My world about breastfeeding and parenting

Tuesday, July 19, 2016

7 Tips Mendisiplinkan Jam Tidur Anak (Khusus Untuk Batita)

Mommies, urusan tidur anak itu jadi PR banget buat para orangtua. Karena saya termasuk salah satu orangtua yang tersiksa karena tiap malam harus begadang.  Jam tidur si Narend itu kalau gak malem banget atau malah sore banget. 



Kayaknya Narend tidur malem efek dari orangtuanya juga, which is mamanya yaitu saya sih. Saya sering banget beraktivitas lebih dari jam 10 malam. Terkadang jam tidur saya juga suka jam 1 atau jam 2 pagi. Biasanya kalau kayak gitu karena ada deadline kerjaan :)) Paling cepet sih saya dan suami tidur jam 11 malam.

Nah, akibat itulah si Narend jadi ikut-ikutan tidur malam. Ternyata ada benarnya teori yang bilang bahwa, kalau mau anak kita tidur cepat, ya orangtuanya harus memberi contoh. Yaitu jam tidurnya juga cepat.

Saya pernah pura-pura tidur. Jadi ceritanya saya mau mendisiplinkan Narend tidur jam 10 malam. Nah, lampu-lampu udah dimati-matikan tuh semua. Saya dan suami sudah gak mainan gadget. TV juga sudah dimatikan. Pokoknya kondisi kamar sudah dikondisikan untuk tidur deh. Tapi apa yang terjadi? Saya dan suami jadi ketiduran. Sementara Narend petakilan sendirian di kamar dan pada akhirnya ujung-ujungnya bangunin saya dan suami, akhirnya saya dan suami jadi ikut-ikutan bangun lagi dan Narend tidurnya jam 1 pagi juga! :(

Nah, berbekal dari pengalaman itu saya ingin berbagi kepada mommies semua, gimana caranya supaya anak kita bisa tidur normal dan sewajarnya.

1. Jangan memberikan minuman atau makanan yang mengandung gula

Makanan atau minuman yang mengandung gula akan membuatnya tetap aktif untuk beberala jam ke depan. Makanan atau minuman yang dimaksud berupa teh manis, biskuit, permen, es krim, coklat dan sebagainya. Pemberian makanan atau minuman tersebut maksimal jam 7 malam saja.

2. Bangun Lebih Pagi

Usahakan setiap hari anak kita bangun pagi. Saya sebelum Narend masuk sekolah selalu membangunkan dia jam 8 pagi. Itu jam paling pagi dia bangun. Dulu sih senpat bisa bangun jam 6 pagi. Tapi lama kelamaan gara-gara jam tidurnya terlaly malam, jadinya jam bangunnya jadi ikut bergeser deh.

3. Menyekolahkan Anak

Menyekolahkan anak itu powerfull banget! Saya sudah cerita soal pengalaman pertama Narend sekolah. Dan ini baru hampir seminggu saya merasakan manfaatnya. Jam tidur siang Narend jadi lebih cepat. Yang tadinya dia tidur bisa jam 2 atau jam 3 sore, sekarang jam 10 atau jam 11 aja dia sudah mengantuk. Alhamdulillah.

4. Tidur Siang Jangan Terlalu Lama

Tidur siang yang terlalu lama akan membuat si anak kenyang tidur. Efeknya akan menambah jam dia beraktivitas saat malam hari. Tidur siang secukupnya saja. Kalau saya membatasi hanya maksimal 2 jam saja. Itupun udah maksimal banget deh pokoknya. Kalau kira-kira 1.5.jam sudah cukup, dibangunkan saja. Terserah mau gimana caranya, yang penting Narend bangun.

Saya terbilang mama yang cukup keras soal pendidikan Narend. Terutama saat membangunkan dia. Karena saya termasuk orang yang tega membangunkan Narend di saat pulas-pulasnya tertidur. Ini semata-mata supaya malamnya saya gak begadang sampai pagi.

5. Makan Pagi Padat Protein

Pemberian menu makan pagi, saya selalu memberikan yang tinggi protein.

6. Berikan susu hangat

Saat memasuki jam tidurnya, berikan susu hangat supaya perutnya merasa hangat.

7. Disiplin Saat Jam Makan

Ini penting banget. Walaupun sedikit tapi ini tidak merubah jam tidurnya dia.

Nah itu ada 7 tips yang saya berikan supaya anak bisa cepat tidur. Jam tidur anak itu harus disiplin dan teratur. Supaya si anak siap menerima pelajaran di sekolah. Bukan hanya itu, anak kita jadi terbiasa bangun pagi sehingga nanti pada saat masuk TK jadi kita sebagai orangtua gak kerepotan lagi soal jam aktivitas anak.

Ohya, apa yang saya share ini menurut pengalaman saya ya moms. Jadi mungkin ada yang bisa diterapkan, ada yang tidak. Jadi mungkin saja kondisi tiap anak berbeda-beda.

Jangan lupa, kalau 1 hari berhasil, lakukan terus sampai si anak punya jam disiplin dalam hal tidur ya. Insyallah kalau orangtuanya yakin itu semua bisa kok :)

Moms, kalau ada tips lain, monggo lho moms bisa dishare ke saya, tinggalkan comment aja ya di bawah :)

Semoga bermanfaat ya.

1 comment:

  1. Tipsnya sudah mendekati sama, Mbak Olin. Hanya karena di rumah saya suka ada anak mengaji, dan itu usia meeka sepantaran Fahmi, jadi agak sulit juga menerapkan tipsnya, apalagi jadwal tidur siang. susah...

    akhirnya pas magrib Fahmi tidur (saya gak bisa mantau karena sedang bersama anak-anak mengaji) nah pas setelah isya, Fahmi malah bangun tidur. Ya udah, malam lagi dech tidurnya, hahaha...

    kadang saya udah tidur, Fahmi masih mobil-mobilan :-D

    ReplyDelete

Bookmark Us

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

The Urban Mama

Mau email update seputar MPASI ?

Artikel yang banyak dibaca Bunda

Nyari Seputar apa Bunda ?

Menu Utama

Copyright © Mommy's World | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com