My world about breastfeeding and parenting

Saturday, May 2, 2015

Stroller, Lebih Baik Beli atau Sewa Ya?

Menurut mommies, sebelum saya cerita, saya mau tanya, apa yang membuat kita bahagia? Pastinya moment pertama yang dilalui oleh anak kita. Betul kan?

Nah, tepat pada bulan ini, Narend berusia 13 bulan, dia sudah bisa berjalan lho mommies. Ya walaupun masih sedikit tertatih-tatih, tapi saya seneng banget lihat perkembangannya saat ini. Saya nelihat semua prosesnya. Mulai dari rambatan, jalan selangkah 2 langkah, dan pada akhirnya bulan ini dia sudah bisa jalan sendiri. 

Main mobil-mobilan
Dengan begitu, saya dan suami udah gak capek-capek gendong dia kemana-mana deh. Tapi tetep, saya selalu siap sedia baby carrier kemana-mana. Ada kalanya dia mau tidur, atau capek, kami tinggal gendong.

Memang sih menurut saran dokter sebaiknya pakai stroller, jika usianya sudah mencapai diatas 1 tahun. Ini gunanya supaya tidak berpengaruh kepada tulang belakang orangtuanya. Tapi saat ini belum ada stroller yang mumpuni. Kami memang belum beli. Masih galau. Antara sewa atau beli 2nd. Pasalnya di rumah space-nya minim banget. Kalau ditambah dengan barang baru, mau sesesak apa itu gudang? :)) maklum kami rumah minimalis. Jadi kami sekarang galau antara mau sewa atau beli.

Tadinya sih pengen beli stroller 2nd ajaa. Mengingat budget terbatas. Tapi ada yang bilang kalo anak pertama gak boleh pake barang bekas. Yahh biasalah ortu bilang gitu. Katanya pamali. Ahh tapi mah saya gak :)) Kebetulan aja saya gak punya barang-barang yang dibutuhin. Jadi ya terpaksa beli. Kalo udah punya bekas lungsuran sodara, pasti kami gak akan beli lagi :))
Oya, kalo stroller atau car seat second katanya orang Mothercare sangat tidak disarankan. Mengingat busanya sudah tidak seperti baru. Jadi agak kurang aman dan nyaman untuk si bayi.

Kami udah search and riset untuk stroller yang pas untuk bayi yang usia 1 tahun itu yang kayak gimana. Harganya ada yang 100 - 150ribu per bulan. Tapi setelah dihitung-hitung kasar, kok jadi lebig hemat beli baru? Cuma beda 100-200ribu aja :)

Menurut mommies yang sudah pernah melampaui fase ini, stroller untuk anak 1 tahun keatas sebaiknya beli baru, atau malah lebih baik sewa ya?





7 comments:

  1. Aku dulu semua beli baru karena jaman dulu nggak ada penyewaan stroller. Aku beli 2 macem, yg satu simple utk jalan2 pakai transportasi umum spt kereta api atau pesawat, yg satu yg gede itu utk jalan2 ke mall. Dua2nya makenya cukup lama smp covernya lusuh, krn stlh bs jalan pun tetep bawa stroller in case mrk capek & kita gak mau gendong jg krn sdh mulai berat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh semua beli baru ya mak Lusi?
      Aku baru punya yang biasa aja, yang buat jalan berbatu2. Nah karena segede bagong pas dilipet sekarang jadi galau mau beli lagi yang mana. Karena Narend udah butuh stroller baru :)
      Makasih udah mampir ya .

      Delete
  2. Nimbrung saran yah. Kalo aku lihat dari sudut pandang urutan kelahiran nih; maksudnya kalo ada rencana punya adik lagi, mungkin ada baiknya sekalian beli yang mutunya bagus. Jadi bisa dipakai sama adiknya. Kedua, tergantung anaknya juga. Kalo anaknya ga suka didudukin di stroller, kalo beli jadi mubazir juga, karena bakalan gak dipake. Ini kejadian sama anak pertama yang maunya lari-larian aja. Ga betah kalo didudukin di stroller. Justru yang kecil stroller bangets.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga ya. Harus dipikirkan juga dr sisi anaknya ya. Narend sih emang tipe yang gak mau naik stroller. Apa mungkin dia lg seneng2nya jalan ya?
      Ada rencana mau punya adenya lagi sih.
      Makasih pertimbangannya ya mak :)

      Delete
  3. Kalau dari sisi anak pertama, baiknya sih beli baru aja, karena bisa berguna utk adik2nya nanti, daripada sewa, jatuhnya gak worthed sih. Tapi kalau pakai strollernya jarang-jarang, kayaknya perlu dipertimbangkan utk sewa atau beli second ajah. Coba ke toko2 online second, banyak lho stroller2 bekas yang bagus2. Coba hunting2 aja dulu, trus ditimbang2 lagi berdasar budget, berdasar kebutuhan masa kini dan jangka panjang.
    Aku punya 1 light stroller yg enteng dan simple yg kalo dilipet bahkan bisa dibawa2 dg mudah walau naik motor. Saya beli pas anak pertama dan berguna banget pas lagi travelling atau jalan di bandara. Stroller itu terpakai sampai anak ketiga, sampai sekarang udah 12 tahun lebih masih kokoh dan terawat, masih disayang-sayang walau udah ga berniat punya anak lagi :), ada nilai kenangannya xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bund. Saya emak2 baru ni. Masih awam. Mau nanya stroller yg bunda pake merk apa ya? Buat rekomendasi juga ni. Mau beli stroller tp bingung milih yg mana. Kebanyakan searching. Hihi

      Delete
    2. halo Bunda Simud Sipit,

      Aku pakai 2 model stroller.
      Saat baby usia new born sampai 1 tahun lebih, aku pakai pliko Grande yang harganya 550ribu. Itu bisa untuk jemur baby, jalan2 di mall, dan bisa diayun2 juga. worth it lah.

      setelah anakku 1,5 tahun, karena dia sudah berjalan dan duduk, aku pakai stroller merk babyelle Smart Fold S703 yang harganya 2 juta, saya beli 2nd 850ribu (itu harga tahun lalu 2015).
      Semoga membantu ya bunda.

      Terima kasih ya sudah mampir :)

      Delete

Bookmark Us

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

The Urban Mama

Mau email update seputar MPASI ?

Artikel yang banyak dibaca Bunda

Nyari Seputar apa Bunda ?

Menu Utama

Copyright © Mommy's World | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com