Mommy's World

My world about breastfeeding and parenting

Nice to meet you!

Owner @AuraBatik | Mompreneur - Vlogger - Blogger - Loves Cooking & WomenPreneurCommunity | Coffee Addict | caroline.adenan@gmail.com
Oline

What Read Next

Dukung Periode Emas Si Kecil Melalui Pijat Bayi Sentuhan Cinta Johnson's

Me and Rissa usia 4 bulan

Sejak Narend lahir sampai usianya 2 tahun, bisa dibilang saya hampir tidak pernah absen untuk rutin memberikan pijat bayi setiap hari. Karena saya tahu sejuta manfaat yang diberikan dari pijat bayi saat golden age atau periode emasnya.

Nah, berkaca dan belajar dari pengalaman anak kedua, maka pada anak ketiga ini saya berkomitmen akan memberi yang terbaik juga untuk Carissa melalui pijat bayi.


Apa sih Pijat bayi? Samakah dengan Baby Massage?

Pijat bayi adalah sebagai wujud nyata #sentuhancinta #JohnsonsBabyID kepada si kecil. Sama seperti tema acara blogger saya hadiri beberapa hari lalu bersama Johnson's, yaitu tentang Sentuhan Cinta. Intinya sih sama saja dengan massage bayi.



Bu Devy Andrie Yheanne, sebagai Leader Johnson and Johnson Indonesia menjelaskan tentang pentingnya pijat bayi terhadap periode emas kehidupan. Tau dong moms, yang dimaksud periode emas itu apa? Periode emas atau biasa disebut dengan 1000 HPK atau hari pertama kehidupan, periode dalam kandungan selama 280 hari, usia 0-6 bulan 180 hari, usia 6-8 bulan 60 hari, usia 8-12 bulan 120 hari, dan usia 12-24 bulan 360 jari. Jadi totalnya semua adalah 1000 hari. Itulah kenapa pijat bayi sangat berperan penting terhadap 1000 hari pertama kehidupan. Jadi dari saat moms hamil sampai dengan anak lahir berusia 2 tahun. 



Saat periode emas ini, bayi akan lebih cepat menangkap ilmu dan stimulasi. Jadi saat itulah terjadi pertumbuhan fisik yang signifikan. Jadi disinilah pentingnya kita memberikan stimulasi yang terbaik sesuai dengan usianya. Tidak hanya nutrisi yang cukup, tapi juga penting bagi bayi untuk mendapatkan afeksi melalui sentuhan Ibu melalui ritual pijat dan mandi bayi.

Stimulasi yang sering saya berikan terutama untuk Rissa yang saat ini usianya masih dibawah 6 bulan, yaitu :

1. Memperkenalkan suara sekitar

2. Sering mengajaknya berbicara

3. Sering mengajaknya bercanda

4. Berikan senyuman

5. Memberikan pelukan 

6. Mendengarkan musik

7. Pemberian nutrisi yang tepat

Dan salah satu stimulasi yang bisa kita berikan  juga khususnya sejak ia bayi yang tidak boleh kita lewatkan adalah pijat bayi.

Apa Manfaat Pijat Bayi?

Ada banyak manfaat yang kita dapatkan melalui pijat bayi, baik untuk mama dan bayi. Nah, untuk bayi diantaranya yaitu :

1. Akan membantu meningkatkan kesehatan psikologis bayi sehingga saluran pencernaan menjadi lancar dan makanan pun lebih dapat diserap dengan baik. Selain itu, juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas bayi dan juga kepadatan mineral tulang.

2. Bisa mengurangi rewelnya bayi dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bayi. Bayi yang terbiasa dipijat, cenderung lebih mudah untuk bersosialisasi. Cenderung bisa kontak mata jika bertemu dengan orang lain, senyum dan berbicara dengan ramah.

3. Berpengaruh terhadap sistem saraf, stimulasi sensorik selama pijat terbukti membantu otak bayi untuk berkembang dan bekerja secara cepat.

4. Meningkatkan kualitas dan durasi tidur bayi.

5. Memperkuat bonding antara ibu dan bayi.

Lalu manfaat untuk si ibu adalah bisa membantu memperlancar produksi ASI. Karena memijat dan menyusui adalah kombinasi yang ideal untuk menumbuhkan bayi yang selalu sehat dan bahagia.

Bu Wynne Lukman, Brand Manager Johnson's mengatakan, Johnson's saat ini memiliki campaign Sentuhan Cinta melalui pijat bayi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup bayi. Program ini mendorong para Ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta Ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama periode emas. Dalam menjalankan campaign ini, Johnson's akan bekerjasama dengan Habitat for Humanity, untuk membangun pusat kesehatan anak (Posyandu) di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur. Jadi Posyandu ini adalah hasil donasi dari 145ribu ibu-ibu untuk membangun Posyandu di Gresik. Selain itu Johnson's juga bekerjasama dengan Alfamart dan Shopee. 

Campaign ini juga sejalan dengan program pemerintah yaitu meningkatkan kualitas kesehatan bayi di Indonesia, sehingga mereka dapat tumbuh secara optimal. 



Selanjutnya mendengarkan paparan dari dr. Bernie Endryani Medise, SpA(K), MPH. Beliau menjelakan tentang pentingnya stimulasi harian untuk tumbuh kembang bayi (Stimulasi Pijat Bayi).




Bayi yang baru lahir sangat rentan terutama di awal masa kehidupannya. Rentan terhadap apa saja sih? Rentan kulitnya yang belum berkembang, rawan terjadi gangguan dan infeksi. Daya tahan tubuhnya juga masih lemah, mudah terserang penyakit. Dan pencernaannya juga belum berkembang, untuk itu asupan nutrisi harus tepat, yaitu ASI.

Sejak lahir bayi belajar melalui panca inderanya setiap hari.

Jika tumbuh kembang bayi terganggu, maka bisa berpengaruh buruk pada kehidupan selanjutnya (kecerdasan, emosi, fisik dan mental). Sehingga perlu penanganan khusus dan stimulasi sehari-hari yang rutin dalam merawatnya. Kapan? Setiap saat. Saat mandi, makan, main, persiapan tidur, sentuhan dan stimulasi pijat.

Saat panca inderanya bayi berkembang, ia akan belajar mengenal koordinasi mata-tangan termasuk memegang dan meraih objek.

Saat bayi mulai belajar bergerak, selain melatih keahlian mobilitasnya, akan ada banyak stimulasi multi-sensori yang terjadi pada dirinya.

Saat Mandi

Apa manfaat dari stimulasi saat mandi? Mengurangi tangisan dan stress bayi. Pertambahan berat badan yang signifikan. Terbentuknya kemampuan komunikasi bayi. Dan memperbaiki kualitas dan kuantitas tidur.

Stimulasi Pijat Bayi

Ada 2 manfaat yang didapatkan dari stimulasi pijat bayi, yaitu secara fisik dan emosional.

Fisik

1. Membantu pengaturan pencernaan dan penyerapan, membantu meningkatkan berat badan menjadi tumbuh sehat.
2. Membantu melancarkan sistem peredaran darah.
3. Membantu melancarkan sistem sirkulasi atau pernafasan.
4. Membantu meningkatn sistem imunitas
5. Meningkatkan kualitas tidur dan memperlama masa tidur. Tidurnya jadi lebih lelap dan lama. Ini termasuk perkembangan memori.

Emosional

1. Membuat bonding dengan orangtua
2. Lebih mudah bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
3. Membantu meredakan ketidaknyamanan (misalnya saja kolik atau tumbuh gigi)
4. Menurunkan produksi hormon stresor, membuat bayi riang
5. Mengurangi rewel
6. Membantu bayi untuk berlatih relaksasi

So, bagaimana memastikan agar tumbuh kembangnya bisa lebih optimal?

1. Nutrisinya terpenuhi, terhindar dari paparan penyakit
2. Perlengkapan dan peralatan yang dipakai semua bersih
3. Bayi mendapatkan cukup kasih sayang dan keamanan
4. Tidak memakai wangi atau bebauan yang tajam
5. Suhu yang ekstrim (terlalu dingin atau panas)
6. Hindari peralatan yang memiliki tekstur kasar
7. Hindari berkata dengan nada keras atau kasar
8. Hindari cahaya yang terlalu terang atau silau. Bayi itu lebih suka di tempat yang remang-remang atau temaram.

Dengan adanya pijat bayi atau skin to skin contact dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak agar sesuai dengan tahapan usianya.

Selanjutnya para peserta diajak untuk belajar tehnik memijat bayi yang baik dan benar oleh Emillya Eventha, beliau adalah Instruktur Pijat Bayi Johnson's Baby.



Pijat bayi yang benar sebenarnya ada banyak sekali tehniknya. So far yang saya lakukan di rumah setiap hari adalah saya menekankan pijat ILOVEYOU, yang dimana menekankan kepada titik pusat di perut dan alat geraknya seperti tangan dan kaki. Kenapa? Karena saya pribadi yang tidak memiliki banyak waktu. Untuk itu supaya bondingnya dapat, tapi Rissa juga mendapatkan sentuhan cinta, saya hanya memijat dnegan tehnik ILOVEYOU saja. Tapi sebenarnya mba Emillya menyarankan untuk sebisa mungkin dilakukan pijat bayi secara keseluruhan paling tidak seminggu sekali.

Kalau mau tau tehnik pijat bayi secara lengkapnya, moms bisa lihat di youtube-nya Johnson's.




Overall saya senang sekali bisa hadir di acara Sentuhan Cinta bersama Johnson's ini, karena saya mendapatkan knowledge lagi, bertemu dengan mama-mama kece beserta dengan bayinya disini, sharing pengalamannya selama hamil dan menyusui, sungguh merecharge mood saya sebagai busui.



Kalau moms ingin informasi lebih lanjut, bisa mengunjungi website Johnson's ya.

Mulai sekarang biasakan pijat bayi sendiri ya moms, supaya anak kita bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

Foto semua nara sumber

Semoga bermanfaat ya moms ☺️

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *