Mommy's World

My world about breastfeeding and parenting

Nice to meet you!

Owner @AuraBatik | Mompreneur - Vlogger - Blogger - Loves Cooking & WomenPreneurCommunity | Coffee Addict | caroline.adenan@gmail.com
Oline

What Read Next

Menu Makanan Wajib Khas Lebaran Di Rumah Saya


Hi Moms! Siapa yang disini setiap lebaran pasti bebikinan cemilan atau memasak penganan lebaran? Ngacung! Sama dong 😋 Walaupun saya sudah kurang lebih 8 tahun tinggal bersama mertua, urusan memasak selalu diserahkan kepada saya. Mama mertua sih masih sehat, cuma karena matanya kurang sehat, jadi urusan memasak sudah tidak bisa. Makanya saya yang suka ambil alih di rumah. Kalau waktu saya di rumah mama sih, mama saya yang memasak semua. Tapi terkadang gak melulu tinggal di rumah mertua menantunya yang memasak, terkadang ada juga yang mertuanya yang masak. Atau ada juga yang gak masak sama sekali, alias pesan atau beli jadi 😋 Saya sih bukan tipe yang mau ambil gampangnya aja, alias beli jadi, karena rasanya benar-benar tidak ada yang pas dengan lidah saya, suami ataupun mertua, jadi yaudah bikin aja deh, toh juga menunya yang sering saya masak sehari-hari. Cuma beda di variannya aja. 

Mungkin tahun ini jadi lebaran terakhir di rumah mama mertua, karena insyallah tahun ini kami akan pindah ke rumah baru, sehubungan Narend akan masuk SD. Karena di rumah ada 6 orang, pastinya ada keinginan dan selera yang berbeda-beda. 

So, apa aja sih menu wajib harus ada setiap tahun saat Lebaran di rumah saya?

1. Rendang

Siapa yang suka masak rendang di rumah? Saya! 😀 Ngacung duluan. Iya, rendang jadi makanan terwajib di rumah setiap Lebaran tiba. Bumbu rendang yang saya pakai juga tidak biasa. Kalau biasanya saya pakai bumbu instan (siap pakai dari Indofood), tapi kalau setiap Lebaran, bumbu yang saya pakai selalu saya beli di pasar. Rasanya beda aja kalau bikin bumbu halus sendiri ketimbang beli bumbu di pasar. Karena yang ngeracik orang padang asli, jadi rasanya beda. Dan sayapun gak mau gambling, kalau pakai bumbu giling sendiri, saya khawatir rasanya tidak sama seperti rendang pada umumnya. Indikator rendang enak menurut keluarga saya yaitu Rendang Padang Sederhana. Jadi kurang lebih sebisa mungkin saya bikin rendangnya kudu persis seperti itu. Nah, kalau beli bumbu racikan pasar, rasanya bisa 11-12 mirip deh.

Biasanya saya membeli bumbu racikanya 1,5 kg untuk 1 kg rendang daging. Bumbunya sengaja harus lebih banyak dari ukuran dagingnya, supaya lebih enak. 

Bumbu racikannya beli, tinggal siapkan aja santan 1L. 




2. Opor Ayam

Opor ayam ini menjadi kesukaan semua warga di rumah, baik keluarga saya ataupun keluarga mama. Biasanya saya memasak untuk ukuran 1 ekor ayam (broiler) dan 10 buah telur.

3. Sambal Goreng Bola-Bola Daging / Sambal Goreng Hati

Sambal goreng bola-bola daging itu kesukaan mama mertua. Bikinnya agak repot, dari daging giling dibuat bola-bola lalu dimasak dengan menggunakan resep sambal goreng. Biasanya mama mertua untuk menu ini sih pesan dengan tetangga. Tapi kalau saya di rumah untuk saya adalah sambal goreng hati. Ini saya bikin sendiri.

Karena ada 2 selera, jadi di rumah juga ada 2 menu yang berbeda untuk 1 resep 😁

4. Semur

Menu ini optional. Terkadang kalau saya lagi gak capek, saya bikin semur. Tapi kalau sekiranya saudara tidak banyak yang datang dan saya ingin bepergian saat H+2 Lebaran, daripada makanan tidak ada yang makan, jadi untuk semur saya skip biasanya. 

5. Es Buah

Es buah ini wajib ada untuk jamuan para tamu yang datang.

6. Ketupat

Oh saya hampir lupa menempatkan ketupat di urutan pertama, padahal ketupat adalah menu wajib setiap lebaran 😁 Ketupatnya juga saya gak bikin, rasanya malas banget nungguin ketupat, proses pembuatannya sangat lama, yaitu 8 jam. Jadi saya cukup pesan saja dengan tetangga, atau di tukang sate sebanyak yang saya inginkan. Minimal pemesanan H-3 biasanya.

7. Lontong

Karena saya masih tinggal di rumah mertua, otomatis ada makanan yang menjadi menu wajib versi saya dan mertua. Kalau mertua, tidak suka ketupat, tapi lontong. Jadi di rumah itu sedia ketupat untuk saya aja sebanyak 10 buah, dan lontong sebanyak 20 buah (untuk tamu dan keluarga).

8. Nasi Putih

Karena pihak keluarga ada yang tidak suka ketupat atau lontong, jadi di rumah saya tetap menyediakan nasi putih 😀 Tidak banyak sih porsinya, hanya cukup untuk 2 orang dewasa saja.

9. Sayur Ketupat

Gak lengkap rasanya ada ketupat tapi gak ada sayurnya. Biasanya saya bikin sayur ketupatnya itu sesuai selera saya aja, karena mama mertua teman makan lontongnya adalah opor ayam. Jadi saya biasanya bikin sayur ketupat itu seperti gulai kuning aja. Isi sayurannya, kacang panjang, daging, 

10. Kue Kering

Kue Kering ini biasanya sekitar 3 atau 4 macam, tergantung keuangan dan selera saya 😂 karena melihat dari budget tahun lalu, urusan kue kering sendiri aja bisa hampir setengah juta, belum untuk makanan utamanya. Sungguh memakan budget yang sangat besar moms! 😀 Untuk 1 kaleng kue nastar untuk ukuran harga di toko, bisa sekitar Rp. 80ribu. 

Nah, kue kering yang biasanya ada itu yaitu nastar, kue putri salju, kastengel, coklat, cornflakes, dsb.

Kue Nastar (Source : Desa Padi)

Jadi karena akan memakan budget cukup besar, sepertinya untuk kue kering, mungkin tahun ini akan di skip saja, berhubung tidak ada yang datang ke rumah, dan saya juga ingin membuat sendiri saja supaya lebih hemat. Walaupun saya belum pernah bikin kue 😌

Nah, itulah menu wajib setiap Lebaran di rumah saya. Tapi mungkin tahun ini akan berbeda, karena tidak ada saudara yang datang, ada beberapa menu yang saya skip mengingat bugdet yang lumayan besar.

Kalau moms and dads menu wajibnya apa aja? Boleh dong share di kolom komentar. Ada yang sama dengan saya gak? 😊

Kalau moms and dads menu wajibnya apa saja setiap Lebaran? Yuk share di kolom komentar 😊

Comments

  1. Aku biasa ketupat, sayur godog , kue khas lebaran, ayam goreng semur dan opor. Nah yang stok santan kalau bumbu gerus sendiri aku kak Lin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sekarang udah jarang pakai santan mba, pakainya susu terus, biar gak terlalu tinggi angka kolesterolnya :)

      Delete
  2. Rendang dan opor nggak boleh terlewat ya mbak, sudah menjadi ciri khas. Kalau lebaran di kampung aku di Bandung, selalu ada semur ikan mas dan sayur godok cabe bendot yang dimakan sama lepet. Duh kalau udah ada itu suka khilaf sama diet haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah unik nih, semur ikan, aku juga sering masak semur, tapi semur tahu atau telur sih, belum pernah semur ikan :)
      Ikannya seringnya cuma dipesmol, balado atau goreng aja.

      Delete
  3. Aku sih makan apa aja yang ada di rumah pas lebaran, termasuk sop kambing dan gulai cumi. hehehe - kalau masak, nggak bantu recokin aja di dapur. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow banget nih, baru pertama denger Lebaran itu ada sop kambing. karena selama ini cjuam tau opor dan rendang aja kebanyakan :)

      Delete
  4. Kalau aku dirumah selalu ada kada ketupat, sayur labuh, opor ayam, daging semur kue kering duh jadi laper komen makanan semua hehehe.... Memang khas ya kalau lebaran menunya sangat menyenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanan yg ngangenin setiap setahun sekali ya. Terutama ketupat ya.

      Delete
  5. Hari kedua lebaran biasanya sudah mulai bosan hehehe, soalnya seharian abis idul fitri sampai malam menunya itu terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya biasanya pada bosan ya, dan hari kedua pada berburu bakso dekat rumah ya haha..

      Delete
  6. Opor ayam dan sambal goreng ati, menu favoritku kalo pas lebaran. Nggak afdol kalo lebaran tanpa menu itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib banget ya tiap lebaran pasti setiap rumah menyajikan menu ini.

      Delete
  7. Auto catet resep haha. Eh berarti pas masak ayam opor sekalian cemplung telur rebus ya? Biar sekalian bumbunya utk telur jg yaah. Masak cerdas namanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, sekalian. Jadi nanti saat tamu yg mau makan bisa milih, mau opor telur atau ayam :) Kan seleranya pada beda2 :)

      Delete
  8. Woow komplit banget mbak Oline. Aku jujur selama ini nggak pernah masak untuk Lebaran karena semua itu dihandle sama ibuku. Menunya kurang lebih sama sih. Cuma tahun ini beliau tidak masak banyak dan tidak ada kue kering. Beliau bilang katanya belum bisa move on (beliau teringat alm ayah yang sudah meninggal yang selalu rekues minta dibuatkan kue kering).

    ReplyDelete
    Replies
    1. heeehee iya Tya, karena keinginannya pada beda2, jadi ya gitu deh, beragam banget makanan di rumahku kalo pas lebaran :))

      Delete
  9. Dari semua menu diatas yang gak pernah ada kalau di keluargaku, es buah. Kenapa gak kepikiran ya bikin es buah saat lebaran, aku malah bikin minuman lain seperti fruit punch gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Es buah juga di rumahku kadang ada, kadang gak. Depends anggota keluarga. Soalnya kalo tamu ke rumah kan pengennya nyajiin yg dingin2 gitu, biar seger aja :)

      Delete
  10. Samaaaa semua. Kecuali Ed Buah. Sejak saya bergabung jadi anaknya Bundo -- ya kan menantu mah anak juga ya --. Saya membawa kebiasaan baru dengan menghadirkan Salad Buah. Bangga rasanya, dua tahun ini, bukan cuma Bundo yang menunggu hadirnya Salad Buah saya, tapi juga para tante dan adik adik ipar saya.

    ReplyDelete
  11. Wuaaaa hidangan lebarannya komplit sekali. Salut deh di tengah banyak aktivitas harian sebagai mommy anak dua masih sempat masak-masak yang begini

    Selamat Idul Fitri mbak Oline sekeluarga
    Mohon maaf lahir dan batin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, sudah jadi kebiasaan tahun ke tahun soalnya. Kalo gak masak kayak ada yg kurang gitu :)
      Kebetulan hobby aku memang memasak :) walaupun gak ada yg makan, tetep aku masak, hahaa...

      Delete
  12. Jadi kangen rendang .Aku belum pernah masak rendang. Agak susah disini nyari Daging sapi hehe. Kalo menu lainnya hampir mirip Mbak dengan d keluarga besarku

    ReplyDelete

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *