My world about breastfeeding and parenting

Saturday, January 31, 2015

Menu MPASI 11 bulan : Chicken Mashed Potato

Minggu ini ceritanya saya lagi hunting bahan-bahan makanan untuk bikin beragam menu MPASI-nya Narend. Nah, saya agak-agak bosen juga menunya itu-itu lagi. Kali ini coba ngakalin bikin MPASI karangan sendiri.

Bahan-bahan :

Kentang Tes 1 buah (ukuran besar)
Daging ayam giling (ukuran 1 kepalan tangan dewasa)
Daun bayam (secukupnya) iris kecil-kecil
Wortel (lokal) 1 buah (ukuran sedang) parut
Margarin 2 sdm

Cara Membuat

1. Kukus kentang sampai tekstur kentang agak lunak
2. Sambil menunggu kentang lunak, rebus daging ayam giling supaya teksturnya lebih lunak.
3. Kerat kulit wortel dan bersihkan. Rebus bersamaan dengan daging ayam supaya lunak.
4. Kentang yang sudah dikukus, dipotong-potong dengan ukurannya yang sesuai hati. Lalu campurkan ke dalam panci bersamaan dengan daging ayam dan wortel.
5. Bisa menambahkan air kaldu ayam lagi jika air rebusan berkurang.
6. Aduk rata sambil ditekan-tekan
7. Jika sudah tercampur rata, masukkan daun bayam dan mentega.
8. Aduk hingga semua tercampur rata. Dan diamkan selama 5 menit.
9. Blender dengan menggunakan slow cooker.
10. Sajikan selagi hangat.



Alhamdulillah saat Narend mencoba Chicken Mashed Potato buatan saya ini dia sangat lahap makannya. Wah berarti sukses menu MPASI saya :) alhamdulillah...

Catatan 

1. Wortel sengaja diparut supaya teksturnya sama rata saat di blender
2. Daun bayam harus dicacah sampai halus agar saat di blender teksturnya benar-benar hancur. Karena pernah hanya saya potong kasar, saat di blender teksturnya masih panjang-panjang daunnya. Akibatnya Narend jadi muntah-muntah :(
3. Saat blender dengan menggunakan slow cooker, saya hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja, sekitar 30 detik, supaya mendapatkan tekstur makanan yang diinginkan. Karena Narend butuh proses mengunyah. Jadi teksturnya tidak terlalu halus.
4. Daging ayam giling porsinya agak banyak karena saya ingin meningkatkan berat badan Narend. Jadi harus diperbanyak dari protein hewani. Untuk protein nabati saya batasi hanya 2x seminggu.

1 comment:

Bookmark Us

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

The Urban Mama

Mau email update seputar MPASI ?

Artikel yang banyak dibaca Bunda

Nyari Seputar apa Bunda ?

Menu Utama

Copyright © Mommy's World | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com