anak.

❣ Berkomunikasilah dengan lebih sederhana dan jelas
Jangan membuat anak moms bingung dengan menunjukkan sikap dan perkataan yang rumit. Mereka  bisa saja salah mengartikan perkataan atau gerak tubuh moms jika itu terlihat rumit.

❣ Berikan kata-kata yang memotivasi
Buatlah mereka merasa aman dan berikan anak kebebasan penuh untuk berkarya sesuai keinginan mereka. Teruslah memotivasi apapun hal baik yang mereka lakukan.

❣ Ajaklah anak turut berdiskusi
Ciptakan percakapan yang membuat anak berpikir, libatkan anak dalam memilih sesuatu misalnya, ketika memilih warna cat kamar anak. Melatih critical thinking anak bisa dimulai sejak dini dengan hal sederhana, hal ini juga membuat anak merasa bahwa pendapatnya diperlukan.

Sikap-sikap Penting Saat Quality Time

❣ Hindari terlalu banyak bermain gadget
❣ Mencari kegiatan yang bisa dilakukan bersama
❣ Bila anak-anak merasa kurang menyukai quality time tidak perlu dipaksa hari ini, bisa dicoba lagi besok dan seterusnya
❣ Bila terjadi konflik, jangan menyerah, konflik itu bisa menjadi pertanda baik bila diselesaikan dengan tuntas. Dengan adanya konflik, hubungan antar anggota keluarga naik ke level yang lebih tinggi

Aktivitas Selama Quality Ttime


Banyak aktivitas yang bisa dilakukan bersama-sama seperti mengerjakan hobi dan kesenangan bersama.
Misalnya memasak, bermain musik, berolahraga, membaca buku, bermain board game, bermain kuis/pertanyaan, berlatih meditasi bersama, dsb.

Komunikasi
Tanyakan high/low hari ini. High adalah sesuatu hal yang membuat mereka senang, dan low adalah suatu hal yang membuat mereka tidak senang.

Tanyakan tentang kehidupan mereka (siapa sahabat dekatnya, masalah apa yang sedang terjadi, bagaimana keadaan teman-temannya selama pandemi, permainan online apa yang sedang mereka sukai, dll)

Bermain tebak gambar
Anak harus menebak judul film/lagu/kalimat dan lainnya melalui gambar yang digambarkan orangtua

Quality Time Untuk Mendidik Anak


❣ Minta anak-anak untuk membantu pekerjaan rumah sesuai dengan usianya
❣ Menemani belajar selama anak-anak Learning From Home
❣ Bermain puzzle, teka teki silang, atau permainan lain yang bisa menambah ilmu anak (tanya jawab mengenai planet, dinosaurus, dll)

Quality Time Bersama Pasangan


Jangan lupa untuk melakukan kegiatan yang disenangi berdua dengan pasangan misalnya nonton film, mendengarkan musik, bermain musik bersama, membaca buku, atau hanya sekedar mengobrol dan bertukar pikiran.

Bila keseharian biasanya dipenuhi oleh aktivitas yang sifatnya rutin dan dituntut oleh peran tertentu, ini saatnya untuk benar-benar mengembalikan qualitas ikatan bersama pasangan. Hal ini bisa dimulai dengan melatih komunikasi positif dengan pasangan kita.

Perlu Diingat Selama Quality Time Bersama Keluarga


1. Berikan waktu untuk adaptasi
2. Tidak perlu menerapkan ekspektasi yang tinggi
3. Mulai dari perubahan sikap yang kecil
4. Konsisten dalam menerapkan perubahan

❣️ Memberikan waktu untuk adaptasi selama quality time sangat perlu. Karena anggota keluarga juga pastinya belum familiar dengan perubahan yang terjadi. Kalau ada anggota keluarga yang belum nyaman, memberikan waktu untuk merasa nyaman dan terbiasa merupakan proses yang sangat penting.

❣️ Tidak perlu menerapkan ekspektasi yang terlalu tinggi. Misalnya, seharusnya kalau diajak quality timepada semangat dong!. Adanya ekspektasi justru akan mengurangi manfaat quality time. Anggota keluarga bisa merasa terpaksa dan akhirnya malah menghabiskan waktu yang tidak berkualitas

❣️ Untuk bisa cepat beradaptasi, sebaiknya perubahan dilakukan sedikit demi sedikit. Pastikan aksi-aksi kecil itu benar-benar menjadi kebiasaan setiap anggota keluarga agar dapat mencapai tujuan quality time.

❣️ Konsisten dalam menerapkan perubahan menuju arah yang lebih baik juga bagian penting dari perbaikan. Sebaiknya, hal-hal yang sudah bagus dipertahankan dan quality time jangan hanya diadakan selama social distancing saja, tetapi bagus untuk diterapkan untuk jangka panjang 😊

Nah moms, itulah tips gimana caranya meningkatkan quality time bersama keluarga. Ternyata ada hikmahnya juga ya moms saat social distancing seperti sekarang ini.

Kalau moms ada masukkan lainnya, boleh lho drop di kolom komentar. Saya tunggu ya.

Semoga artikel saya bisa bermanfaat.

Comments

  1. Bener banget, Mba.

    Qtime emang penting banget.

    Sebelumnya saat suami libur, Qtimenya jalan-jalan aja refreshing di luar.

    Tapi semenjak wabah ini, paling Qtimenya ga jauh-jauh dari pillow talk, main sama anak jadi lebih intens, kerja sama urus kerjaan domestik.

    ReplyDelete
  2. Anakku sih udah gedean, si sulung cewek kelas 9 dan bungsu cowok kelas 6 :) ALhamdulillaah mereka udah mampu mengelola waktu bikin tugas online dll. AKu dan papanya mengarahlan dan bantu jika ada kesulitan mata pelajaran. Papanya WFH jadi sibuk meeting online? AKu malah jadi sering masak dll urusan domestik ga kelar2 hahaha tapi alhamdulillaah quality time makin oke in sya allah aamiin :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *