Mommy's World

My world about breastfeeding and parenting

Nice to meet you!

Owner @AuraBatik | Mompreneur - Vlogger - Blogger - Loves Cooking & WomenPreneurCommunity | Coffee Addict | caroline.adenan@gmail.com
Oline

What Read Next

Sebenarnya Masih Perlu Gak Sih Bayi Memakai Bedak?



Moms and Dads, di jaman sekarang masih ada gak sih, bayi yang selesai dimandikan atau beraktivitas, lalu dipakaikan bedak? Fakta di lapangan ada lho moms.
Contoh nyata adalah saudara saya sendiri, setiap kali memandikan anaknya pasti anaknya dipakaikan bedak tabur seluruh badan termasuk wajah. Kalau saya sih tergolong ibu yang masih memakaikan bedak ke anak. Tujuannya sih karena bayi kita aktif sekali bergerak, otomatis ia akan mengeluarkan banyak keringat. Nah, supaya badannya tetap kering dan gak lengket, saya suka pakaikan bedak untuk menyerap keringatnya.

Sebenarnya Perlu Tidak Bayi Memakai Bedak?



Memakaikan bayi bedak itu ada pro dan kontra. Ada yang bilang tidak boleh, ada juga yang bilang boleh. Bahkan di rumah sakit tempat saya klinik laktasi, bidannya pun berpesan kepada saya, jika nanti bayinya selesai dimandikan, tidak usah lagi dipakaikan bedak. Karena nanti talc nya bisa terhirup dan masuk ke paru-paru si kecil yang masih sensitif, dikhawatirkan akan mengganggu sistem pernafasan dan berakibat menjadi alergi atau juga gangguan paru-paru (pnemonia). Sebenarnya sih kalau dari literatur yang saya baca, penggunaan bedak pada bayi itu sah-sah aja sih, karena memakaikan bedak juga bermanfaat supaya wangi, kulitnya halus, untuk menyerap keringat dan juga menjaga kelembaban kulit bayi supaya dalam pH normal. 

Jadi baiknya gimana dong, boleh atau gak ya?

Sebelumnya, ada tips yang bisa moms lakukan sebelum memutuskan membeli bedak, yaitu perhatikan kandungannya yang pasti aman untuk si kecil, dan juga teksturnya, jangan lagi memakai bedak tabur, karena memiliki resiko menyebabkan gangguan pernapasan pada bayi.

Bagaimana memilih bedak yang aman untuk si kecil?

Jika moms tetap ingin memakaikan bedak untuk si kecil, moms bisa memilihnya dengan bentuk liquid (cair), bukan serbuk atau powder. Kenapa saya sarankan memilih bedak dalam bentuk liquid? Pemakaiannya bisa lebih hemat, higenis, praktis bisa dibawa kemana-mana tanpa khawatir tercecer di dalam tas.

Nah salah satunya saat ini saya sedang mencoba bedak cair Mitu Baby Liquid Powder.



Ada beberapa alasan kenapa saya memilih bedak ini :

  1. Mengandung Acti Natura yaitu Vit-B5, Chamomile, Zinc dan Talc. Supaya kulit bayi tetap kering dan halus, serta terlindung dari masalah kulit.
  2. Teksturnya lotion, jadi penggunaannya praktis, dan hemat.
  3. Hypoallergenic tested. Alias sudah teruji klinis dan teruji aman untuk kulit bayi.
  4. Soft Fragrance. Wanginya lembut dan menenangkan. 

Bagaimana Cara Pemakaiannya?




1. Tuangkan dulu sedikit ke telapak tangan, baru moms balurkan ke bagian-bagian tubuh yang ingin dipakaikan. Biasanya saya berikan pada lipatan-lipatan (kaki dan tangan), yang sering lembab.







2. Tidak boleh dipakaikan di area wajah dan leher, dikhawatirkan bisa membuat bayi bersin atau batuk. Khusus untuk anak perempuan, tidak boleh dipakaikan di area genitalnya, khawatir bisa terkena infeksi akibat partikel dari bedak.

3. Saat memakaikan bedak, pastikan kulit bayi kering ya moms, supaya tidak terjadi penumpukan bedak.

4. Saat mengganti popok, biasanya sebagian ibu ada yang memakaikan bedak supaya pantat bayi tetap kering. Tapi hati-hati ya moms, khusus untuk anak perempuan, tidak boleh dipakaikan di dekat area genitalnya, khawatir bisa terkena infeksi akibat partikel dari bedak.

Saya selalu bawa Mitu Baby Liquid Powder ini kemanapun saya pergi bersama Rissa. Apalagi di usianya sekarang ia aktif sekali bergerak, saya ingin kulitnya tetap terjaga kelembapannya. That's why saat Rissa kulitnya berkeringat, saya selalu memakaikan bedak Mitu Baby Liquid Powder ini. 



Jadi kita peduli dengan anak kita tanpa rasa takut 😊




Jadi kalau ditanya masih perlu gak sih memakaikan bedak pada si kecil? Masih dong, tergantung kebutuhannya. 

Untuk informasi lengkapnya, moms bisa langsung cek di websitenya Mitu ya

Facebook : Mitu Baby (www.facebook.com/mitubabyid)
Instagram : @mitubabyid (www.Instagram.com/mitubabyid)

Comments

  1. Wah baru tahu kalo Mitu ngeluarin produk bedak. Tapi ini bentuknya cair ya? Mungkin biar lebih cepat menyerap ke tubuh. Tidak seperti powder yang bisa berantakan sana-sini.

    ReplyDelete
  2. Saya dulu gak kasih bedak ke anak-anak. Karena memang khawatir terhirup. Kalau dulu udah ada liquid powder yang begini, bakal saya kasih, deh

    ReplyDelete
  3. Taunya mitu tuh tissue basah.. tapi ada bedaknya yaaa... kebayang wanginya bedak mitu

    ReplyDelete
  4. Iyaa, tergantung kebutuhannya.
    Seperti dirimu, aku menghindari kasi bedak baby ke bagian-bagian yang dekat lubang, entah lubang hidung, telinga, kemaluan, anus. :)

    Titip cium buat anak bayi ya. Gemas!

    ReplyDelete
  5. Produk dari Mitu ini bisa menjawab kekhawatiran terkait penggunaan bedak tabur yg berpotensi menimbulkan efek negatif terhadap pernafasan. Trims utk sharingnya ini

    ReplyDelete
  6. Kalau ditanya perlu atau nggak aku akan jawab nggak hahaha...dulu minim pakein bedak aku. Tapi sekarang dengan adanya yang cair gini akan nyaman aman juga ya rasanya kak

    ReplyDelete
  7. Samaan dong, aku juga pakai mitu baby liquid powder ini. Wanginya lembut ya, dan yang terpenting ngga ada partikel yang berterbangan mengganggu yah.

    ReplyDelete
  8. Kebetulan anakku dari bayi sampai sekarang 5tahun tidak pernah aku pakaikan bedak. Mungkin karena anakku laki-laki ya, jadi aku memang dari awal enggan memakaikannya bedak.

    ReplyDelete

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *